Menulis itu Gampang tapi Susah

Di postingan ini kami akan jelaskan terkait dengan menulis itu gampang tapi susah. Ada yang bilang bahwa menulis itu pekerjaan yang gampang-gampang susah. Gampang bagi orang yang memang sudah terbiasa dan mahir menulis. Susah bagi mereka yang memang belum akrab atau tidak pernah sama sekali menulis.

menulis itu gampang

Menulis itu Gampang

Bagi mereka yang sudah terbiasa menulis, semua ide bisa lancar dan mengalir keluar tanpa ada hambatan. Ini mungkin saja terjadi karena memang orang tersebut sehari-harinya bergelut dengan dunia kepenulisan, seperti wartawan, pengarang atau penulis profesional. Menulis ibarat pekerjaan utama mereka, tanpa menulis dan menghasilkan tulisan bisa-bisa dapur tidak mengebul dan biaya kebutuhan keluarga tidak tercukupi.

Lain halnya dengan sebagian orang yang memang baru menekuni dunia kepenulisan atau penulis pemula. Jangankan menulis sebuah buku, menulis artikel sebanyak 500 – 1000 kata saja bisa menjadi siksaan berat. Bayangkan saja mereka yang belum pernah menulis sama sekali, tiba-tiba disuruh menulis artikel dengan panjang minimal satu lembar kertas kuarto. Dari mana memulainya? Apa yang harus ditulis? Pembahasannya mencakup apa saja? Dan masih banyak pertanyaan lainnya datang berseliweran secara bergantian.

Menulis bagi Orang Awam

Namun kalau memang Anda belum tahu dan awam sama sekali dalam menulis artikel, tidak perlu takut karena semua itu bisa dipelajari. Khususnya dalam hal menulis artikel populer seperti opini, feature dan berita. Mengapa disebut dengan artikel populer? Karena memang jenis artikel inilah yang banyak diterima dan diterbitkan oleh surat kabar baik itu koran, majalah atau pun media publikasi lainnya.

Dan kalau artikel tersebut diterbitkan, maka secara tidak langsung pasti ada imbal baliknya buat penulis. Bisa saja berupa honor, souvenir, cinderamata atau publikasi secara gratis dan cuma-cuma. Paling tidak dengan artikel yang Anda tulis dimuat dan terbit di surat kabar, maka nama Anda akan dikenal secara luas oleh masyarakat dan pembaca.

Hakikat dari Ide

Pada hakikatnya artikel itu adalah ide. Ada ide atau pesan yang ingin disampaikan oleh penulis kepada orang lain dalam hal ini pembaca. Ide tersebut bisa saja berupa sebuah gagasan atau pendapat mengenai suatu permasalahan, pemecahan atau solusi untuk sebuah kejadian atau pun menganai hal lainnya.

Jadi pada awalnya seseorang harus memiliki ide atau pesan yang ingin disampaikan. Tanpa adanya hal tersebut maka mustahil bisa menulis. Ide atau pesan itulah nantinya yang akan menggerakkan dan menjadi bahan bakar bagi seseorang untuk menulis.

Ide adalah Mesin Penggerak

Dengan kata lain, ide itu adalah mesin penggerak. Jadi, sebelum mulai menulis, seorang penulis artikel harus bertanya pada dirinya sendiri. Apakah saya mempunyai ide? Apa ideku? Ide apa yang ingin aku sampaikan pada pembaca? Kalau ide atau pesan tersebut sudah Anda temukan, maka langkah berikutnya adalah membuat kerangka atau outline supaya tulisan menjadi tertata dan tidak kesulitan dalam mengembangkannya.

Pasukan Synergy

Selain itu harus diingat juga, kalau kita ingin menulis artikel maka tulis atau bahaslah sesuatu yang memang kita kuasai dan minati. Karena dengan menulis sesuatu yang kita kuasai maka akan menghindarkan dari kehabisan ide atau kesulitan yang pada akhirnya menyebabkan tulisan tersebut terbengkalai dan tidak selesai. Tidak usah memaksakan membahas dan menulis sesuatu yang memang kita tidak menguasainya.

Pasukan Synergy
Tulis sesuai Hobi dan Minat

Hal itu akan menguras energi dan membuat kita frustasi. Jika kita tidak pernah bersentuhan dengan dunia musik dan seni, maka tidak usah memaksakan diri membahas hal tersebut kalau hanya untuk sekedar terlihat menarik. Lebih baik kita fokus pada kelebihan dan materi yang benar-benar dikuasai, sehingga nantinya akan lebih mudah dalam mencari referensi serta menjelaskannya kepada pembaca dengan bahasa yang sederhana.

Bisa saja kita menulis mengenai kejadian yang Anda alami sehari-hari atau pengalaman berkesan yang pernah dilalui. Walau kelihatannya sederhana dan umum, namun kalau kita bisa mengemas dan menyajikannya kepada pembaca dengan apik serta menggunakan sudut pandang yang baru maka hal tersebut akan menjadi menarik. Karena walaupun kejadiannya sama namun setiap orang memiliki sudut pandang serta memiliki pemahaman yang berbeda-beda.

Menulis Bisa Dipelajari

Menulis artikel itu bisa dipelajari asal Anda tekun. Awalnya memang akan terasa sulit dan susah, namun seiring berjalannya waktu serta banyak latihan maka semua akan terasa gampang.Jangan pernah takut dan menyerah untuk terus mencoba. Karena apa yang akan terjadi di masa depan kelak tidak ada seorang pun yang bisa memprediksinya. Bisa jadi dengan rajin latihan dan terus rutin menulis artikel, Anda kelak menjadi seorang penulis andal.

Demikian info perihal menulis itu gampang tapi susah, semoga postingan kali ini bermanfaat untuk kalian. Kami berharap post ini diviralkan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Motivasi dan Inspirasi

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan jutaan rupiah per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kecantikan Kesehatan Kota SB1M SB1M Synergy Worldwide Training SB1M
info menakjubkan produk synergy worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide yang Mendunia
Jenjang Penghargaan di Synergy
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide

Penghasilan Online

Jualan Online Situs Klik Survey Online

Promosi Online

e-Mail Marketing Mobile Marketing Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
bisnis souvenir unik
Bisnis Souvenir Unik dari Bahan Alami
Cara Meyakinkan Calon Pembeli
Cara Meyakinkan Calon Pembeli dengan Kata-Kata yang Menarik
Tiga Level Kedekatan Calon Pembeli
Tiga Level Kedekatan Calon Pembeli yang perlu dipahami
Synergy Worldwide
Synergy Worldwide Solusi Kesehatan dan Bisnis
Education dan Jasa
Education dan Jasa
Buku Bisnis Ednovate
Buku Bisnis Karya Hermas Puspito dan Tim
Produk OSB Group
Produk OSB (Omar Smart Brain) Group

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling

Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
cara memproteksi keuangan akibat risiko
Cara Memproteksi Keuangan Akibat Risiko yang Tidak bisa Dihindarkan
membersihkan aneka macam noda
Membersihkan Aneka Macam Noda secara Praktis
alasan tidak mempersiapkan dana masa depan
Alasan Tidak Mempersiapkan Dana Masa Depan
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
wisata menawan di banyuwangi
Wisata Menawan di Banyuwangi untuk Para Pelancong
upaya menjaga usaha batik jetis
Upaya Menjaga Usaha Batik Jetis Sidoarjo
keunggulan wisata pulau merah
Keunggulan Wisata Pulau Merah di Banyuwangi