Merawat Peralatan Dapur Berbahan Stainles Steel

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Selama beberapa tahun terakhir ini, banyak desainer memperdebatkan apakah stainless steel (baja anti karat) dan bagaimana cara merawat peralatan dapur berbahan stainles steel ini. Peralatan dapur berbahan stainless steel banyak diminati oleh para profesional memasak atau master chef bahkan orang awam pun banyak yang minat. Karena peralatan yang berbahan stainless steel berwarna hitam dann putih yang mengkilap.

Merawat Peralatan Dapur Berbahan Stainles Steel

banner smart detox plus

Berikut ini beberapa tips untuk merawat dan menjaga barang-barang khususnya yang ada di dapur yang berbahan stainless steel agar tetap mentereng dan kinclong:

Anti karat bukan berarti tidak bisa rusak
Alasan mengapa stainless stell begitu banyak digunakan di dapur profesional yaitu karena permukaannya tampak halus dan tidak keropos sehingga menghalangi pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lain. Tetapi bukan berarti karat dan nida dapat dicegah. Para ahli di North American Association of Food Equipment Manufacturers mengatakan bahwa jika pelindung pada permukaan stainless steel tergores dengan sikat kawat, kemudian terjadi kontak dengan air atau terkena klorida dari pembersih rumah tangga maka stainless stell menjadi rentan terhadap kerusakan.

Alat kebersihan
Untuk perawatan yang aman dan pembersihan, mulailah denan alat yang tepat. The European Stainless Steel Development Association atau ESDA, menyarankan kepada pemakai peralatan yang berbahan stainless steel untuk menggunakan spons lembut dan kain microfiber. Hindari membersihkan dengan sikat baja yang bisa membuat goresan. Untuk pekerjaan yang sulit pilihlah bantalan yang terbuat dari plastik.

Pembersihan satu arah
Ikuti arah garis-garis tipis yang ada pada permukaan peralatan berbahan stainless steel saat membersihkannya. Sehingga akan mengurangi potensi terjadinya goresan pada peralatan stainless steel tersebut.

banner smart detox plus

Bahan pembersih
Hindari produk-produk yang mengandung klorida saat membersihkan peralatan stainless steel karena akan berbahaya bagi pelingung peralatan. ESDA menyarankan menggunakan pembersih berbahan berikut :

  • Cuka yang diencerkan, bahan ini cocok untuk membersihkan kerak kapur yang biasa ditemukan dalam ketel atau termos pemanas.
  • Baking soda, bahan ini cocok untuk menghilangkan endapan kopi
  • Pelarut alkohol, bahan mengandung alkohol seperti aseton, untuk menghilangkan perekat.
  • Semprotkan kaca bebas klorida, bahan ini efisien pada permukaan seperti cermin,

Pendekatan lainnya untuk membersihkan stainless steel, rendam kain dengan cuka putih murni atau minyak zaitun. Kemudian, seka permukaan stainless steel dengan satu arah mengikuti garis-garis tipis. Untuk membersihkan wastafel stainless steel, tuangkan soda pada kain penyerap kemudian seka hingga kering.

Demikian tips sekilas tentang cara merawat peralatan dapur berbahan stainles steel, semoga bermanfaat.

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini
      rak minimarket

      rak minimarket

      kunjungi gtechdrone.com

      Belanja dengan Saldo Tokopedia & Masukkan Kode: PAKAISALDO. Waktu Terbatas!