Investasi Emas dan Properti yang Perlu Kita Tahu

Pada kesempatan ini kami akan ulas tentangĀ investasi emas dan properti yang perlu kita tahu. Dua investasi yang masih banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia yaitu Investasi Emas dan Investasi di Properti. Berikut sedikit penjelasan tentang kedua sarana investasi tersebut :

investasi emas dan properti

Emas

Emas dikatakan sebagai salah satu sarana investasi karena emas pun bisa mendatangkan keuntungan; yang didapat dari perbedaan antara harga jual dengan harga beli, atau semacam capital gain dalam investasi saham. Selain itu investasi dalam emas merupakan investasi yang sangat likuid karena di negara mana pun emas diterima.

Pasukan Synergy

Jarang sekali ada orang yang benar-benar mau berinvestasi dalam bentuk emas. Kebanyakan orang masih melihat emas hanya sebagai tabungan. Artinya kalau ada uang lebih maka mereka membeli emas dengan harapan bila pada suatu saat tidak mempunyai uang maka emas itu bisa dijual kembali.

Tabungan emas ini kebanyakan sudah berupa perhiasan. Mereka belum memikirkan bahwa emas bisa memberikan hasil yang tinggi jika digunakan untuk investasi. Karena itu ketika emas tersebut mereka jual, mereka tidak mendapatkan keuntungan karena hasil penjualan mereka terpotong biaya pembuatan perhiasan.

Investasi emas sangat efektif dan memberikan hasil yang positif (menguntungkan) jika situasi perekonomian mengalami ketidakseimbangan. Beberapa saat lalu ketika krisis ekonomi keuangan sedang berada pada puncaknya, harga emas ikut melambung tinggi seiring dollar.

Dengan demikian benarlah kata pengamat bahwa emas identik dengan dollar. Sebenarnya bukan cuma emas, beberapa komoditi berprospek ekspor juga sama, seperti kopi, lada, timah, dan sebagainya.

Perhitungan Investasi Emas

Perhitungannya juga sederhana, ketika nilai dollar naik terhadap rupiah, harga barang-barang menjadi lebih murah diukur dengan dollar. Akibatnya, karena murah maka produk tersebut mengalami kelebihan permintaan. Permintaan yang banyak ini tentu saja mendorong harganya naik.

Sebagai contoh, misalnya di Indonesia satu kilogram lada seharga Rp 40.000 dengan kurs pertukaran US$ 1 Rp 10.000. Ini berarti harga lada tersebut adalah US$ 4 per kilogram. Tapi seandainya nilai tukar berubah menjadi US$ 1 Rp 20.000 maka lada tersebut berharga US$ 2, yaitu lebih murah dari harga yang pertama.

Dengan kurs yang kedua, lada lebih murah harganya untuk ekspor keluar negeri atau impor bagi Amerika. Permintaan barang tersebut menjadi tinggi. Tingginya permintaan akan mendongkrak harga jual. Ilustrasi ini juga bisa menggambarkan permintaan valuta asing yang terkait dengan naik-turunnya sebuah mata uang.

Investasi Emas dan Properti yang Perlu Kita Tahu

Properti

Jika saat ini Anda memiliki sebidang tanah atau bangunan, entah rumah, ruko, gedung perkantoran yang dihargai dengan harga tertentu, tahanlah beberapa lama dan jangan keburu dijual. Di masa yang akan datang harganya akan melonjak tajam, apalagi bila lokasinya ada di tengah perkotaan. Inilah sebabnya properti menjadi salah satu sarana investasi.

Untuk memahami mengapa properti harganya tiap tahun terus naik sangatlah sederhana. Karena hukum permintaan dan penawaran. Setiap hari selalu ada bayi yang lahir yang jumlahnya lebih banyak dari orang yang meninggal. Selain itu setiap hari ada saja orang yang menikah.

