Membeli Kosmetik Aman Secara Online

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Membeli kosmetik aman secara online – Dalam membeli kosmetik pastikan barangnya legal yaitu sudah memperoleh notifikasi daro BPOM. Jika membeli kosmetik dari internet (online), pastikan laman tersebut terpercaya dan memang berkedudukan di Indonesia.

Membeli Kosmetik Aman Secara Online

Pastikan bahwa kosmetik yang akan digunakan adalah kosmetik legal dengan Cek KIK (Kemasan, Izin Edar, Kadaluwarsa). Cek kemasan, cermati apakah kemasan kosmetik utuh dan tidak rusak. Cek izin edar, pastikan bahwa kemasan kosmetik mencantumkan nomor notifikasi dari Badan POM ditandai dengan kode POM yakni huruf “N” diikuti kode benua (huruf A-E) dan 11 digit angka.

NA adalah produk Asia, NB produk Australia, NC produk Eropa, ND produk Afrika dan NE adalah keluaran Amerika. Apabila merasa ragu dapat melihat data notifikasi Badan POM melalui laman, http://notifkos.pom.go.id/bpom-notifikasi/. Pastikan nomor notifikasi terdapat pada data. Dan pastikan kesesuaian antara nama kosmetika dan nama perusahaan.

Di samping itu, cek pula tanggal kadaluwarsa, komposisi, serta kegunaan dan cara penggunaannya.

banner smart detox plus

Sebab, beberapa bulan terakhir banyak konsumen yang membeli kosmetik lewat Facebook, tetapi tidak memiliki notifikasi BPOM. Selain itu, setelah dilacak laman kosmetika tersebut berasal dari luar negeri. Setelah diselidiki laman kosmetika tersebut berasal dari luar negeri.

banner smart detox plus

Setelah diselidiki, beberapa di antaranya menulis dengan bahasa Indonesia. Sehingga konsumen mengira laman tersebut berada di Indonesia. Hal itu menyebabkan kiriman kosmetik dari luar negeri tersebut tidak dapat masuk ke Indonesia karena dicegah oleh Bea Cukai. BPOM pun tidak bisa memberikan rekomendasi untuk hal tersebut.

Hal itu sesuai dengan Peraturan Kepala Badan POM no 39 / 2013 terkait izin Special Acces Scheme (SAS) atau pemasukan obat, obat tradisional, kosmetik dan suplemen kesehatan yang masuk dalam wilayah Indonesia harus melalui mekanisme khusus.

Tujuan pemasukan produk adalah untuk penelitian, uji klinik, pengembangan produk, sampel registrasi, bantuan / hibah / donasi, pameran dan penggunaan pribadi. Jadi untuk produk kosmetik keperluan sendiri BPOM tidak bisa memberikan rekomendasi.

Demikian info tentang Membeli kosmetik aman secara online semoga bermanfaat.

sumber: Wulandari, Pejabat Fungsional Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen Balai Besar BPOM DI Yogyakarta

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini
      www.uptopromo.co.id

      Telpon & Dapatkan Petunjuk Dari Pakar Kami. Mulai Jelajahi AdWords!

      kusenpintujendelaupvc.com

      Jendela berbahan Upvc dari Jerman.Kedap Suara,Anti Rayap,Hemat Energi

      rental mobil di jogja

      +Supir /Lepas Kunci Ph 08122899988