Prospek Bisnis Peternakan Sapi Potong dan Perah di Magelang

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Prospek bisnis peternakan sapi potong dan perah di Magelang – Swasembada daging dan susu dicanangkan pemerintah pada tahun 2014. Untuk mendukung program tersebut Pemerintah Daerah (pemda) Kabupaten Magelang melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikan) terus mensosialisasikan pembuatan Sentra Peternakan Rakyat (SPR) di desa-desa di wilayah Kabupaten Magelang. Pembentukan SPR ini juga untuk mendukung terbentuknya 1.000 SPR di Indonesia pada 2017.

Prospek Bisnis Peternakan Sapi Potong dan Perah di Magelang

Di Kabupaten Magelang, hingga saat ini telah terbentuk enam SPR. Hal ini menguatkan indikator, wilayah ini daerah peternakan dan sekaligus peternakan sebagai sumber kehidupan masyarakatnya. Dari data Dinas Peterikan, populasi ternak besar (kerbau, sapi, kuda) mencapai hampir 90 ribu ekor dan Rumah Tangga Peternakan (RTP) mencapai 191.221.

Wilayah Kabupaten Magelang ternyata tidak hanya potensial perikanan dan peternakan kecil (ayam, itik dan lainnya), kenyataannya juga kaya akan sektor peternakan besar. Hal ini sangat rasional karena sebagian besar penduduk bergantung pada sektor peternakan. Pihak pemda berharap agar SPR-SPR akan berkembang.

SPR ini sangat menguntungkan tidak hanya bagi pemilik ternak saja tapi juga masyarakat (lingkungan) sekitarnya. Di antaranya, lingkungan menjadi lebih tertata dan bersih. Selanjutnya, peternakan menjadi satu manajemen, kuat dalam pelayanan dan kelembagaan, SDM mumpuni, bisa menyediakan berbagai produk dan komoditas dan berdaya saing sehingga kesejahteraan peternak meningkat.

Bagi daerah yang potensi peternakan besar seperti Kabupaten Magelang, SPR terbukti bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil ternak. SDM peternak juga akan meningkat karena sebelumnya mendapat pelatihan-pelatihan.

Sejauh ini wilayah Kabupaten Magelang terlah terbentuk enam SPR yaitu SPR Trimulyo (untuk wilayah Sawangan Bawah), SPR Lembu Panca Mulya (untuk wilayah Sawangan Atas), SPR Lembu Aji (untuk wilayah Candimulyo), SPR Lembu Mas (untuk wilayah Pakis), SPR Tri Argo Mulyo (untuk wilayah Ngablak), dan SPR Borobudur Manunggal (untuk wilayah Borobudur).

Dengan keberhasilan membentuk enam SPR, pemda dan masyarakat di wilayah Kabupaten Magelang merasa bangga. Hal ini karena Kabupaten Magelang dapat ikut menyukseskan tercapainya target 1.000 SPR hingga tahun 2017 di seluruh Indonesia.

Sebagai tindak lanjut deklarasi SR tersebut, pihak pemda meminta kepada para pengurus agar serius mengelola program ini, melakukan komunikasi yang baik dengan para tenaga ahli yang menjadi pendamping SPR sehingga apabila ada permasalahan yang muncul dapat diatasi bersama dengan baik. Pemda Kabupaten Magelang yakin dengan semangat dan daya juang yang tinggi, akan mampu mengatasi persoalan yang timbul, juga akan timbul sikap tekun, rajin dan bekerja keras sehingga program SPR ini bisa berhasil.

Kalau program ini berhasil, tentu dapat mewujudkan kemandirian dalam pengelolaan ternak dan sumber daya pendukungnya, demi terciptanya kedaulatan peternakan di wilayah Kabupaten Magelang khususnya dan Indonesia pada umumnya.

banner smart detox plus

Demikian info peluang bisnis tentang prospek bisnis peternakan sapi potong dan perah semoga bermanfaat.

banner smart detox plus

sumber : Kedaulatan Rakyat

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini
      jasa seo murah di bali

      Garansi SEO jamin murah berkualitasMulai 5 ribuan Inggris / indonesia

      chrombit.com

      Dpt 450K Saat Anda Kluarkan150K IDR

      kirimmobilmurah.com

      Jasa Pengiriman Mobil Cepat & AmanDarat Laut Udara Harga Bersahabat!