Jenis Dinosaurus yang Pernah Hidup Menurut Para Peneliti

Pembahasan kita kali ini yaitu Jenis Dinosaurus yang Pernah Hidup Menurut Para Peneliti. Banyak orang percaya bahwa dinosaurus merupakan hewan yang lamban, tetapi pada kenyataannya beberapa dari mereka merupakan dinosaurus yang sangat cepat. Para ilmuwan percaya bahwa orhithomimid, spesies yang menyerupai burung unta, dapat berlari lebih cepat daripada burung unta yang ada sekarang ini.

Jenis Dinosaurus yang Pernah Hidup

Pasukan Synergy

Asal Kata Dinosauarus

Kata “dinosaurus” berasal dari bahasa Latin dan Yunani yang berarti “kadal yang mengerikan”. Semua pengetahuan yang kita tahu tentang dinosaurus berasal dari fosil. Saat hewan prasejarah mati, dagingnya akan membusuk dengan cepat. Lapisan lumpur akan menutupi kerangka tubuhnya secara bertahap, bahkan dapat mengubur fosil tersebut.

Beban pada lapisan lumpur bagian atas menekan lapisan bawah ke batuan di mana mineral akan menggantikan tulang dari kerangka dan menghasilkan bentuk yang sama dari kerangka tersebut. Inilah yang kita sebut sebagai fosil.

Abad Dinosaurus

Dinosaurus hidup antara 215 sampai 65 juta tahun lalu. Selama mereka hidup, mereka mendominasi kehidupan di Bumi. Kemudian, dengan cepat, dinosaurus punah. Sebagian besar penyebab kepunahannya adalah perubahan iklim dunia yang ekstrim.

Tidak ada seorang pun yang mengetahui dengan pasti apa warna dinosaurus. Tampaknya, warna mereka yang beragam dipengaruhi oleh daerah tempat mereka tinggal, sama seperti binatang yang hidup kini.

Telur dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan adalah telur hipselosaurus yang hidup 80 juta tahun lalu. Telur tersebut, yang berukuran 300 x 255 mm (11 x 10 inci), ditemukan di selatan Prancis tahun 1961.

Tidak semua dinosaurus merupakan pemakan daging, banyak dari mereka yang merupakan pemakan tumbuhan. Para ilmuwan dapat mengatakan mana yang merupakan pemakan tumbuhan dan mana yang merupakan pemakan daging dengan memeriksa fosil gigi dan kukunya. Pemakan daging memiliki gigi panjang yang tajam untuk mengoyak daging, sementara pemakan tumbuhan memiliki ukuran gigi yang lebih kecil untuk mengunyah daun dan ranting.

Beberapa dinosaurus pemakan tumbuhan memiliki ukuran yang cukup besar; pemakan daging iguanodon memiliki panjang 9,5 m (31 kaki). Pemakan tumbuhan terbesar adalah diplodocus yang panjangnya mencapai lebih dari 23 m (75 kaki) dari hidung hingga ekornya.

Jenis Dinosaurus yang Pernah Hidup di Bumi

Berikut beberapa jenis dinosaurus yang ditemukan pernah ada dan hidup di bumi ratusan tahun yang lalu :

Brachiosaurus

Satu dari dinosaurus terbesar adalah brachiosaurus yang hidup 140 – 165 juta tahun yang lalu. Dinosaurus ini diperkirakan berukuran panjang 21 m (69 kaki) dan beratnya dapat mencapai 78 ton (170.000 pon). Pemakan tumbuhan ini dapat memakan kira-kira 400 kg (882 pon) makanan sehari!

Compsognathus

Dinosaurus terkecil yang pernah ditemukan adalah compsognathus yang panjangnya hanya 60 cm (kira-kira 2 kaki) dari kepala hingga ekornya.

Tiranosaurus

Hewan pemakan daging terbesar yang pernah ditemukan adalah tiranosaurus yang hidup kira-kira 70 juta tahun lalu. Beratnya mencapai lebih dari 12.000 kg (26.400 pon) dan panjangnya kira-kira 15 m (50 kaki) dari kepala hingga kakinya.

