Macam-Macam Cinta Menurut Hukum Islam

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Sebagai seorang pecinta khususnya orang Islam wajib tahu tentang Macam-Macam Cinta Menurut Hukum Islam. Cinta dalam Islam disebut mahabah. Pengertian cinta adalah suatu perasaan yang positif atau sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Cinta itu anugerah yang harus disyukuri tetapi jangan sampai salah mengartikan cinta itu sendiri.

Macam-Macam Cinta Menurut Hukum Islam

banner smart detox plus

Rasa cinta menurut hukum Islam dibagi menjadi 4 jenis yaitu :

banner smart detox plus

1. Cinta yang hukumnya wajib
Cinta yang hukumnya wajib adalah cinta kepada Allah dan Rasul-Nya. Mencintai apa yang Allah dan Rasul-Nya cintai, dan membenci apa yang Allah dan Rasul-Nya benci. Misalnya mencintai orang yang mentauhidkan Allah, dan membenci orang yang menyekutukan Allah. Mencintai orang yang menjalankan sunnah Nabi, dan membenci orang yang tidak mau melakukan apa yang Nabi contohkan.

2. Cinta yang hukumnya mubah
Cinta yang ini hukumnya boleh, karena hal merupakan tabi’at setiap manusia, yang tidak boleh tidak setiap manusia pasti memilikinya. Misalnya adalah rasa cinta orang tua kepada anaknya, dan sebaliknya.

3. Cinta yang hukumnya haram
Syarat cinta menjadi haram adalah jika rasa cinta itu melebihi rasa cinta kepada Allah dan Rasul-Nya, Allah Ta’ala berfirman dalam qur’an surat At-Taubah ayat 24 yang artinya, “Katakanlah : Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri, kaum keluargamu,harta kekayaan yang kamu usahakan perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-­orang fasik“.

4. Cinta yang hukumnya syirik
Cinta yang hukumnya syirik adalah rasa cinta yang disertai pengagungan dan ketundukan. Dua hal tersebut yang menjadi tolak ukur apakah status cinta yang hukum asalnya mubah atau haram menjadi cinta yang hukumnya syirik. Allah Ta’ala berfirman dalam qur’an surat Al Baqarah ayat 165 yang artinya, “Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan­tandingan selain Allah, mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah“.

Ayat di atas memiliki 2 tafsiran, yaitu :

  1. Rasa cinta orang-orang musyrik kepada berhalanya, sama dengan rasa cinta orang-orang yang beriman kepada
  2. Orang-orang musyrik selain mencintai Allah, mereka juga memberikan rasa cinta kepada selain Allah. Mereka menduakan Allah dalam

Mendapatkan Manisnya Iman dengan Mencintai Allah

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim bersabda, “Ada 3 hal, jika seseorang memilikinya orang tersebut akan merasakan manisnya Iman, yaitu :

  1. Orang tersebut menjadikan Allah dan Rasul-Nya lebih dicintai daripada selain keduanya,
  2. Orang tersebut mencintai seseorong karena cinta kepada Allah,
  3. Dan orang tersebut membenci kembali kepada kekafiran sebagaimana orang tersebut tidak ingin dilemparkan kembali ke neraka

Demikian informasi tentang Macam-Macam Cinta Menurut Hukum Islam semoga bermanfaat.

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini
      jasa seo

      jasa seo

      www.jualpagarbrc.co.id

      Sedia Ribuan Pagar Brc Kwalitas No1 Dapatkan Harga Terbaik dari Kami!