Manfaat Perencanaan Keuangan bagi Pribadi dan Keluarga

Pembahasan kita kali ini yakni manfaat perencanaan keuangan bagi pribadi dan keluarga. Masih banyak orang di Indonesia saat ini yang belum memahami pentingnya melakukan perencanaan keuangan. Ada pula yang belum melakukan perencanaan walaupun sudah cukup mengerti dan memahami urgensi serta manfaat perencanaan keuangan.

manfaat perencanaan keuangan bagi pribadi dan keluarga

Survei Nasional Otoritas Jasa Keuangan pada tahun 2016 menyebutkan indeks literasi keuangan sebesar 29,66%. Artinya ada peningkatan pemahaman keuangan dari tahun 2013 di mana hasil survei menunjukkan indeks literasi keuangan sebesar 21,84%. Dalam survei tersebut juga menyebutkan bahwa hanya 42% responder yang melakukan penyusunan perencanaan keuangan untuk mencapai tujuan keuangannya.

Manfaat Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan sebenarnya memiliki banyak mantaat bagi keuangan pribadi dan keluarga apabila dilakukan dengan baik dan disiplin. Kehidupan keuangan akan lebih tertata sehingga kita dapat memenuhi berbagai tujuan-tujuan keuangan yang diinginkan. Berikut adalah beberapa contoh manfaat apabila kita melakukan perencanaan keuangan.

1. Pembayaran utang terjaga

Dengan melakukan perencanaan keuangan, Anda akan belajar melakukan pencadangan pembayaran utang. Dengan pencadangan pembayaran utang tersebut, maka Anda pun secara tidak langsung akan membatasi jumlah pengeluaran. Misalnya makan siang di kantor, akan dibatasi maksimal 20 ribu rupiah sekali makan.

Boleh saja Anda makan lebih dari 20 ribu, tapi asalkan Anda sudah “menabung” terlebih dulu dengan cara membawa bekal dari rumah atau memilih menu yang lebih murah. Intinya adalah Anda melakukan penganggaran untuk masing-masing pengeluaran sehingga kewajiban pembayaran utang dapat dibayar dengan lancar.

2. Pengeluaran lebih tertata

Pemasukan sebesar apa pun, apabila kita tidak mampu mengontrolnya, maka akan selalu tidak cukup. Kita harus dapat mengontrol keinginan kita akan suatu hal. Contohnya, makan adalah kebutuhan manusia, namun makan dengan menu tertentu adalah keinginan. Kembali kita ambil contoh makan siang.

Misalkan dengan perencanaan keuangan Anda sudah menjatah maksimal 20 ribu rupiah untuk sekali makan siang, maka tentu Anda akan mencoba mencari menu-menu dengan total harga di bawah 20 ribu.

Anda akan berusaha meredam keinginan makan dengan harga lebih mahal karena apabila Anda memaksakan keinginan tersebut, maka ada kemungkinan kebutuhan keuangan yang lain akan terganggu.

3. Menyiapkan dana darurat, asuransi, dan investasi

Selain pencadangan pembayaran utang, Anda juga bisa mencadangkan uang untuk dana darurat, asuransi, serta investasi untuk pendidikan anak dan dana pensiun. Dengan melakukan perencanaan keuangan, maka Anda akan dipaksa membagi pemasukan ke dalam pos-pos pengeluaran yang menjadi prioritas utama, seperti pembayaran utang, menabung untuk dana darurat, asuransi, serta investasi untuk dana pendidikan dan dana pensiun.

4. Memenuhi tujuan-tujuan keuangan

Apabila seluruh dana pemasukan sudah dialokasikan untuk utang, tabungan, asuransi, dan investasi, maka Anda bisa turut mencadangkan dana untuk memenuhi tujuan keuangan yang lain, seperti pembelian kendaraan. Perencanaan keuangan akan membantu mewujudkan tujuan tersebut di tengah berbagai keterbatasan sumber daya yang Anda miliki.

Jika diperhatikan lebih saksama, dapat Anda lihat bahwa manfaat-manfaat di atas saling terkait satu sama lain. Dengan kata lain, perencanaan keuangan tidak dapat dipisahkan antara satu komponen dengan komponen lainnya.