Proterosuchus

Proterosuchus memiliki kesamaan dengan keturunannya yang ada di masa modern ini yaitu buaya. Ukuran dinosaurus ini memiliki panjang kira-kira 1,5 m (4,9 kaki), memiliki rahang yang kuat dan ekor yang panjang. Proterosuchus juga memiliki kaki belakang yang kuat. Hewan ini merupakan cikal bakal hewan yang berkembang memiliki kemampuan untuk berjalan menggunakan kaki belakang.

Dimetrodon

Dimetrodon adalah kadal tenaga surya. Dinosaurus jenis ini memiliki sirip besar pada bagian belakang tubuhnya yang digunakan untuk menyerap panas Matahari, sama seperti panel surya yang ada sekarang ini. Karena tubuhnya lebih hangat daripada kadal jenis lain, dimetrodon menjadi lebih aktif daripada beberapa spesies kadal lainnya. Panjang kadal ini kira-kira 3 m (10 kaki) dan memiliki gigi yang panjang untuk menyerang dan membunuh mangsanya.

Megalosaurus

Megalosaurus pemakan daging merupakan dinosaurus pertama yang diidentifikasi oleh para ilmuwan. Fosilnya ditemukan pada tahun 1677, tetapi pada masa itu tidak ada seorang pun yang mengetahui fosil apakah itu. Selanjutnya, banyak fosil ditemukan pada tahun 1818, tetapi tidak sampai enam tahun kemudian, pada tahun 1824 wujud sebenarnya telah terbentuk sempurna.

Triceratop

Triceratop memiliki tiga buah tanduk, satu tanduk berada di atas masing-masing matanya dan satu tanduk lagi terletak di hidungnya. Walaupun tinggi rata-ratanya mencapai 6 m (20 kaki) dan beratnya adalah dua kali lipat berat gajah dewasa, triceratop hanya memakan tumbuhan.

Stegosaurus

Stegosaurus memiliki otak terkecil dibanding semua otak dinosaurus. Hewan ini panjangnya kira-kira 6 m (20 kaki). Ia juga memiliki pelat tulang besar di sepanjang tubuhnya dan duri berukuran panjang satu meter di bagian ujung ekornya, otaknya hanya seukuran buah kenari.

Sekian info tentang Jenis Dinosaurus yang Pernah Hidup Menurut Para Peneliti, kami harap postingan kali ini membantu Anda. Kami berharap artikel ini dibagikan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Pasukan Synergy

Referensi: Fakta Hewan Fantastik

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan jutaan rupiah per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kecantikan Kesehatan Kota SB1M SB1M Synergy Worldwide Training SB1M
info menakjubkan produk synergy worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide yang Mendunia
Jenjang Penghargaan di Synergy
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide

Penghasilan Online

Jualan Online Situs Klik Survey Online

Promosi Online

e-Mail Marketing Mobile Marketing Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
bisnis souvenir unik
Bisnis Souvenir Unik dari Bahan Alami
Cara Meyakinkan Calon Pembeli
Cara Meyakinkan Calon Pembeli dengan Kata-Kata yang Menarik
Tiga Level Kedekatan Calon Pembeli
Tiga Level Kedekatan Calon Pembeli yang perlu dipahami
Synergy Worldwide
Synergy Worldwide Solusi Kesehatan dan Bisnis
Education dan Jasa
Education dan Jasa
Buku Bisnis Ednovate
Buku Bisnis Karya Hermas Puspito dan Tim
Produk OSB Group
Produk OSB (Omar Smart Brain) Group

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling

Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
cara memproteksi keuangan akibat risiko
Cara Memproteksi Keuangan Akibat Risiko yang Tidak bisa Dihindarkan
membersihkan aneka macam noda
Membersihkan Aneka Macam Noda secara Praktis
alasan tidak mempersiapkan dana masa depan
Alasan Tidak Mempersiapkan Dana Masa Depan
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
wisata menawan di banyuwangi
Wisata Menawan di Banyuwangi untuk Para Pelancong
upaya menjaga usaha batik jetis
Upaya Menjaga Usaha Batik Jetis Sidoarjo
keunggulan wisata pulau merah
Keunggulan Wisata Pulau Merah di Banyuwangi