Robo mate Mampu Meringankan Beban Hingga 90 Persen

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Robo mate Mampu Meringankan Beban Hingga 90 Persen – Teknologi robot dan manusia semakin tidak mempunyai jarak. Berbagai perusahaan berlomba-lomba mendesain robot demi tujuan memudahkan tugas manusia. Robo mate menjadi salah satu dari inovasi tersebut. Robo mate mampu meringankan beban hingga 90 persen dari beban yang diangkat manusia.

Robo mate Mampu Meringankan Beban Hingga 90 Persen

Ide tersebut lahir setelah melihat beban pekerja pabrik di Eropa yang terlampau berat. Para pekerja tersebut diberi tanggung jawab untuk mengangkat beban hingga ratusan kilogram. Bahkan di beberapa industri logam dan plastik di Eropa, buruh harus mengangkat hingga 10 ton perhari secara manual.

banner smart detox plus

Akibatnya tercatat ada 44 juta pekerja di Eropa yang menderita gangguan musculoskeletal yaitu sebuah gangguan yang menyerang bagian otot rangka dan bisa mengakibatkan kerusakan pada otot sendi, ligamen serta tendon. Efeknya bisa mengakibatkan rasa nyeri kambuhan hingga cedera berkepanjangan. Data ini diperoleh dari Work Foundation Alliance sebuah aliansi yang khusus menyoroti masalah buruh.

Untuk itulah Proyek Robo mate dikembangkan. Proyek yang dimulai sejak 2013 ini berusaha memadukan kemampuan manusia dalam bekerja dengan ditopang kekuatan robot yang akan memberikan kekuatan tambahan dan melindungi kedua lengan manusia. Cara kerja Robo mate mirip dengan eksoskeleton yang dimiliki udang. 12 lembaga penelitian dari 7 negara di Eropa bekerja sama untuk membuat Robo mate ini.

Robo mate akan melindungi sistem saraf dan gerak manusia. Yaitu pada bagian lengan, kaki dan punggung. Pada kedua bagian lengan, Robo mate akan mendukung lengan pemakainya dalam mengangkat beban sehingga bisa mengurangi beban hingga 90 persen. Selanjutnya penopang tersebut akan melekat pada sebuah batang pelindung di punggung yang sekaligus sebagai pelindung tulang belakang dari cedera serius seperti terkilir hingga dislokasi. Sementara pada bagian kaki, Robo mate akan membantu bagian paha ketika digunakan dalam posisi jongkok. Sehingga sistem kerja Robo mate mirip dengan kursi.

banner smart detox plus

Untuk lebih detailnya dari sistem kerja Robo mate yaitu sebagai berikut:

  • Pada bagian lengan, Robo mate dibuat dengan lebih efisien dan fleksibel mengikuti gerak tangan. Karena itu, pekerjaan yang dilakukan manusia lebih produktif. Dengan kedua lengan Robo mate, beban maksimal yang dapat diangkat adalah 15 kg.
  • Pada bagian kaki, Robo mate bertugas menjadi perpanjangan eksoskeleton untuk melindungi bagian paha. Selain itu, bagian tersebut berfungsi memberikan kekuatan penyangga pada bagian bawah ketika digunakan untuk mengangkat beban.
  • Pada bagian inti, Robo mate akan mengimbangi lengan dan berat tubuh ketika digunakan untuk membungkuk. Perangkat tersebut dapat melindungi bagian sendi panggul dan punggung.

Meskipun sudah lulus coba, para peneliti Robo mate merasa masih banyak perbaikan yang harus dilakukan. Salah satunya adalah rumitnya sistem koordinasi antar bagian dalam memprediksi tekanan ketika mengangkat beban. Selain itu, prosedur keamanan dan tingkat efisiensi kerja terus dikembangkan. Diharapkan dengan perbaikan tesebut, alat itu lebih mudah diadaptasi para pekerja untuk proses perakitan dan pembongkaran beban berat.

Demikian info iptek tentang Robo mate Mampu Meringankan Beban Hingga 90 Persen semoga bermanfaat.

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini
      rak gudang

      light - heavyduty - warehouse use

      Tempat wisata ke lombok

      review secara singkat tempat wisata yang paling favorit di lombok