Inilah yang Terjadi Bila Anak menjadi Anak Bawang

Topik kita sekarang adalah inilah yang terjadi bila anak menjadi anak bawang. Menjadi “anak bawang”? Setiap orang pasti tidak mau bila dirinya menjadi “anak bawang”. Lalu apa sebenarnya makna “anak bawang”? Istilah “anak bawang” adalah suatu peran yang diberikan kepada orang lain, tetapi peran tersebut bukanlah peran utama. Anak bawang seringkali diartikan orang yang dinomorduakan atau disepelekan kemampuannya.

Pasukan Synergy
inilah yang terjadi bila anak menjadi anak bawang

Lalu apa yang terjadi bila seorang anak sering diperlakukan sebagai “anak bawang” oleh orang-orang terdekatnya? Apalagi oleh orang tuanya? Ayah bunda, inilah yang terjadi bila anak sering diperlakukan sebagai “anak bawang” :

Tidak Percaya Diri

Seorang anak yang kerap dijadikan “anak bawang” oleh teman-temannya atau keluarganya, biasanya akan tampak percaya diri. Karena anak seperti ini tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk berperan aktif dalam setiap kegiatan atau aktivitas, baik di keluarga ataupun di lingkungan teman-temannya.

Anak yang kurang mendapatkan peran dalam aktivitasnya cenderung untuk menutup diri dari pergaulan, karena merasa dirinya tidak dapat melakukan seperti yang dilakukan oleh orang lain. Dan pada akhirnya akan tergantung pada orang lain.

Pasukan Synergy
Potensi Tidak Tergali

Setiap manusia mempunyai potensi dalam dirinya. Potensi ini akan terlihat pada aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh individu. Tetapi tidak semua orang dapat menggali potensinya. Anak yang kerap dijadikan “anak bawang” oleh lingkungannya dapat mengakibatkan potensinya “tidak tergali”. Maksudnya adalah potensi yang dimiliki anak akan terpendam dalam dirinya.

Sungguh sangat disayangkan. Padahal potensi yang dimiliki adalah potensi yang luar biasa. Hal ini dikarenakan anak kurang mendapatkan peran dalam lingkungannya. Sehingga potensi yang dimilikinya tidak tergali dengan maksimal.

Malu Berinteraksi

Berinteraksi dengan lingkungan merupakan salah satu kebutuhan manusia. Tetapi hal ini tidaklah mudah bagi anak-anak yang mendapat perlakuan “anak bawang” dalam lingkungannya. Rasa malu untuk berinteraksi dengan lingkungannya cukup besar.

Hal ini dikarenakan dirinya merasa tidak percaya diri dan tidak memiliki kemampuan seperti yang dimiliki oleh orang lain. Hal ini dapat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak hingga dewasa, akan menjadi anak yang sulit bergaul dengan lingkungan dan cenderung menutup diri dari lingkungan di sekitarnya.

Inilah yang Terjadi Bila Anak menjadi Anak Bawang

Ayah bunda, ajaklah buah hati dalam kegiatan di lingkungan keluarga, berikanlah tanggung jawab dan peran anak dalam keluarga. Sehingga anak merasa bahwa dirinya mempunyai arti dan tanggung jawab, rasa percaya diri akan muncul, dan berpikir bahwa “saya bisa diandalkan” oleh ayah bunda.

Bila dari keluarga anak sudah mendapatkan peran dan tanggung jawab, maka ketika anak akan mudah berinteraksi dengan teman-temannya. Hal ini dikarenakan rasa percaya diri sudah dibentuk dalam keluarga melalui peran yang diberikan dari ayah bunda.

Kemampuan yang dimiliki oleh seorang anak akan tergali secara maksimal bila anak mendapatkan peran yang sesuai dengan tahapan usianya. Oleh karena itu, ayah bunda janganlah menjadikan buah hati sebagai “anak bawang” dalam kegiatan di rumah. Berikanlah peran dan tanggung jawab. Walapun menurut orang tua merupakan hal kecil, tetapi bagi anak merupakan hal besar dan dapat menjadi kebanggaan bagi dirinya.

Seperti anak diberikan tanggung jawab untuk merapikan kamar tidurnya, sehingga anak akan berusaha menjaga kebersihan dan kenyamanan kamar tidurnya, karena merasa ayah bunda sudah memberikan peran dan tanggung jawab kepadanya. Dengan demikan istilah “anak bawang” akan hilang dan tanggung dalam dirinya. Yang muncul adalah anak yang mempunyai peran dan tanggung jawab.

Sekian info tentang inilah yang terjadi bila anak menjadi anak bawang, semoga artikel kali ini bermanfaat buat kalian. Mohon post ini dibagikan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan jutaan rupiah per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kecantikan Kesehatan Kota SB1M SB1M Synergy Worldwide Training SB1M
info menakjubkan produk synergy worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide yang Mendunia
Jenjang Penghargaan di Synergy
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide
Jualan Online Penghasilan Online Promosi Online Rekening Online SEO dan SEM Situs Klik Sosmed Marketing Website
situs survey online
Situs Survey Online sebagai Sumber Penghasilan Tambahan
Perbedaan Bisnis Skema Piramida
Perbedaan Bisnis Skema Piramida dengan Direct Selling
Mengenal Bisnis Skema Piramida
Mengenal Bisnis Skema Piramida (Pyramid Schemes)
Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat Pengusaha Indonesia
atlit basket hebat di dunia
Atlit Basket Hebat di Dunia
Penemu Hebat dari Jerman
Penemu Hebat dari Jerman yang Perlu Kita Tahu
Tokoh Ilmuwan Hebat India
Tokoh Ilmuwan Hebat India Zaman Dahulu
Synergy Worldwide
Synergy Worldwide Solusi Kesehatan dan Bisnis
Education dan Jasa
Education dan Jasa
Buku Bisnis Ednovate
Buku Bisnis Karya Hermas Puspito dan Tim
Produk OSB Group
Produk OSB (Omar Smart Brain) Group
Fakta Fantastik Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan Paling di Dunia
Taj Mahal di India
Taj Mahal di India Simbol Cinta Abadi
fakta unik dari ikan
Fakta Unik dari Ikan atau Pisces yang Ada di Dunia
Coelacanth Spesies Ikan Purba
Coelacanth Spesies Ikan Purba yang Masih Hidup
Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
hati-hati dengan hutang
Hati-hati dengan Hutang yang Kita Lakukan
Cara dalam Mengeluarkan Uang
Cara dalam Mengeluarkan Uang yang Baik dan Benar
tips belanja di pasar tradisional
Tips Belanja di Pasar Tradisional Supaya Millenial Tidak Canggung
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
Desa Sawarna Wisata Andalan
Desa Sawarna Wisata Andalan di Banten
permainan peperangan bersenjata pletokan
Permainan Peperangan Bersenjata Pletokan dan Pelajarannya
Pasar Seni Ancol Jakarta
Pasar Seni Ancol Jakarta Wisata Murah dan Berfaedah