Peta Internet Marketing secara Garis Besar

Seminar Marketing Online

Peta Internet Marketing secara Garis Besar – Dalam internet marketing (IM), beberapa praktisi membuat peta IM-nya semata-mata agar tidak tersesat di dunia maya yang tidak bertepi. Salah satu peta IM yaitu versi anne ahira yang sudah mencakupi peta IM secara global. Peta ini bukan harga mati. Hal ini dilakukan semata-mata agar memudahkan kita dan agar tidak tersesat.

peta internet marketing secara garis besar

Internet marketing adalah seni bukan eksak. Jadi tidak ada istilah betul apa salah. Menurut Anne Ahira dalam peta IM-nya, secara garis besar internet marketing dibagi menjadi dua yaitu

  • Source of income (sumber penghasilan) adalah sesuatu produk yang Anda pasarkan
  • Traffic generation (cara promosi) adalah cara memasarkan produk tersebut.

Untuk menghasilkkan uang di internet adalah mengawinkan dari dua hal itu. Contohnya memilih sumber penghasilan dari affiliate program lokal dikawinkan dengan sosmed marketing lewat facebook. Untuk lebih jelasnya tentang kedua garis besar internet marketing sebagai berikut :

Sumber Penghasilan

Sumber penghasilan terdiri dari 5 sumber utama yaitu:

smart detox
  1. PPS (Pay Per Sale) adalah komisi dihitung setelah terjadi pembelian produk lewat banner atau link affiliasi Anda. Contoh: clickbank, amazon.
  2. PPC (Pay Per Click) adalah komisi dihitung setelah terjadi klik pada banner atau link yang Anda pasang meskipun orangnya tidak membeli produk. Contoh: google adsense.
  3. PPL (Pay Per Lead) adalah komisi dihitung setelah orang yang menklik banner atau link affiliasi Anda dan orangnya melakukan registrasi meskipun tidak membeli produk. Contoh: maxbounty, copeac
  4. Jual produk sendiri, misal jilbab, sprei, jasa terjemah.
  5. Pelelangan, contohnya ebay

Dari kelima sumber pendapatan tadi, yang paling umum adalah PPS (Pay Per Sale) dan jual produk sendiri. Adapun penjualan dropshipp digolongkan ke penjualan produk sendiri. Sedangkan afiliasi (afiliate marketing) digolongkan ke dalam PPS.

Dropship adalah menjual produknya orang lain, tapi seakan-akan pada promosi adalah produk kita sendiri. Customer pun tidak mengetahui bahwa itu bukanlah produk kita langsung. Sedangkan afiliasi adalah menjualkan produk orang lain tetapi pembeli sudah mengetahui bahwa itu memang produk orang lain. Customer menganggap Anda salesnya.

Perbedaan antara dropship dan affiliate yaitu harga produk di program affiliate marketing seragam atau sama. Sedangkan dropship harga biasanya tergantung Anda yang akan menjual mau dapat margin berapa.

Cara Promosi

Ada 5 cara promosi berdasar peta awal (dari Anne Ahira) yaitu:

1. PPC Ads (beriklan di web lain)

Anda memasang banner iklan dan metode pembayarannya adalah per click. Artinya semakin banyak yang mengclick iklan tersebut maka Anda semakin banyak membayar ke web tempat iklan tersebut. Contoh yang paling terkenal adalah google adwords. Sekali click misal 2 ribu, maka kalau sehari ada 50 kali click maka Anda membayar 100 ribu ke google. Ada transaksi maupun tidak ada transaksi Anda tetap membayar ke google.

2. SEO (Search Engine Optimatizion)

SEO adalah seni yang mempelajari bagaimana web yang Anda punya bisa bertengger di halama satu mesin pencarian. Misal Anda ketik di google: “jual herbal pelangsing smart DETOX di Jogja”, maka semakin atas web milik Anda maka semakin besarlah peluang web Anda untuk di kunjungi. Web yang di dimaksud disini tidak hanya web commercial tapi social media Anda pun termasuk didalamnya. halaman facebook, halaman youtube, halaman twitter, halaman linkedin dan sebagainya. Jadi buang jauh-jauh pendapat SEO harus punya web komersial.

3. Email Marketing

Email marketing yaitu seni berpromosi dengan cara rutin mengirimkan email ke target. Email marketing masih sangat powerfull tentunya dengan persyaratan yang akan Anda pelajari.

4. Mobile Advertising

Mobile advertising yaitu sarana berpromosi di perangkat handphone misal sms broadcasting, ads banner, dsb.

smart detox

5. Social Media Marketing

Berpromosi di kolam kolam socmed seperti fb, twitter, google plus, linkedin. Adapun instant messaging seperti bbm, wa, line, telegram walaupun berbeda konsep tapi sedikit banyak bisa juga diterapkan di lini ini.

Demikian info tentang Peta Internet Marketing secara Garis Besar semoga bermanfaat.

sumber: Anne Ahira

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Oke Theme Tools Sosmed Tools Website Website
insightzilla tools untuk para facebook marketer
InsightZilla Tools untuk Para Facebook Marketer
Plugin WP Affiliasi untuk Membuat Website Program Reseller dan Affilliate
Plugin WP Affiliasi untuk Membuat Website Program Reseller dan Affilliate
lapax theme solusi bagi website toko online
Lapax Theme Solusi Bagi Website Toko Online