Inti Bumi Terdiri dari Beberapa Lapisan yang Memiliki Kandungan Berbeda

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Inti Bumi Terdiri dari Beberapa Lapisan yang Memiliki Kandungan Berbeda – Bumi kita hidup dan sebagian nyawa bumi terdapat pada intinya. Ini kenapa bumi kita selalu bergerak (gempa), mengeluarkan lava di gunung berapi, memunculkan pulau ke permukaan dan sebagainya. Bumi kita memiliki inti yang setiap hari di dalamnya terdapat berbagai reaksi-reaksi besar seperti ledakan bom atom. Planet bumi terdiri dari serangkaian lapisan yang berbeda dan masing-masing lapisan memiliki struktur dan material yang unik. Lapisan atas dikenal sebagai kerak, merupakan lapisan tipis dari bumi dengan ketebalan 30 km, kita hidup di lapisan paling atas di kerak ini.

Inti Bumi Terdiri dari Beberapa Lapisan yang Memiliki Kandungan Berbeda

banner smart detox plus

Di bawah kerak, ada empat lapisan yang berbeda terdiri dari : mantel atas, mantel bawah dan inti luar dan inti dalam. Inti bumi berukuran sekitar 19 persen dari total Volume bumi. Suhu inti diperkirakan antara 4.000 – 8.000 derajat Celcius.

Kandungan inti bumi yaitu terdiri dari besi dan nikel. Inti bumi terdiri dari dua bagian yaitu Inti bumi luar (outer core) dan inti bumi dalam (inner core). Inti bumi luar memiliki tebal sekitar 2 ribu km dan terdiri atas besi cair yang bersuhu mencapai 2.200 – 3.800 derajat celcius. Inti bumi dalam yang merupakan pusat bumi berbentuk bola dengan diameter sekitar 2,7 ribu km. Di inti bumi dalam inilah terdapat atau terdiri dari nikel dan besi. suhu di inti bumi dalam mencapai sekitar 4.500 – 6.000 derajat celsius.

Bumi kita bisa berotasi atau berputar dan mengitari matahari, dikarenakan oleh inti bumi yang berperan seperti sumber mesin utama. Pada tahun 1997 percobaan pernah dilakukan dan menunjukkan bahwa inti bumi berputar pada kecepatan yang sedikit lebih cepat dari bumi itu sendiri, hal ini seperti sebuah planet yang berputar di dalam sebuah planet. Material terbanyak yang terdapat di inti bumi diperkirakan hanyalah logam dan besi cair panas. Sampai saat ini belum ada penelitian mendalam mengenai apa yang terdapat pada inti bumi, hal ini dikarenakan ruang lingkup yang sulit untuk di jelajahi.

Sebaliknya kita lebih banyak mengeksplorasi ruang angkasa. Inti bumi itu aktif, akan tetapi sumber yang membuat aktif inti bumi masih belum sepenuhnya dipelajari. Bumi kita lahir sekitar 4,5 Milyar tahun yang lalu. Jangan meremehkan bilangan 4,5 Milyar dan jangan pernah berhitung 1 sampai 4,5 Milyar, walaupun kita cekatan menghitung 2 – 4 angka dalam satu detik. Perhitungan kita seluruhnya akan memakan waktu sekitar 300 ratus tahun.

banner smart detox plus

Anda pernah mendengar topik mengenai inti Matahari yang bisa mati, begitu juga sama dengan bumi. Manusia yang mencemarkan lingkungan berdampak negatif pada kondisi bumi, terutama penebangan liar pada hutan. Penebangan liar dipercaya dapat meningkatkan Global Warming (pemanasan global) pada bumi. Akibat pemanasan global inilah yang membuat kandungan yang dimiliki inti bumi menjadi rusak.

Agar bumi tidak mati kita sebagai penghuni harus memenuhi segala kebutuhannya, khususnya kebutuhan inti bumi. Apa saja kebutuhan dari inti ini? Yang dibutuhkan bumi ini sebenarnya hanya menyuruh agar manusia dan penghuni bumi mau memelihara ekosistem dan tidak merusaknya.

Demikian info tentang Inti Bumi Terdiri dari Beberapa Lapisan yang Memiliki Kandungan Berbeda semoga bermanfaat.

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini
      jasa seo

      Jasa SEO Otomatis mulai10rb/keyword Buat Situs anda ditemukan di top-10