Melatih Kecakapan Emosi Diri

Topik kita kali ini adalah melatih kecakapan emosi diri. Alkisah, di Jepang ada seorang Samurai yang sangat suka bertarung dan menantang siapapun untuk menguji kemampuannya dalam bertarung.

melatih kecakapan emosi diri

Melatih Kecakapan Emosi

Pada suatu kesempatan samurai ini menantang seorang guru yaitu Guru Zen untuk menjelaskan kepadanya konsep surga dan neraka. Namun, Sang Guru menjawab dengan nada merendahkan, “Kau hanyalah orang bodoh yang tidak ada apa-apanya, aku tidak mau menyia-nyiakan waktuku hanya untuk orang seperti dirimu”.

Merasa harga dirinya direndahkan, Samurai itu naik pitam. Sambil menghunus pedangnya, ia berteriak, “Aku dapat membunuhmu karena kekurangajaranmu”. Sang Guru itu menjawab dengan sangat tenang, “Nah, Itulah Neraka”.

Takjub melihat kebenaran yang ditunjukkan oleh sang guru, amarah yang menguasai diri samurai tersebut menjadi tenang, kemudian dia menyarungkan pedangnya dan membungkuk sambil mengucapkan terima kasih pada Guru Zen atas penjelasannya. Kemudian sang Guru Zen berkata, “Itulah surga”.

Sahabat yang kreatif dan inovatif, ternyata salah satu kekuatan seseorang adalah kemampuannya dalam menguasai dirinya. Kelemahan diri yang belakangan itu banyak disampaikan dalam status pribadi di media sosial dengan kemarahan, frustasi dan mencak-mencak (omelan yang tidak berguna) menunjukkan tingkat kerapuhan pribadi seseorang.

Seorang Pemuda yang bisa menguasai kondisi ini akan terlihat dari ketenangannya mensikapi sesuatu. Ketenangan dapat memberikan energi baru yang membawa dampak positif ketika mengikuti ujian, tampil dalam satu kegiatan, presentasi dan negosiasi yang lancar dan sukses.

Seandainya para Pemuda (generasi muda) menyadari bahwa apa yang mereka sampaikan akan berdampak positif / negatif pada karir mereka di masa mendatang. Saat ini banyak perusahaan yang melihat kecerdasan emosi seorang calon pelamar lewat akun media sosial yang mereka miliki.

Update status yang mereka lakukan dalam seminggu cukup menunjukkan siapa mereka. Menahan diri dengan berempati dan berpikir logis serta memiliki kemampuan memotivasi diri adalah salah satu cara menguasai diri.

Kemampuan Motivasi

Menurut Goleman, ada empat kemampuan motivasi yang umumnya dimiliki oleh para Pemuda, yaitu :

Pertama dorongan berprestasi yaitu dorongan untuk meningkatkan standar keunggulan. Pemuda dengan kecakapan ini biasanya berorientasi pada hasil, dengan semangat juang tinggi untuk meraih tujuan. Mereka dapat menetapkan sasaran yang menantang dan berani mengambil resiko yang telah diperhitungkan.

Kemampuan dalam mencari informasi sebanyak­banyaknya guna mengurangi ketidakpastian dan mencari cara yang lebih baik dan terus belajar untuk meningkatkan prestasi mereka akan membuat Pemuda ini memiliki dorongan kuat menghasilkan prestasi yang tinggi.

Kedua mempunyai Komitmen yaitu yang dapat menyelaraskan diri dengan tujuan organisasi. Pemuda dengan kecakapan ini akan siap berkorban dan merasakan dorongan semangat dalam misi yang besar. Dapat menggunakan nilai-nilai berorganisasi dalam memilih keputusan dan aktif dalam mencari peluang.

Ketiga memiliki Inisiatif kesiapan untuk memanfaatkan kesempatan yang datang padanya. Pemuda dengan kecakapan ini memiliki kemampuan siap memanfaatkan peluang yang datang. Mengejar sasaran lebih dari yang diharapkan dari mereka. Berani melanggar batas-batas yang tidak prinsip agar dapat melaksanakan tugas dan bisa mengajak orang lain melakukan sesuatu yang bernuansa petualangan.

Keempat punya rasa optimisme. Seorang pemuda dengan kecakapan ini tekun dalam mengejar sasaran kendati banyak halangan dan kegagalan. Berusaha dengan harapan untuk sukses dimasa depan, tidak takut gagal dan memandang kegagalan atau kemunduran sebagai situasi yang dapat dikendalikan dan tidak menganggap kegagalan sebagai kekurangan pribadi.

Sahabat yang kreatif dan inovatif, kecakapan emosi yang dimiliki para Pemuda akan menjadikan mereka sebagai pribadi kuat yang selalu memiliki energi positif dalam beraktivitas.

Demikian motivasi diri tentang melatih kecakapan emosi diri. Sehat, bermanfaat dan sukses selalu untuk kita semua.

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan jutaan rupiah per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Info SB1M Internet Marketing Training SB1M
Belajar Internet Marketing SB1M
Belajar Internet Marketing SB1M bagi Pemula
Sekolah Marketing Online SB1M
Sekolah Marketing Online SB1M untuk Umum
Kursus Internet Bisnis SB1M
Kursus Internet Bisnis SB1M Online Untuk Pemula
Bisnis Investasi Peluang Bisnis
No Preview
Perbedaan Suku Bunga jadi Alasan Pemilihan Produk Investasi
investasi simpanan mata uang
Investasi Simpanan Mata Uang di Bank
Menabung di bank sebagai sarana investasi
Menabung di Bank sebagai Sarana Investasi
Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat Pengusaha Indonesia
atlit basket hebat di dunia
Atlit Basket Hebat di Dunia
Penemu Hebat dari Jerman
Penemu Hebat dari Jerman yang Perlu Kita Tahu
Tokoh Ilmuwan Hebat India
Tokoh Ilmuwan Hebat India Zaman Dahulu
Synergy Worldwide
Synergy Worldwide Solusi Kesehatan dan Bisnis
Education dan Jasa
Education dan Jasa
Buku Bisnis Ednovate
Buku Bisnis Karya Hermas Puspito dan Tim
Produk OSB Group
Produk OSB (Omar Smart Brain) Group
Fakta Fantastik Paling di Dunia Unik dan Menarik
No Preview
Sapi Hewan yang Selalu Mengunyah Makanannya
fakta penguin
Fakta Penguin Empat Bulan Tanpa Makan
Fakta Unik Mata Kucing
Fakta Unik Mata Kucing yang dapat Bersinar
Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya Tips Sehat dan Cantik
Jangan Gugup Saat Nego Gaji
Jangan Gugup Saat Nego Gaji
Miliki Harta Produktif Sebanyak Mungkin
Miliki Harta Produktif Sebanyak Mungkin bila Ingin Bebas Finansial
Fungsi Garam untuk Makanan
Fungsi Garam untuk Makanan selain Sebagai Perasa
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Religi Wisata Seni Budaya
Museum Kesenian Layang-Layang Jakarta
Museum Kesenian Layang-Layang Jakarta yang Artistik
Harta Karun Kuliner Jakarta yang Mulai Terlupaka
Harta Karun Kuliner Jakarta yang Mulai Terlupakan
destinasi wisata alam Jakarta cocok untuk bersantai
Destinasi Wisata Alam Jakarta Cocok untuk Bersantai