Manfaat Navigasi Digital untuk Informasi Lalu Lintas

Manfaat Navigasi Digital untuk Informasi Lalu Lintas – Kemajuan teknologi informasi membawa manusia pada kemudahan untuk mendapatkan informasi. Salah satunya adalah informasi lalu lintas. Kondisi lalu lintas yang hiruk pikuk membuat seseorang harus pandai mencari rute yang tepat agar dapat sampai ke tempat tujuan dengan mudah dan cepat.

Manfaat Navigasi Digital untuk Informasi Lalu Lintascara menggunakan aplikasi waze,cara menggunakan aplikasi waze di iphone,cara menggunakan aplikasi waze di android,cara menggunakan waze di hp,cara download aplikasi waze,kelebihan aplikasi waze,cara setting waze di android,cara main waze,cara instal waze di android

Informasi mengenai lalu lintas sangat dibutuhkan di sini. Kepadatan lalu lintas sering dijumpai di kota-kota besar, salah satunya adalah Yogyakarta. Pertumbuhan kendaraan yang tidak sebanding dengan pertumbuhan jalan, adanya kecelakaan dan perbaikan jalan adalah beberapa penyebab terjadinya kemacetan. Kemacetan sulit diprediksi. Oleh karena itu, informasi yang realtime mengenai kondisi lalu lintas sangatlah dibutuhkan agar pengendara tidak terjebak dalam kemacetan.

Kemajuan teknologi memungkinkan manusia untuk menghindari kondisi yang tidak mengenakan tersebut. Hadirnya peta digital dalam perangkat bergerak dapat membantu menghindari kemacetan. Aplikasi seperti Google Maps atau Waze contohnya, dapat menjadi salah satu solusi yang tepat.

Kemampuan Google Maps atau Waze dalam mencari rute terbaik membantu manusia untuk mendapatkan waktu terbaik untuk mencapai lokasi tujuan. Informasi tentang kemacetan disampaikan dalam warna-warna tertentu. Merah untuk tingkat kemacetan yang parah, kuning untuk tingkat sedang, sedangkan biru untuk lalu lintas lancar.

Hal ini memudahkan pengguna Google Maps atau Waze mengetahui tingkat kemacetan di rute yang akan dilalui. Fitur navigasi dengan suara juga sangat membantu pengendara melewati rute yang sudah direkomendasikan.

Untuk memprediksi kemacetan, aplikasi Google Maps atau Waze menggunakan beberapa cara. Membaca data yang diberikan oleh sensor-sensor yang telah dipasang di jalan-jalan misalnya. Cara ini memiliki keterbatasan karena tidak semua jalan memiliki sensor.

Cara berikutnya adalah memanfaatkan perangkat pintar yang dimiliki pengguna. Dengan memanfaatkan GPS yang ada pada perangkat itu, lokasi setiap kendaraan dapat diketahui sehingga bisa dilakukan perhitungan terhadap kecepatan setiap setiap kendaraan yang bergerak.

Data dari setiap kendaraan dikumpulkan lalu dianalisis untuk mendapatkan prediksi. Semakin banyak kendaraan yang bisa dideteksi kecepatannya maka semakin akurat prediksi kemacetan di sebuah jalan. Keakuratan prediksi juga bisa ditingkatkan dengan menganalisis laporan-laporan yang diposting oleh pengguna melalui aplikasi tersebut sehingga kejadian seperti kecelakaan atau penutupan jalan dapat diketahui secara realtime.

Kepandaian aplikasi dalam memprediksi kemacetan dan pada akhirnya memberi rute yang terbaik memang tidak terlepas dari peran pengguna jalan. Keterlibatan pengguna dalam menggunakan aplikasi sangat diperlukan. Semakin banyak pengguna jalan yang memanfaatkan aplikasi tersebut, semakin tinggi pula keakuratan prediksi yang diberikan oleh aplikasi.

Namun, dari semuanya itu keselamatan di jalan merupakan prioritas utama, tetaplah berkonsentrasi dalam berkendara. Jangan biarkan penggunaan aplikasi memecah konsentrasi dalam berkendara.

Demikian info tentang Manfaat Navigasi Digital untuk Informasi Lalu Lintas semoga bermanfaat.

sumber: Robertus Adi Nugroho ST, M.Eng

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan jutaan rupiah per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Info SB1M Internet Marketing Training SB1M
Belajar Internet Marketing SB1M
Belajar Internet Marketing SB1M bagi Pemula
Sekolah Marketing Online SB1M
Sekolah Marketing Online SB1M untuk Umum
Kursus Internet Bisnis SB1M
Kursus Internet Bisnis SB1M Online Untuk Pemula
Bisnis Investasi Peluang Bisnis
kiat memisahkan urusan bisnis
Kiat Memisahkan Urusan Bisnis dan Keluarga
No Preview
Perbedaan Suku Bunga jadi Alasan Pemilihan Produk Investasi
investasi simpanan mata uang
Investasi Simpanan Mata Uang di Bank
Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat Pengusaha Indonesia
atlit basket hebat di dunia
Atlit Basket Hebat di Dunia
Penemu Hebat dari Jerman
Penemu Hebat dari Jerman yang Perlu Kita Tahu
Tokoh Ilmuwan Hebat India
Tokoh Ilmuwan Hebat India Zaman Dahulu
Synergy Worldwide
Synergy Worldwide Solusi Kesehatan dan Bisnis
Education dan Jasa
Education dan Jasa
Buku Bisnis Ednovate
Buku Bisnis Karya Hermas Puspito dan Tim
Produk OSB Group
Produk OSB (Omar Smart Brain) Group
Fakta Fantastik Paling di Dunia Unik dan Menarik
No Preview
Sapi Hewan yang Selalu Mengunyah Makanannya
fakta penguin
Fakta Penguin Empat Bulan Tanpa Makan
Fakta Unik Mata Kucing
Fakta Unik Mata Kucing yang dapat Bersinar
Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya Tips Sehat dan Cantik
Jangan Gugup Saat Nego Gaji
Jangan Gugup Saat Nego Gaji
Miliki Harta Produktif Sebanyak Mungkin
Miliki Harta Produktif Sebanyak Mungkin bila Ingin Bebas Finansial
Fungsi Garam untuk Makanan
Fungsi Garam untuk Makanan selain Sebagai Perasa
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Religi Wisata Seni Budaya
Jejak Diplomasi Sarekat Islam
Jejak Diplomasi Sarekat Islam di Semarang
Museum Kesenian Layang-Layang Jakarta
Museum Kesenian Layang-Layang Jakarta yang Artistik
Harta Karun Kuliner Jakarta yang Mulai Terlupaka
Harta Karun Kuliner Jakarta yang Mulai Terlupakan