Kejadian-kejadian itu mengakibatkan populasi penduduk semakin padat sedangkan luas bumi tak pernah bertambah. Padahal setiap orang ingin mandiri, berkeluarga, memiliki anak dan memiliki rumah sendiri. Begitu seterusnya. Persediaan yang terbatas sementara permintaannya tak terbatas menyebabkan harga tanah dan bangunan akan melonjak tinggi setiap hari.

Pasukan Synergy
Pertanyaannya adalah apakah properti selalu naik harganya sepanjang tahun?

Jika keadaan normal, dalam arti situasi keamanan dan politik stabil, maka jawabannya ya. Harap diketahui bahwa ada beberapa jenis usaha yang justru booming ketika situasi keamanan dan politik tidak stabil.

Contohnya perusahaan penerbangan. Semakin kacau sebuah negara maka semakin banyak orang yang ingin mengungsi secepatnya. Tak heran ketika terjadi kerusuhan Mei 1998, banyak usaha penerbangan, termasuk tour and travel, panen uang.

Properti tidak selalu menjadi sarana investasi yang menguntungkan jika kestabilan politik dan keamanan tidak terjamin. Selain itu properti memiliki tingkat likuiditas yang rendah. Menjual sebuah rumah bukan hal yang mudah, apalagi yang harganya di atas ratusan juta. Likuiditasnya bisa ditingkatkan asal rumah itu dilepas dengan harga yang lebih murah alias jual rugi.

Demikian info mengenai investasi emas dan properti yang perlu kita tahu, semoga post kali ini mencerahkan kalian. Tolong post ini disebarluaskan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan jutaan rupiah per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Info SB1M Internet Marketing Training SB1M
Belajar Internet Marketing SB1M
Belajar Internet Marketing SB1M bagi Pemula
Sekolah Marketing Online SB1M
Sekolah Marketing Online SB1M untuk Umum
Kursus Internet Bisnis SB1M
Kursus Internet Bisnis SB1M Online Untuk Pemula
Bisnis Investasi Peluang Bisnis
Kenali investasi obligasi
Kenali Investasi Obligasi agar Tidak Salah Pilih
Ketentuan Hukum Bisnis Waralaba
Ketentuan Hukum Bisnis Waralaba di Indonesia
investasi emas dan properti
Investasi Emas dan Properti yang Perlu Kita Tahu
Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat Pengusaha Indonesia
atlit basket hebat di dunia
Atlit Basket Hebat di Dunia
Penemu Hebat dari Jerman
Penemu Hebat dari Jerman yang Perlu Kita Tahu
Tokoh Ilmuwan Hebat India
Tokoh Ilmuwan Hebat India Zaman Dahulu
Synergy Worldwide
Synergy Worldwide Solusi Kesehatan dan Bisnis
Education dan Jasa
Education dan Jasa
Buku Bisnis Ednovate
Buku Bisnis Karya Hermas Puspito dan Tim
Produk OSB Group
Produk OSB (Omar Smart Brain) Group
Fakta Fantastik Paling di Dunia Unik dan Menarik
fakta unik ular
Fakta Unik Ular yang Ada di Dunia
Fakta Unik Ulat Sutera
Fakta Unik Ulat Sutera Hewan yang Paling Rakus
fakta unik ubur-ubur
Fakta Unik Ubur-Ubur Hewan dengan Sengatan Mematikan
Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya Tips Sehat dan Cantik
tiga jenis harta produktif
Tiga Jenis Harta Produktif bagi Kita
kiat hadapi hari senin
Kiat Hadapi Hari Senin agar Siap Beraktivitas
Pentingnya Memahami Rencana Keuangan Pribadi
Pentingnya Memahami Rencana Keuangan Pribadi
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Religi Wisata Seni Budaya
Tempat Hidup Kesenian Ondel-Ondel Betawi
Tempat Hidup Kesenian Ondel-Ondel Betawi
kerajinan sapu rayung
Kerajinan Sapu Rayung Tetap Dilestarikan Masyarakat Bojong
kisah kerak telor jakarta
Kisah Kerak Telor Jakarta yang Hijau hingga Filosofinya