Misalnya utang, akan sangat erat kaitannya dengan arus kas, baik itu pemasukan mapun pengeluaran, yaitu bagaimana cicilan utang tetap dapat dibayar dengan pemasukan yang terbatas serta pengeluaran untuk asuransi, investasi dan kebutuhan rutin tetap dapat terpenuhi.

Dana darurat dan investasi juga terkait, Anda sebaiknya tidak melakukan investasi terlebih dulu sampai dana darurat Anda telah mencapai saldo yang cukup. Sehingga apabila terjadi kondisi darurat, Anda tidak perlu sampai harus merealisasikan dana investasi.

Bagaimana cara kita mengkombinasikan seluruh kebutuhan dan tujuan dengan kondisi pemasukan yang terbatas akan menjadi suatu tantangan dan seni tersendiri. Dalam prosesnya akan banyak pergulatan batin untuk membatasi keinginan, atau bahkan perdebatan dengan pasangan untuk menyepakati tujuan mana yang akan diprioritaskan.

Cobalah untuk membuat perencanaan keuangan sederhana terlebih dahulu, lakukann financial check up, atur kembali pengeluaran Anda. Apabila Anda telah melakukannya, kami yakin Anda akan memiliki sebuah road map menuju kesejahteraan finansial bersama keluarga.

Demikian info seputar manfaat perencanaan keuangan bagi pribadi dan keluarga, semoga post kali ini membantu Anda. Tolong artikel ini dishare agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan jutaan rupiah per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Info SB1M Internet Marketing Training SB1M
Belajar Internet Marketing SB1M
Belajar Internet Marketing SB1M bagi Pemula
Sekolah Marketing Online SB1M
Sekolah Marketing Online SB1M untuk Umum
Kursus Internet Bisnis SB1M
Kursus Internet Bisnis SB1M Online Untuk Pemula
Bisnis Investasi Peluang Bisnis
kiat memisahkan urusan bisnis
Kiat Memisahkan Urusan Bisnis dan Keluarga
No Preview
Perbedaan Suku Bunga jadi Alasan Pemilihan Produk Investasi
investasi simpanan mata uang
Investasi Simpanan Mata Uang di Bank
Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat Pengusaha Indonesia
atlit basket hebat di dunia
Atlit Basket Hebat di Dunia
Penemu Hebat dari Jerman
Penemu Hebat dari Jerman yang Perlu Kita Tahu
Tokoh Ilmuwan Hebat India
Tokoh Ilmuwan Hebat India Zaman Dahulu
Synergy Worldwide
Synergy Worldwide Solusi Kesehatan dan Bisnis
Education dan Jasa
Education dan Jasa
Buku Bisnis Ednovate
Buku Bisnis Karya Hermas Puspito dan Tim
Produk OSB Group
Produk OSB (Omar Smart Brain) Group
Fakta Fantastik Paling di Dunia Unik dan Menarik
No Preview
Sapi Hewan yang Selalu Mengunyah Makanannya
fakta penguin
Fakta Penguin Empat Bulan Tanpa Makan
Fakta Unik Mata Kucing
Fakta Unik Mata Kucing yang dapat Bersinar
Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya Tips Sehat dan Cantik
Jangan Gugup Saat Nego Gaji
Jangan Gugup Saat Nego Gaji
Miliki Harta Produktif Sebanyak Mungkin
Miliki Harta Produktif Sebanyak Mungkin bila Ingin Bebas Finansial
Fungsi Garam untuk Makanan
Fungsi Garam untuk Makanan selain Sebagai Perasa
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Religi Wisata Seni Budaya
Jejak Diplomasi Sarekat Islam
Jejak Diplomasi Sarekat Islam di Semarang
Museum Kesenian Layang-Layang Jakarta
Museum Kesenian Layang-Layang Jakarta yang Artistik
Harta Karun Kuliner Jakarta yang Mulai Terlupaka
Harta Karun Kuliner Jakarta yang Mulai Terlupakan