Kedung Pedut Wisata Non Mainstream di Jogja

Kali ini kami akan bahas perihal kedung pedut wisata non mainstream di jogja. Bagi mereka yang ingin mencoba pengalaman wisata non mainstream, maka salah satunya adalah wisata Kedung Pedut. Objek wisata Kedung Pedut terletak di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo,  Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta.

Kedung Pedut Wisata Non Mainstream

Kedung Pedut Wisata Non Mainstream

Objek wisata Kedung Pedut berupa air terjun yang berada di sebuah lembah yang diapit dua kaki bukit. Lokasi air terjun ini masih satu kawasan dengan Kedai Kopi Menoreh Pak Rohmat yakni berada di kawasan perbukitan Menoreh. Air terjun di Kedung Pedut masih alami, ini ditandai dengan warna airnya yang kehijauan.

Segarnya air pegunungan selain bisa dinikmati dengan mandi langsung di bawah guyuran air terjun, bisa juga dengan berenang di beberapa kolam alami yang ada di Kedung Pedut. Orang Jawa menyebut kolam dengan sebutan kedung,  karena itulah objek wisata ini diberi Kedung Pedut oleh penduduk setempat.

Untuk menuju air terjun Kedung Pedut, Anda harus menempuh jarak sekitar 400 meter dengan berjalan kaki. Jalan setapak telah disiapkan oleh pengelola. Dalam perjalanan tersebut Anda akan melewati beberapa kedung lainnya, seperti Kedung lanang, (kedung laki-laki), Kedung Merak dan Kedung Merang.

Terdapat sekitar empat kedung (kolam) yang masing-masing memiliki kedalaman sekitar dada sampai leher orang dewasa. Air kedung tersebut berasal dari aliran sungai dan tujuh mata air yang ada di atas air terjun Kedung Pedut. Untuk mencapai masing-masing kedung, Anda tidak perlu khawatir, pengelola sudah menyediakan jembatan bambu yang aman. Keberadaan jembatan ini semakin menambah eksotis pemandangan di Kedung Pedut.

Keindahan Kedung Pedut Wisata Non Mainstream

Tidak hanya pemandangan alam yang asri dan menyejukkan, keindahan lain dari Kedung  ini adalah warna air yang berada di air terjun tersebut bisa berubah-ubah. Warnanya bening saat pagi hari, hingga dasar sungainya kelihatan. Kalau siang hari, warnanya akan condong kebiruan dan pada sore hari akan cenderung hijau.

Pemandangan Kedung Pedut juga bisa dinikmati dari gardu pandang dari atas bukit. Gardu pandang tersebut memang sengaja dibangun sebagai salah satu fasilitas objek wisata Kedung Pedut.

Air terjun Kedung Pedut pertama kali dibuka untuk umum pada 5 Januari 2015. Keputusan masyarakat setempat akhirnya membuka kawasan tersebut menjadi kawasan wisata karena mendapat masukan dari mahasiswa UGM yang pernah menjalani KKN disana. Sebelumnya tidak ada jalan yang bisa dilalui untuk mendatangi tempat ini.

Sebelumnya jika ada yang ingin mencapai tempat ini harus melalui aluran sungai. Jalur yang ada saat ini benar-benar baru yang dibuat oleh masyarakat. Meskipun baru dibuka untuk umum, jika hari libur Kedung Pedut selalu ramai pengunjung. Hal tersebut tidak lepas dari keberadaan media sosial yang dengan cepat membuat tempat ini menjadi terkenal.

Seiring berjalannya waktu, masyarakat setempat terus berbenah agar objek wisata Kedung Pedut makin nyaman dikunjungi dan dinikmati keindahannya. Untuk itu, sepanjang jalur menuju air terjun pun sudah disediakan beberapa shelter untuk beristirahat berikut beberapa penjual yang menyediakan makanan serta minuman.

Untuk memasuki kawasan wisata ini, pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena hanya dengan membayar uang parkir dan tiket masuk masing-masing sebesar Rp 2 ribu saja, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan air terjun Kedung Pedut.

Pilihan rute ke Kedung Pedut

Objek wisata ini dari pusat kota Yogyakarta bisa ditempuh dengan rute sebagai berikut: dari Tugu Pal Putih Yogya, ambil jalur ke arah barat terus saja hingga perempatan lampu merah Ringroad Barat Demak Ijo.

Lurus melewati jalan Godean hingga jembatan Sungai Progo, perempatan lampu merah Nanggulan, Pasar Kenteng, tanjakkan pegunungan Menoreh hingga pertigaan ambil arah ke kanan arah Goa Kiskendo. Terus lurus melewati Pasar Jonggrangan, Goa Kiskendo, hingga pertigaan ambil arah kiri. Sampai pertigaan Grojogan Mudal ambil kiri sampailah ke Air Terjun Kedung Pedut.

Sekian info tentang kedung pedut wisata non mainstream di Jogja, semoga postingan kali ini bermanfaat buat kalian. Tolong artikel ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Wisata Alam di Kulonprogo Yogyakarta

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan jutaan rupiah per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Info SB1M Internet Marketing Training SB1M
Belajar Internet Marketing SB1M
Belajar Internet Marketing SB1M bagi Pemula
Sekolah Marketing Online SB1M
Sekolah Marketing Online SB1M untuk Umum
Kursus Internet Bisnis SB1M
Kursus Internet Bisnis SB1M Online Untuk Pemula
Bisnis Investasi Peluang Bisnis
Tips Usaha Kecil Anda Agar tidak Bangkrut
Tips Usaha Kecil Anda Agar tidak Bangkrut
Trik Pebisnis Sukses
Trik Pebisnis Sukses Menggunakan Waktu Secara Efisien
Hal-Hal yang Mesti Kita Pahami Sebelum Berinvestasi Saham
Hal-Hal yang Mesti Kita Pahami Sebelum Berinvestasi Saham
Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat Pengusaha Indonesia
atlit basket hebat di dunia
Atlit Basket Hebat di Dunia
Penemu Hebat dari Jerman
Penemu Hebat dari Jerman yang Perlu Kita Tahu
Tokoh Ilmuwan Hebat India
Tokoh Ilmuwan Hebat India Zaman Dahulu
Synergy Worldwide
Synergy Worldwide Solusi Kesehatan dan Bisnis
Education dan Jasa
Education dan Jasa
Buku Bisnis Ednovate
Buku Bisnis Karya Hermas Puspito dan Tim
Produk OSB Group
Produk OSB (Omar Smart Brain) Group
Fakta Fantastik Paling di Dunia Unik dan Menarik
leher jerapah yang mengagumkan
Leher Jerapah yang Mengagumkan dan Unik
Aktivitas Menghirup dan Menghembuskan Napas pada Makhluk Hidup
Aktivitas Menghirup dan Menghembuskan Napas pada Makhluk Hidup
Kura-kura dan Penyu
Kura-Kura dan Penyu Serupa tapi Tidak Sama
Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya Tips Sehat dan Cantik
bahaya minum kopi saat menyusui
Bahaya Minum Kopi Saat Menyusui
Tips Asyik Berkunjung ke Pameran Seni
Tips Asyik Berkunjung ke Pameran Seni
Tips Mengelola Waktu dalam Bekerja
Tips Mengelola Waktu dalam Bekerja
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Religi Wisata Seni Budaya
Bir Pletok Khas Betawi
Bir Pletok Khas Betawi Minuman Penuh Khasiat
Masjid Sulthoni Wotgaleh
Masjid Sulthoni Wotgaleh Berbah Sleman Yogyakarta
Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Bernostalgia di Museum Perumusan Naskah Proklamasi