Manfaat Navigasi Digital untuk Informasi Lalu Lintas

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Manfaat Navigasi Digital untuk Informasi Lalu Lintas – Kemajuan teknologi informasi membawa manusia pada kemudahan untuk mendapatkan informasi. Salah satunya adalah informasi lalu lintas. Kondisi lalu lintas yang hiruk pikuk membuat seseorang harus pandai mencari rute yang tepat agar dapat sampai ke tempat tujuan dengan mudah dan cepat.

Manfaat Navigasi Digital untuk Informasi Lalu Lintas

Informasi mengenai lalu lintas sangat dibutuhkan di sini. Kepadatan lalu lintas sering dijumpai di kota-kota besar, salah satunya adalah Yogyakarta. Pertumbuhan kendaraan yang tidak sebanding dengan pertumbuhan jalan, adanya kecelakaan dan perbaikan jalan adalah beberapa penyebab terjadinya kemacetan. Kemacetan sulit diprediksi. Oleh karena itu, informasi yang realtime mengenai kondisi lalu lintas sangatlah dibutuhkan agar pengendara tidak terjebak dalam kemacetan.

Kemajuan teknologi memungkinkan manusia untuk menghindari kondisi yang tidak mengenakan tersebut. Hadirnya peta digital dalam perangkat bergerak dapat membantu menghindari kemacetan. Aplikasi seperti Google Maps atau Waze contohnya, dapat menjadi salah satu solusi yang tepat.

Kemampuan Google Maps atau Waze dalam mencari rute terbaik membantu manusia untuk mendapatkan waktu terbaik untuk mencapai lokasi tujuan. Informasi tentang kemacetan disampaikan dalam warna-warna tertentu. Merah untuk tingkat kemacetan yang parah, kuning untuk tingkat sedang, sedangkan biru untuk lalu lintas lancar.

Hal ini memudahkan pengguna Google Maps atau Waze mengetahui tingkat kemacetan di rute yang akan dilalui. Fitur navigasi dengan suara juga sangat membantu pengendara melewati rute yang sudah direkomendasikan.

banner smart detox plus

Untuk memprediksi kemacetan, aplikasi Google Maps atau Waze menggunakan beberapa cara. Membaca data yang diberikan oleh sensor-sensor yang telah dipasang di jalan-jalan misalnya. Cara ini memiliki keterbatasan karena tidak semua jalan memiliki sensor.

Cara berikutnya adalah memanfaatkan perangkat pintar yang dimiliki pengguna. Dengan memanfaatkan GPS yang ada pada perangkat itu, lokasi setiap kendaraan dapat diketahui sehingga bisa dilakukan perhitungan terhadap kecepatan setiap setiap kendaraan yang bergerak.

Data dari setiap kendaraan dikumpulkan lalu dianalisis untuk mendapatkan prediksi. Semakin banyak kendaraan yang bisa dideteksi kecepatannya maka semakin akurat prediksi kemacetan di sebuah jalan. Keakuratan prediksi juga bisa ditingkatkan dengan menganalisis laporan-laporan yang diposting oleh pengguna melalui aplikasi tersebut sehingga kejadian seperti kecelakaan atau penutupan jalan dapat diketahui secara realtime.

Kepandaian aplikasi dalam memprediksi kemacetan dan pada akhirnya memberi rute yang terbaik memang tidak terlepas dari peran pengguna jalan. Keterlibatan pengguna dalam menggunakan aplikasi sangat diperlukan. Semakin banyak pengguna jalan yang memanfaatkan aplikasi tersebut, semakin tinggi pula keakuratan prediksi yang diberikan oleh aplikasi.

Namun, dari semuanya itu keselamatan di jalan merupakan prioritas utama, tetaplah berkonsentrasi dalam berkendara. Jangan biarkan penggunaan aplikasi memecah konsentrasi dalam berkendara.

Demikian info tentang Manfaat Navigasi Digital untuk Informasi Lalu Lintas semoga bermanfaat.

banner smart detox plus

sumber: Robertus Adi Nugroho ST, M.Eng

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini
      www.asiabandarkiu.com

      Situs Tebak Skor No.1 di Indonesia