Kesenian Reog Ponorogo yang Mengagumkan

Topik kita kali ini ialah kesenian reog ponorogo yang mengagumkan. Reog merupakan salah satu kesenian yang berasal dari Ponorogo hingga menjadi bagian tidak terpisah dari warga Jawa Timur. Kesenian ini sering dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis yang tidak jarang dihubungkan dengan dunia kekuaan spiritual. Reog Ponorogo sering menjadi bagian dalam pementasan acara pernikahan, khitanan, hari-hari besar nasional, dan juga festival tahunan yang diadakan oleh pemerintah setempat.

Pasukan Synergy
kesenian reog ponorogo

Kesenian Reog Ponorogo yang Mengagumkan

Kegiatan pemerintah Ponorogo yang melibatkan kesenian reog meliputi Festival Reog Mini Nasinonal, Festival Reog Nasional dan juga pertunjukan pada bulan purnama yang bertempat di alun-alun. Tidak hanya itu, kesenian bertopeng besar ini juga digelar dalam Festival Reog Nasional saat akan memasuki bulan Maharam yang sering dalam tradisi Jawa disebut dengan bulan Suro. Kesenian reog dijadikan salah satu dari acara gerebeg suro maupun dalam ulang tahun Ponorogo.

Dalam pagelaran pertunjukan reog biasanya akan diiringi oleh instrumen gamelan seperti ketuk, kempul, ketipung, genggam, kenong, dan instrumen lainnya. Pemain yang akan beratraksi di dalam pertunjukan reog meliputi :

Pasukan Synergy
  • pembarong,
  • dadak merak,
  • warok tua,
  • warok muda,
  • Prabu Kelono Suwandono, dan
  • penari Bujang Ganong.

Semarak dari setiap pertunjukan, mampu menarik perhatian masyarakat setempat, bahkan wisatawan mancanegara, khususnya saat gerebeg Suro.

Sejarah Reog Ponorogo

Terdapat beberapa versi kisah yang menjadi latar belakang reog ponorogo ada. Cerita yang paling banyak berkembang adalah tentang pemberontakan Ki Ageng Kutu Suryonggalan pada masa kerajaan Majapahit Bhre Kerthabumi yang berkuasa sekitar abad ke-15. Dikisahkan bahwa pada masa ini, terdapat pengaruh kuat dari pihak istri raja Majapahit yang berasal dari Tiongkok dengan rajanya yang korupsi. Kondisi ini menjadikan Ki Ageng Kutu geram dan ia pergi meninggalkan raja.

Kepergiannya Ki Ageng Kutu bukan lain untuk membangun kekuatan. Ia mendirikan perguruan untuk mengajar seni bela diri kepada anak-anak muda, ilmu kekebalan diri, dan ilmu kesempurnaan dengan harapan bahwa anak-anak muda ini akan menjadi bibit dari kebangkitan kerajaan Majapahit kembali. Namun, pasukannya yang masih sangat terbatas, membuat Ki Agung Kuru mencari cara lain untuk menyampaikan pesan kepada sang raja.

Ia kemudian membuat sebuah kesenian yang berisi tentang “sindiran” kepada Raja Kertabhumi dan kerajaannya. Pagelaran Reog menjadi cara Ki Ageng Kutu membangun perlawanan masyarakat lokal menggunakan kepopuleran Reog yang kala itu telah dikenal menjadi salah satu alat komunikasi masyarakat. Alat komunikasi yang dimaksudkan adalah untuk menyebar pengaruh.

Versi lain menyebutkan bahwa kesenian reog menceritakan tentang kisah seorang putri yang memiliki paras sangat cantik jelita bernama Dewi Songgolangit. Dewi merupakan salah satu putri kerajaan Kediri yang sangat terkenal. Paras sang putri menjadikan banyak pangeran menaruh hati dan berniat menikahinya.

