Pentingnya Memiliki Dana Darurat Pribadi

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Kita harus sudah memahami pentingnya memiliki dana darurat pribadi. Dana darurat ini sangat penting karena jika sesuatu hal terjadi pada Anda ataupun keluarga Anda, maka tidak perlu berpusing ria memikirkan permasalahan mengenai pembiayaan. Karena kita semua tahu termasuk Anda bahwa suatu kejadian di masa yang akan datang belum ada yang tahu. Oleh karena itu persiapkan dengan sebaik mungkin.

banner smart detox plus

Pentingnya Memiliki Dana Darurat Pribadi

Untuk menyiapkan dana darurat bisa melalui beberapa cara yaitu

  1. Jika kita belum memiliki tabungan dan investasi, maka dana darurat bisa disiapkan secara mencicil dengan menyisihkan dana dari penghasilan bulanan.
  2. Jika kita sudah memiliki tabungan dan investasi, tapi belum dialokasikan untuk tujuan apa, maka tabungan atau investasi tersebut dapat didedikasikan sebagai dana darurat yang tidak digunakan untuk tujuan lain.

Mempersiapkan dana darurat dengan mencicil akan memerlukan waktu cukup lama, dan berisiko jika tiba-tiba terjadi kondisi darurat. Namun masih lebih baik, daripada tidak ada kesadaran dan upaya untuk mempersiapkan dana darurat sama sekali. Sebagai contoh, jika keluarga Anda memiliki penghasilan bersih Rp 15 juta dan sanggup menyisihkan tabungan rutin setiap bulan sebesar Rp 3 juta.

Artinya ada 20% tabungan setiap bulan, sehingga pengeluaran bulanan sebesar Rp 12 juta. Jika keluarga Anda ingin memiliki dana darurat minimum enam kali pengeluaran bulanan atau Rp 72 juta, dengan tabungan Rp 3 juta per bulan, baru akan terkumpul dana darurat sebesar Rp 72 juta dalam 24 bulan atau 2 tahun.

Alternatif lain, selain mencicil dari penghasilan bulanan adalah memanfaatkan bonus tahunan yang diterima dari perusahaan. Banyak perusahaan memberikan bonus yang dikaitkan dengan kinerja karyawannya, yang besarannya bisa beberapa kali dari gaji bulanan. Sambil menunggu bonus tahunan yang akan datang bonus tahunan yang diperoleh sekarang digunakan untuk dana darurat bukan untuk bersenang-senang atau membeli sesuatu yang sifatnya konsumtif.

Jika Anda telah memiliki investasi seperti pada deposito emas atau reksadana tapi belum menentukan untuk tujuan apa investasi tersebut, maka sebagian atau seluruhnya dapat dicairkan untuk membentuk dana darurat. Namun, harus dipertimbangkan waktu pencairannya agar tidak dicairkan ketika sedang dalam kondisi merugi (unrealized loss).

banner smart detox plus

Memiliki dana darurat menjadi salah satu prioritas yang harus disiapkan, sebelum Anda mulai berinvestasi. Adanya dana darurat bukan hanya mempermudah menghadapi situasi darurat juga akan menjadikan rencana investasi yang kita miliki terlindungi.

Tanpa adanya dana darurat, investasi yang sudah direncanakan dan disiapkan, akan mungkin terganggu. Itu sebabnya, bagi keluarga yang ingin mempersiapkan investasi bagi masa depan, jangan lupa menyiapkan dana darurat terlebih dahulu.

Demikian info tentang pentingnya memiliki dana darurat pribadi, semoga bermanfaat.

sumber : Tribun

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini