Kerajinan Sapu Rayung Tetap Dilestarikan Masyarakat Bojong

Sekarang kami akan jelaskan seputar kerajinan sapu rayung tetap dilestarikan masyarakat Bojong. Bojong menjadi bagian dari kelurahan di Kabupaten Magelang yang kawasannya dikenal dengan sentra sapu rayung. Sepanjang jalan ketika melewati wilayah ini, akan terpajang gantungan sapu berwarna-warni pada setiap toko yang ada.

Pasukan Synergy
kerajinan sapu rayung

Tidak saja hanya menjadi pelapak produk kebersihan, Bojong memiliki pengrajin yang tekun dalam membuat sapu rayung hingga melakukan beberapa inovasi demi menjaga kejayaan di tengah gempuran teknologi pesaing hebat mereka.

Pembangan teknologi yang telah memberi kemudahan untuk manusia dalam melakukan aktivitas bersih-bersih, tidak menjadikan sebuah desa penghasil sapu menyerah begitu saja. Bojong dengan gelarnya sebagai sentra sapu rayung, tetap menjaga diri dalam menghasilkan produk unggulaannya.

Kesungguhan mereka dalam menjaga produk yang dihasilkan dengan kualitas yang bukan lagi main-main. Terlihat kesibukan proses pembuatan sapu di setiap rumah-rumah warga dengan kentalnya gotong royong dalam pembuatannya. Gesitnya gerakan dalam mengolah bahan mentah menjadi sapu rayung ini, terbagi dalam beberapa kegiatan yang meliputi pembuatan batang sapu, rayung, dan anyaman sapu.

Kerajinan Sapu Ruyung

Terdapat beberapa proses dalam pembuatan sapu ini. Tahap pertama adalah pemisahan batang rayung yang panjang menjadi tangkai-tangkai rayung lebih pendek. Kemudian dijemur dan rayung yang diikatkan di gagang bambu, kemudian dijahit agar mengembang, hingga tangkai rayung dipotong sesuai dengan ukuran. Dalam memasang rayung dengan gagangnya, memerlukan keterampilan dan ketelitian agar menjadi satu sapu yang utuh.

Sapu rayung merupakan jenis sapu yang memiliki warna kuning kecokelatan dari tangkai pelepah rumput gajah dengan pegangan sapu terbuat dari bambu. Terdapat dua jenis sapu rayung, yakni jenis ceblok / bonggol dan jenis sapu jari. Kenampakan yang ditampilkan oleh sapu ini, memberikan kesan entik dengan keunikannya sehingga sangat menarik untuk dijadikan oleh-oleh bagi para pelancong lokal dan juga mancanegara.

Selain memberikan kelebihan dalam wujudnya, sapu rayung juga memiliki kelebihan dibandingkan jenis bahan baku lainnya, yakni lebih bersih saat digunakan untuk menyapu lantai sebab lebih lembut.

Penelitian Hubungan Perekonomian dengan Kerajinan Sapu Ruyung

Dalam sebuah penelitian dengan judul “Peningkatan Perekonomian Masyarakat Melalui Industri Kerajinan Sapu Rayung Di Dusun Keprekan Desa Bojong Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang” menyampaikan bahwa dampak yang dirasakan oleh masyarakat Dusun Keprekan terhadap berdirinya kerajinan sapu rayung adalah mampu menyerap tenaga kerja yang ingin bekerja di kota.

Adanya kerajinan sapu rayung, masyarakat tidak lagi merasa khawatir terhadap peluang usaha yang akan dilakukan nantinya. Kerajinan sapu rayung memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat sebab kehidupan sosial saat ini jauh lebih maju dari sebelumnya.

Industri sapu rayung Keprekan telah berkembang pesat sejak lama. Di wilayah Bojong, hampir seluruh penduduk menjadi pengrajin sapu Rayung. Bahan baku utama berupa rayung didatangkan dari Kabupaten Banjarnegara, sedang pegangan sapu berjenis bambu Gondani berasal dari Kabupaten Wonosobo.

Dalam upaya menarik pembeli untuk terus menggunakan sapu hasil pengrajin Bojong, mereka terus melakukan perkembangan produk, misalnya mewarnai tangkai rayung dengan beragam warna.

Pasar Kerajinan Sapu Rayung

Produksi yang dapat dihasilkan oleh para pengrajin, tidak hanya untuk keperluan dalam lingkup Magelang saja, tapi juga daerah lainnya. Penjualan sapu rayung dilakukan melalui penjualan ke para pengepul atau para pengrajin besar, dititipkan ke sejumlah toko, agen dari setiap kota, dan juga melayani pemesan. Membicarakan tentang pemasaran tidak akan lepas dari pasar daring yang akan membawa produk rayung layaknya sapu terbang.

Beberapa pengrajin secara mandiri telah melakukan penjualan dengan membuat blog dan sejenisnya dengan di dalamnya menyertakan nama dan kontak yang dapat dihubungi. Produk sapu rayung telah sampai ke seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Papua hingga Sumatra dan juga ke mancanegara seperti Jepang, Korea, China, dan sebagainya.

Harga Kerajinan Sapu Rayung

Meluasnya produk sapu rayung selain produknya yang istimewa dengan keunikan di dalamnya, harga yang ditawarkan sangat beragam dan cukup terjangkau oleh kalangan luas. Harga yang ditawarkan setiap produk yang dihasilkan meliputi, sapu rayung tangan berukuran kecil yang biasa digunakan untuk membersihkan mobil dijual dengan harga Rp 2.500, sapu rayung sedang Rp 5.000, sapu rayung besar antara Rp 8.000 – Rp 10.000.

Penawaran harga ini masih dapat turun ketika membeli dalam jumlah banyak. Pengrajin akan memberikan diskon dalam pembelian minimal satu lusin. Untuk pembelian yang menginginkan melakukan pengiriman produk, maka seluruh biaya pengiriman akan dibebankan ke pembeli dengan sistem pembayaran tunai, baik ketika melakukan kunjungan langsung maupun pemesanan melalui telepon dan sejenisnya.

Demikian informasi mengenai kerajinan sapu rayung tetap dilestarikan masyarakat Bojong, semoga postingan ini berguna untuk teman-teman semua. Tolong post ini dishare agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Pasukan Synergy

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan jutaan rupiah per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Info SB1M Internet Marketing Training SB1M
Belajar Internet Marketing SB1M
Belajar Internet Marketing SB1M bagi Pemula
Sekolah Marketing Online SB1M
Sekolah Marketing Online SB1M untuk Umum
Kursus Internet Bisnis SB1M
Kursus Internet Bisnis SB1M Online Untuk Pemula
Bisnis Investasi Peluang Bisnis
Kenali investasi obligasi
Kenali Investasi Obligasi agar Tidak Salah Pilih
Ketentuan Hukum Bisnis Waralaba
Ketentuan Hukum Bisnis Waralaba di Indonesia
investasi emas dan properti
Investasi Emas dan Properti yang Perlu Kita Tahu
Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat Pengusaha Indonesia
atlit basket hebat di dunia
Atlit Basket Hebat di Dunia
Penemu Hebat dari Jerman
Penemu Hebat dari Jerman yang Perlu Kita Tahu
Tokoh Ilmuwan Hebat India
Tokoh Ilmuwan Hebat India Zaman Dahulu
Synergy Worldwide
Synergy Worldwide Solusi Kesehatan dan Bisnis
Education dan Jasa
Education dan Jasa
Buku Bisnis Ednovate
Buku Bisnis Karya Hermas Puspito dan Tim
Produk OSB Group
Produk OSB (Omar Smart Brain) Group
Fakta Fantastik Paling di Dunia Unik dan Menarik
fakta unik ular
Fakta Unik Ular yang Ada di Dunia
Fakta Unik Ulat Sutera
Fakta Unik Ulat Sutera Hewan yang Paling Rakus
fakta unik ubur-ubur
Fakta Unik Ubur-Ubur Hewan dengan Sengatan Mematikan
Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya Tips Sehat dan Cantik
tiga jenis harta produktif
Tiga Jenis Harta Produktif bagi Kita
kiat hadapi hari senin
Kiat Hadapi Hari Senin agar Siap Beraktivitas
Pentingnya Memahami Rencana Keuangan Pribadi
Pentingnya Memahami Rencana Keuangan Pribadi
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Religi Wisata Seni Budaya
Tempat Hidup Kesenian Ondel-Ondel Betawi
Tempat Hidup Kesenian Ondel-Ondel Betawi
kerajinan sapu rayung
Kerajinan Sapu Rayung Tetap Dilestarikan Masyarakat Bojong
kisah kerak telor jakarta
Kisah Kerak Telor Jakarta yang Hijau hingga Filosofinya