Migrasi Burung yang Misterius

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Migrasi Burung yang Misterius – Banyak burung yang berpindah ke tempat yang lebih hangat selama musim dingin. Perjalanan atau perpindahan tahunan ini disebut dengan migrasi. Migrasi ini merupakan topik yang membangkitkan rasa ingin tahu manusia sejak lama.

Migrasi Burung yang Misterius

banner smart detox plus

Burung salju membuat sarang di banyak tempat di Lingkaran daerah Kutub Utara, tetapi burung ini menghabiskan musim dingin di Inggris. Penelitian telah menunjukkan bahwa burung-burung ini telah memilih rute migrasi mereka dengan posisi matahari, bulan, bintang, dan dengan menggunakan petunjuk-petunjuk yang ada di bumi.

Manusia sering menggunakan kompas untuk menunjukkan arah, dan burung diperkirakan juga menggunakan kompas dalam bentuk kekuatan medan magnet bumi untuk menunjukkan ke arah mana mereka terbang.

Tidak semua burung melakukan perjalanan panjang. Banyak burung laut hanya pindah ke darat selama musim dingin dan banyak burung yang tidak melakukan migrasi sama sekali.

Dengan memeriksa berat tubuh, makanan yang dimakan, dan kemampuan terbang burung kolibri leher merah, para ilmuwan menyatakan bahwa burung ini tidak dapat menyimpan cukup energi untuk terbang dari Florida ke Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Akan tetapi, burung ini ternyata juga melakukan migrasi!

banner smart detox plus

Beberapa migrasi berkembang menjadi perjalanan panjang yang mengagumkan. Migrasi terpanjang dilakukan oleh burung laut Kutub Utara, yang berpindah dari Lingkaran daerah Kutub Utara ke Benua Antartika, perjalanan pulang – pergi tiap tahunnya mencapai lebih dari 17.500 km (11 ribu mil). Burung laut biasa melakukan migrasi dalam jarak tempuh yang hampir sama tiap tahunnya dari Amerika Utara ke Afrika!

Salah satu misteri terbesar dalam migrasi burung adalah bagaimana burung-burung itu berhasil menemukan jalannya. Mereka tampak mengikuti garis pantai yang telah hilang; sepertinya mereka menggunakan matahari dan bintang untuk memandu migrasi mereka.

Kittiwake berkembang biak di Eropa Utara, tetapi mereka bermigrasi ke Eropa Selatan pada musim dingin. Burung bangau berkembang biak di Alaska, Pulau Aleutian, dan Siberia. Burung ini terbang ke Jepang pada musim gugur dan kembali ke utara pada musim semi berikutnya. Sekitar sepertiga burung yang berkembang biak di Inggris Raya, menghabiskan musim dinginnya di Afrika.

Tristan da Cunha adalah sebuah pulau kecil di Atlantik Selatan yang jaraknya (1.864 hampir 3 ribu km mil) dari daratan terdekat. Setiap tahunnya para burung penjelajah terbang ke pulau kecil di samudra ini untuk bertelur.

Demikian info tentang Migrasi Burung yang Misterius semoga bermanfaat.

sumber: 500 Fakta yang Fantastis

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini
      konveksi seragam

      konveksi seragam

      motor ninja bekas

      motor ninja bekas