Merawat Sumber Listrik Kendaraan

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Merawat sumber listrik kendaraan – Sebagai alat yang berfungsi menyimpan energi listrik, akumulator (aki) punya peran penting pada kendaraan bermotor. Menyalakan mobil serta menghidupkan lampu dan audio adalah beberapa fungsi dari komponen tersebut. Oleh karena itu, Anda harus dapat menjaganya agar tetap bekerja optimal. Bagaimana caranya ? Tentu tidak terlalu sulit jika Anda mau meluangkan sedikit waktu pada akhir pekan atau di saat Anda libur.

Merawat Sumber Listrik Kendaraan

Bukalah kap mobil Anda dan cermati kondisi aki, terutama kepala aki. Pastikan pengaitnya masih kencang dan posisinya tidak berubah. Aki yang sering berguncang, lantaran mobil acap melintasi jalan berlubang, usianya menjadi lebih pendek karena sel-sel plat menjadi rontok.

Setelah memastikan pengait dalam kondisi kencang, perhatikan kebersihan sumber listrik tersebut. Jika terlihat karat putih di seputar jepitan dan kepala aki, segera bersihkan dengan kain basah atau disiram dengan air panas. Selanjutnya olesi sedikit gemuk (grease) agar kepala aki tidak cepat berkarat.

banner smart detox plus

Sebisa mungkin hindari menyikat kepala aki dengan sikat kawat kasar. Membersihkan kepala aki dengan benda keras dapat mengikis bagian kepala aki sehingga kendur jika dijepit. Apabila jepitan pada kepala aki kendur, aliran listrik yang mengalir tidak sempurna, bahkan dapat memicu terjadinya ledakan pada komponen tersebut. Untuk itu, pastikan aki tidak berubah bentuk, retak, serta tidak bocor. Jangan ragu untuk menggantinya dengan yang baru jika aki mengalami kebocoran.

Selanjutnya, pastikan permukaan elektrolit aki tetap pada batas ideal. Bila permukaan elektrolit aki berada di batas bawah, tambahan dengan air aki (distilled water) sampai batas atas, jangan terlalu banyak. Pengisian air aki berlebihan akan membuat elektrolit meluap dan merusak bagian kendaraan.

Apabila mobil Anda jarang digunakan, akan lebih baik jika menggunakan aki jenis MF (Maintenance free). Aki ini memiliki self discharge (kehilangan muatan listrik) lebih kecil dari aki konvensional. Dengan demikian, meski mobil tidak dihidupkan dalam waktu agak lama, energi listrik yang ada pada aki akan tetap terjaga.

Yang tidak kalah penting adalah tetap berhati-hati saat memasang atau melepas aki. Hal ini untuk menghindari terjadinya hubungan singkat, karena bodi mobil terpasang ground negatif. Pasang terminal positif terlebih dahulu jika Anda ingin memasang aki. Namun, Jika Anda ingin melepas aki, cabut terminal negatif terlebih dahulu.

banner smart detox plus

Demikian tips tentang merawat sumber listrik kendaraan semoga bermanfaat.

sumber : Kompas

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini
      uptopromo.co.id

      Siapkan Keyword, pilih Keyword danDapatkan Hasilnya di Halaman 1