Harta Karun Kuliner Jakarta yang Mulai Terlupakan

Di artikel ini kami akan ulas berkaitan denganĀ harta karun kuliner Jakarta yang mulai terlupakan. Dalam sajian khas daerah biasanya mengandung banyak peristiwa menarik dari masa lampau. Keharmonisan sosial, ekologi hingga perubahan dalam masyarakat, menjadi bagian akan keberadaan olahan dari berbagai paduan kearifan lokal. Seperti adanya sayur babanci dalam suku Betawi.

Harta Karun Kuliner Jakarta yang Mulai Terlupaka

Sayur ini merupakan salah satu sajian khas atau harta karun kuliner Jakarta yang kini mulai langka. Makanan ini dahulunya menjadi primadona selain soto Betawi dan kerak telor. Menilik dari sejarahnya, sayur babanci merupakan makanan yang biasa dikonsumsi saat berbuka puasa atau menjadi hidangan dalam perayaan hari besar, seperti pernikahan, Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, hingga acara syukuran.

Harta Karun Kuliner Jakarta : Sayur Babanci

Penamaan babanci memiliki beberapa versi, pertama dari asal kata Babah-Enci yang disinyalir dulunya diolah oleh warga Betawi dan peranakan Tionghoa. Terdapat pula yang menyampaikan bahwa nama tersebut bertumpu pada kata panggilan khas Betawi yaitu Babeh-Encing.

Latar belakang nama yang paling populer adalah dari identitasnya yang tidak jelas sebab sayur bukan, gulai juga tidak, dengan rasa dan isi yang tanggung. Sajian ini dapat dikatakan sebagai perpaduan dari masakan gulai, kari, dan soto. Ketidakjelasannya ini menjadikan orang menyebutnya dengan babanci atau wari yang memiliki arti tidak jelas.

Kandungan dalam Sayur Babanci

Hidangan dalam semangkuk sayur babanci adalah harta karun rempah dari Indonesia. Hampir semua bumbu masuk ke dalam olahan babanci yang ini menjadi kelebihan sekaligus kekurangannya. Dalam pembuatan sayur ini, diperlukan setidaknya 21 jenis bumbu dan rempah seperti, jahe, serai, kapulaga, bunga bintang, cabe merah besar, asam jawa, kemiri, lengkuas, terasi, serundeng, petai, kelapa muda, dan lainnya.

Saat menyantap masakan ini, berbagai macam sensasi rasa dari berbagai kultur bangsa terasa nikmat dalam setiap suapan. Gulai santan dari pengaruh Melayu, bumbu adas yang menjadi budaya masakan Arab, serta cara merebus daging hingga penyajiannya serupa dengan teknik memasak ala Tionghoa.

Rasa sayur babanci ini gurih, sedikit pedas, segar sebab terdapat cita rasa asam jawa, dan harum dengan adanya petai serundeng serta terasi. Dalam sayur babanci, disertakan daging sapi dan disantap menggunakan potongan ketupat sehingga sering juga disebut ketupat babanci.

Kesulitan dalam Mencari Bahan Sayur Babanci

Menu khas Betawi ini mengalami masa kejayaan di era 1960-an. Namun, seiring banyaknya pembangunan di berbagai wilayah Jakarta, menjadikan beberapa bumbu dari resep leluhur tersebut sulit didapatkan, salah satunya adalah kedaung. Kedaung merupakan rempah dengan berwujud biji dengan kulit berwarna hitam dan isinya hijau.

Dalam cita rasa unik sayur babancian, terdapat pula rempah botor dan tai angin. Botor adalah kacang-kacangan yang berasal dari kecipir, dikenal sebagai kacang botol / kacang belingbing (Sumatra), jaat (Jawa Barat), kelongkang (Bali), dan biraro (Ternate). Sedangakan tai angin merupakan benalu berbentuk sulur dan berwarna kuning.

