Menangkarkan Derkuku Kelas Lomba

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Menangkarkan derkuku kelas lomba – Sebagian penggemar burung derkuku piawai menangkarkan derkuku-derkuku yang dimilikinya. Jika hasil dari penangkaran sering diikutkan lomba dan meraih juara, otomatis akan semakin mengangkat nama penangkarnya. Harga derkukunya pun kian melambung.

Menangkarkan Derkuku Kelas Lomba

banner smart detox plus

Derkuku yang layak untuk ditangkarkan dan berpeluang menghasilkan anakan-anakan berkualitas mempunyai beberapa persyaratan penting. Selain soal kesehatan burung, penting dipertimbangkan juga kualitas atau dasar suara. Tidak kalah penting sudah cukup umur untuk dikawinkan serta calon indukan yang akan ditangkarkan benar-benar diketahui jenis kelaminnya, jantan dan betina. Ketika yang dipasangkan ternyata jantan semua atau betina semua, perlu segera ada penjodohan ulang.

Penjodohan ulang derkuku yang ditangkarkan agar mampu menghasilkan anakan-anakan derkuku kelas lomba. Khususnya soal dasar suara, yakni diusahakan yang mempunyai suara tebal, kering dan bening. Selain itu suara depan, tengah dan ujung juga dipilih yang bagus atau sesuai kriteria burung layak dilombakan. Suara depan derkuku yang bagus, lengkap, jelas dan menekan. Tengahnya panjang, membat dan bersih. Sedangkan ujungnya panjang, bulat dan bergema.

banner smart detox plus

Beberapa derkuku pejantan kelas lomba ditangkarkan dengan dipasangkan betina cukup umur di kandang penangkaran. Derkuku yang dipilih minimal umur satu tahun untuk dijodohkan. Sebelum dijadikan dalam satu kandang, terlebih dahulu dikenalkan beberapa hari. Caranya dengan ditempatkan di kandang penjodohan yang mempunyai sekat pemisah di tengah. Bisa juga dengan saling mendekatkan antara sangkar derkuku jantan dengan derkuku betina.

Bagi penangkar yang sudah biasa menjodohkan indukan pejantan dan betina akan bisa melihat tanda-tanda saling tertarik antara kedua calon indukan tersebut. Ketika jadwal event lomba derkuku masih jauh, penangkar biasa menjodohkan derkuku jagoannya yang biasa diikutkan lomba. Soal perawatan anakan derkuku bisa juga dengan dititipkan di pasangan burung puter.

Perawatan penting yang dilakukan untuk derkuku kualitas lomba, misalnya rutin diikutkan latihan bersama agar mempunyai mental bagus. Penjemuran juga rutin terutama di pagi hari. Ditambah lagi stok makanan berkualitas yang disukai harus tersedia di sangkar misalnya ada milet, godem dan beras merah. Secara berkala, air minumnya dapat ditambah dengan vitamin C maupun B yang banyak tersedia di kios-kios pakan burung berwujud bubuk. Bisa juga diloloh dengan butiran jamu kering buatan pabrik. Jamu juga bisa biasa untuk jenis anggungan lain seperti perkutut dan puter.

Derkuku ketika dilombakan biasa terbagi dalam tiga kelas yakni Pemula, Junior dan Senior. Pemula ditujukan untuk burung belum pernah dilombakan, masih muda tapi sudah bunyi. Kelas junior ditujukan bagi derkuku yang pernah berprestasi, namun baru tingkat daerah maupun regional. Sedangkan Senior yakni derkuku yang sudah biasa dilagakan di even nasional, rata-rata pernah masuk 15 besar, misalnya dalam Liga Derkuku Indonesia.

Demikian info peluang usaha tentang menangkarkan derkuku kelas lomba semoga bermanfaat.

sumber : Supriyadi, BSc Warga Ngrenak Lor Godean Sleman

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini
      uptopromo.co.id layanan seo

      Ingin Web/Blogmu masuk halamanDepan Search Engine? Click Disini

      artikel www.jasaijindimedan.com

      Jasa Desain & Pembuatan Reklame. Produsen Reklame Terpercaya

      bangunsaranamakmur.com

      Pabrik Atap dan Rangka Baja Ringan Harga Bersaing dan Bergaransi!