Masjid Pangeran Diponegoro Tegalrejo Saksi Bisu perjuangan

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Masjid Pangeran Diponegoro Tegalrejo Saksi Bisu perjuangan – Sejarah perjuangan pahlawan menjaga keutuhan bangsa Indonesia di akhir abad 19, tak bisa lepas dari keberadaan masjid. Tempat ibadah jadi sarana penting untuk menyebarkan agama Islam sebagai pengayom masyarakat di tengah kegelisahan akan kondisi politik bangsa pada masa itu.

Masjid Pangeran Diponegoro Tegalrejo Saksi Bisu perjuangan

Masjid Pangeran Diponegoro Tegalrejo, menjadi salah satu saksi bisu, penyebaran agama Islam pada akhir abad 19. Berada di daerah haluan kiri, keberadaan masjid yang berdiri 1975 ini tak banyak dianggap sebagai tempat beribada pada masa itu.

banner smart detox plus

Pada sekitar tahun 1979-an masjid ini hanyalah sebagai ampiran bagi orang-orang yang kalah judi atau bahkan pencoleng. Selain itu daerah sekitar masjid pada masa itu juga banyak dihuni oleh penganut paham komunis. Keberadaan penanut komunitas tersebut jadi penyebab ajaran Islam tidak dengan mudah bisa diterima. Kumandang azan juga tanpa menggunakan pengeras suara, karena daerah ini dulu tidak banyak dihuni warga yang memeluk agama Islam.

Namun dalam perkembangannya, masjid yang terletak tepat di sisi barat Pendapa Pangeran Diponegoro Tegalrejo ini mampu berkembang pesat. Mendapat beberapa kali sentuhan renovasi, ciri khas Masjid Pangeran Diponegoro masih terlihat jelas. Selain pintu masjid, berbagai ornamen di tembok masjid masih terjaga keasliannya. Masjid inipun tidak hanya sebagai tempat ibadah, namun tempat bagi sejumlah kegiatan kemasyarakatan warga sekitar seperti pelayanan kesehatan dan pendidikan taman kanak-kanak.

banner smart detox plus

Di setiap bulan Ramadhan, Masjid Pangeran Diponegoro menyediakan sebanyak 300 bungkus takjil setiap harinya. Takjil tersebut merupakan sumbangan dari warga sekitar. Tarawih sengaja mendatangkan imam yang hafal Al-qur’an untuk menambah kekhusyukan warga menjalankan shalat Tarawih. Di luar Ramadhan, Masjid Pangeran Diponegoro mengadakan pendidikan baca tulis Al-qur’an bagi anak-anak serta pengajian rutin bagi orang tua.

Demikian info serba serbi tentang Masjid Pangeran Diponegoro Tegalrejo saksi bisu perjuangan semoga bermanfaat.

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini
      uptopromo.co.id

      Dpt 450K Saat Anda Kluarkan150K IDRMulai Beriklan Dgn Google Hari Ini!

      kawat duri surabaya

      kawat duri surabaya

      klinik kecantikan jakarta

      klinik kecantikan jakarta