Lokasi Kulineran Sayur Babanci

Saat ini, hanya sebagian kecil di daerah pinggiran Jakarta saja yang masih mengolah sayur babanci dari daerah Cempaka Putih ini. Kebiasaan orang menyajikan sayur babanci saat hari raya juga turut membuatnya semakin ditinggalkan. Sehingga, tidak semua masyarakat Betawi memiliki keahlian dalam mengolah Sayur Babanci yang menuntut kesempurnaan rasa dan pengolahan.

Sayur Babanci merupakan salah satu pusaka kuliner Indonesia yang harus dilestarikan keberadaannya sebab keunikan berupa bahannya yang menggunakan daging buah kelapa. Bagi mereka yang ingin mencoba makanan kuliner asli Betawi ini, dapat melakukan pemesanan kepada para pemilik warung di beberapa tempat yang dapat mengolahnya.

Selain itu, dapat pula mengunjungi sebuah restoran di kawasan Kota Tua, Jakarta barat. Di restoran tersebut, semangkuk sayur babanci dipatok harga sebesar Rp 47 ribu yang sangat sebanding dengan rasa dan segala bentuk rupa bahan dan bumbunya.

Demikian info seputarĀ harta karun kuliner Jakarta yang mulai terlupakan, kami harap artikel kali ini membantu kalian. Tolong postingan ini dishare agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Wisata Kuliner di Jakarta Indonesia

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan jutaan rupiah per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Info SB1M Internet Marketing Training SB1M
Belajar Internet Marketing SB1M
Belajar Internet Marketing SB1M bagi Pemula
Sekolah Marketing Online SB1M
Sekolah Marketing Online SB1M untuk Umum
Kursus Internet Bisnis SB1M
Kursus Internet Bisnis SB1M Online Untuk Pemula
Bisnis Investasi Peluang Bisnis
Sarana Investasi Perbankan
Sarana Investasi Perbankan dalam Bentuk Deposito dan Reksadana
kiat memisahkan urusan bisnis
Kiat Memisahkan Urusan Bisnis dan Keluarga
No Preview
Perbedaan Suku Bunga jadi Alasan Pemilihan Produk Investasi
Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat Pengusaha Indonesia
atlit basket hebat di dunia
Atlit Basket Hebat di Dunia
Penemu Hebat dari Jerman
Penemu Hebat dari Jerman yang Perlu Kita Tahu
Tokoh Ilmuwan Hebat India
Tokoh Ilmuwan Hebat India Zaman Dahulu
Synergy Worldwide
Synergy Worldwide Solusi Kesehatan dan Bisnis
Education dan Jasa
Education dan Jasa
Buku Bisnis Ednovate
Buku Bisnis Karya Hermas Puspito dan Tim
Produk OSB Group
Produk OSB (Omar Smart Brain) Group
Fakta Fantastik Paling di Dunia Unik dan Menarik
No Preview
Sapi Hewan yang Selalu Mengunyah Makanannya
fakta penguin
Fakta Penguin Empat Bulan Tanpa Makan
Fakta Unik Mata Kucing
Fakta Unik Mata Kucing yang dapat Bersinar
Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya Tips Sehat dan Cantik
Jangan Gugup Saat Nego Gaji
Jangan Gugup Saat Nego Gaji
Miliki Harta Produktif Sebanyak Mungkin
Miliki Harta Produktif Sebanyak Mungkin bila Ingin Bebas Finansial
Fungsi Garam untuk Makanan
Fungsi Garam untuk Makanan selain Sebagai Perasa
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Religi Wisata Seni Budaya
Jejak Diplomasi Sarekat Islam
Jejak Diplomasi Sarekat Islam di Semarang
Museum Kesenian Layang-Layang Jakarta
Museum Kesenian Layang-Layang Jakarta yang Artistik
Harta Karun Kuliner Jakarta yang Mulai Terlupaka
Harta Karun Kuliner Jakarta yang Mulai Terlupakan