Tentu terdapat beberapa persyaratan yang menjadikan kisah tersebut sebagai asal usul dari reog Ponorogo. Persyaratan untuk pangeran yang akan melamar Dewi harus mampu menciptakan sebuah kesenian baru.

Pelestarian Kesenian Reog Ponorogo

Sejarah reog oleh masyarakat Ponorogo terus dilestarikan dalam pagelaran seni. Dalam pertunjukannya, Reog Ponorogo dimulai dengan beberapa tarian pembuka yaitu tarian yang pertama dibawakan oleh 6-8 pria berpakaian serba hitam, berkumis dan berwajah merah. Tata rias ini menggambarkan akan keberanian dan kegagahan para pangeran. Penari ini kemudian melakukan gerakan tari reog ponorogo layaknya singa yang pemberani.

Pertunjukan dilanjutkan oleh 6-8 gadis yang menaiki kuda atau biasa disebut Jathilan. Tarian ini menggambarkan kelincahan prajurit berkuda yang sedang berlatih perang. Setelah itu, terdapat tarian dari anak kecil yang bertopeng. Mereka ini akan melakukan berbagai atraksi adegan cenderung lucu untuk mnenghibur penonton.

Adegan inti dari reog ponorogo disesuaikan dengan acara yang diperingati. Jika dalam rangka pernikahan, maka yang ditampilkan adalah kisah percintaan. Seluruh adegan yang dimainkan tidak menggunakan skenario. Semua dapat dilakukan secara tiba-tiba dengan adanya interaksi antara dalang, pemain dan penonton.

Bagian ini menjadi bagian yang dinanti dengan adanya beberapa orang menggunakan topeng besar dengan bentuk seperti kepala harimau dan bulu merak. Para penari akan melakukan atraksi untuk memainkan topeng tersebut dengan sangat lincah dan mengagumkan. Keistimewaan dari pertunjukan ini adalah ukuran topeng yang mencapai 50 kg dengan diangkat hanya menggunakan gigi.

Sekian informasi berkaitan dengan kesenian reog ponorogo yang mengagumkan, kami harap postingan kali ini membantu Anda. Mohon postingan ini dishare biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Wisata Kesenian di Ponorogo Jawa Timur

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan jutaan rupiah per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kecantikan Kesehatan Kota SB1M SB1M Synergy Worldwide Training SB1M
info menakjubkan produk synergy worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide yang Mendunia
Jenjang Penghargaan di Synergy
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide

Penghasilan Online

Jualan Online Situs Klik Survey Online

Promosi Online

e-Mail Marketing Mobile Marketing Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
bisnis souvenir unik
Bisnis Souvenir Unik dari Bahan Alami
Cara Meyakinkan Calon Pembeli
Cara Meyakinkan Calon Pembeli dengan Kata-Kata yang Menarik
Tiga Level Kedekatan Calon Pembeli
Tiga Level Kedekatan Calon Pembeli yang perlu dipahami
Synergy Worldwide
Synergy Worldwide Solusi Kesehatan dan Bisnis
Education dan Jasa
Education dan Jasa
Buku Bisnis Ednovate
Buku Bisnis Karya Hermas Puspito dan Tim
Produk OSB Group
Produk OSB (Omar Smart Brain) Group

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling

Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
cara memproteksi keuangan akibat risiko
Cara Memproteksi Keuangan Akibat Risiko yang Tidak bisa Dihindarkan
membersihkan aneka macam noda
Membersihkan Aneka Macam Noda secara Praktis
alasan tidak mempersiapkan dana masa depan
Alasan Tidak Mempersiapkan Dana Masa Depan
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
wisata menawan di banyuwangi
Wisata Menawan di Banyuwangi untuk Para Pelancong
upaya menjaga usaha batik jetis
Upaya Menjaga Usaha Batik Jetis Sidoarjo
keunggulan wisata pulau merah
Keunggulan Wisata Pulau Merah di Banyuwangi