Gerabah Desa Bumi Jaya Tetap Bertahan Sampai Sekarang

Pembahasan kita kali ini ialah Gerabah Desa Bumi Jaya Tetap Bertahan Sampai Sekarang. Desa Bumi Jaya telah lama dikenal sebagai daerah gerabah. Sebab karya seni dari pengrajin di daerah ini telah menyebar hingga seluruh pelosok nusantara, bahkan di negara Eropa.

Gerabah Desa Bumi Jaya

Gerabah Desa Bumi Jaya

Meski dengan peralatan yang sederhana, produk yang dihasilkan sangat mengagumkan dengan berbagai motif dan bentuk sebagai langkah untuk menarik konsemen. Tidak sedikit hotel berbintang lima di wilayah Jakarta, Bali dan lainnya memesan gerabah dari desa terpencil ini.

Pengrajin gerabah di Desa Bumi Jaya, Ciruas, Serang, Banten yang berjarak 15 kilometer arah timur dari Kota Serang ini, secara turun-temurun menjadi pembuat gerabah yang handal. Kampung ini menyimpan aset berharga dengan tangan-tangan terampil yang terus menghasilkan karya membanggakan untuk daerahnya. Karya tersebut merupakan hasil dari pengolahan tanah yang kemudian dijadikan keramik, gentong, perlengkapan dapur, dan lainnya yang merupakan bagian dari produk unggulan khas dari Provinsi Banten.

Jenis Kerajinan Gerabah

Para pengrajin di Desa Bumi dapat menghasilkan ratusan gerabah dalam ukuran yang kecil dan puluhan ukuran besar dalam setiap bulannya, membuat gerabah ini menjadi produk seni yang melegenda. Produksi keramik yang dihasilkan di desa Bumi Jaya bermacam-macam jenisnya, antara lain;

  • kendi,
  • gentong,
  • celengan,
  • padasan (tempayan untuk air sembahyang),
  • pot bunga,
  • pot raksasa
  • dan lain sebagainya.

Gerabah Bumi Jaya merupakan salah satu ikon kerajinan tangan dari kawasan Banten. Para pengerajin gerabah yang turun-temurun membuat menjadi salah satu faktor kualitas gerabah Bumi terjaga. Keunikan lain gerabah Bumi Jaya yaitu tetap mempertahankan nuansa klasik meski jenis-jenis yang dibuat juga menyesuaikan dengan kebutuhan.

Produk tersebut mengalami perkembangan terus menerus sebagai upaya dalam mempertahankan produknya di pasaran. Hal tersebut dapat dilihat dari perubahan seperti bentuk, keberagaman produk yang dihasilkan, ukiran untuk menambah nilai estetika, dan lain sebagainya.

Cara Pembuatan Gerabah Desa Bumi Jaya

Pembuatan gerabah dimulai memilih tanah yang benar-benar bagus. Kemudian tanah tersebut disiram air dan diamkan selama satu hari satu malam, dengan maksud agar mendapat tekstur yang lunak sehingga memudahkan dalam proses pengolahannya. Selanjutnya, keesokan harinya tanah dicangkul untuk menghilangkan batu yang masih ada.

Setelah melewati beberapa proses, kemudian dibentuk menggunakan alat tradisional dengan proses pengerjaannya dilakukan dengan tangan. Selanjutnya, gerabah yang telah jadi dijemur hingga kering, lalu dibakar.

Hasil gerabah ini kemudian dipasarkan ke berbagai wilayah dari sekitar Banten, Jawa Barat, Jakarta, Yogyakarta hingga ke Bali dengan harga yang bervariasi mulai ribuan hingga menumbus satu setengah juta rupiah. Membuat gerabag di Desa Bumi Jaya merupakan bagian akan warisan budaya Indonesia yang menjadi pendukung akan penopang perekonomian warga. Berbekal keahlian dan keuletan tangan warga setempat, gerabah dapat dikenal hingga luar kota maupun mancanegara.

Selain menjadi pengrajin gerabah, masyarakat di Desa Bumi Jaya juga mengandalkan sektor pertanian untuk memenuhi kebutuhan harian. Sawah yang terhampar luas, menjadikan tempat ini sangat potensial sebagai wilayah agraris dan juga tempat industri gerabah, sebab dari sawah selain menghasilkan panen dari tanaman yang dibudidayakan, juga dapat diambil tanah liat dan pasirnya.

Masa Kejayaan Gerabah Desa Bumi Jaya

Kampung gerabah di Desa ini pernah mengalami masa kejayaan sekitar tahun 1990. Pada saat itu, warga terbiasa pergi ke pulau dewata setiap bulannya untuk mengantar pesanan gerabah langsung ke wisatawan mancanegara. Selain itu, juga didukung dengan nilai tukar rupiah dengan dolar masih tinggi. Perubahan memang selalu membawa dampak positif dan juga tidak jauh dari negatif. Saat nilai tukar rupiah menurun, bisnis gerabah ratusan perajin gerabah di Bumi Jaya mengalami kelesuan.

Pasukan Synergy

Kondisi tersebut tidak membuat para pengrajin berpindah profesi, ratusan tangan-tangan terampil terus saja berkarya, memenuhi pesanan juragan gerabah di pulau dewata. Dalam upaya mendukung keberadaan pengrajin, di tahun 2015 Wakil Bupati Serang mewajibkan dinas dan kecamatan di Pemkab Serang menyimpan ornamen gerabah buatan perajin warga Desa Bumi Jaya, Kecamatan Ciruas di depan kantor.

Pasukan Synergy

Upaya ini dilakukan sebab sebelumnya, dari Bumi Jaya hanya mengirimkan bahan mentah berupa tanah liat untuk dibuat di daerah lain.

Sekian informasi perihal Gerabah Desa Bumi Jaya Tetap Bertahan Sampai Sekarang, semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Kami berharap postingan ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Wisata Kerajinan di Banten

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan jutaan rupiah per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kecantikan Kesehatan Kota SB1M SB1M Synergy Worldwide Training SB1M
info menakjubkan produk synergy worldwide
Info Menakjubkan Produk Synergy Worldwide yang Mendunia
Jenjang Penghargaan di Synergy
Jenjang Penghargaan di Synergy Worldwide
Jenis Penghasilan di Synergy
Jenis Penghasilan di Synergy Worldwide

Penghasilan Online

Jualan Online Situs Klik Survey Online

Promosi Online

e-Mail Marketing Mobile Marketing Presentasi Online SEO dan SEM Sosmed Marketing

Tools dan Software

Theme Tools Sosmed Tools Website
Peluang Bisnis Seputar Bisnis Tips Bisnis Tokoh Pebisnis Indonesia
bisnis souvenir unik
Bisnis Souvenir Unik dari Bahan Alami
Cara Meyakinkan Calon Pembeli
Cara Meyakinkan Calon Pembeli dengan Kata-Kata yang Menarik
Tiga Level Kedekatan Calon Pembeli
Tiga Level Kedekatan Calon Pembeli yang perlu dipahami
Synergy Worldwide
Synergy Worldwide Solusi Kesehatan dan Bisnis
Education dan Jasa
Education dan Jasa
Buku Bisnis Ednovate
Buku Bisnis Karya Hermas Puspito dan Tim
Produk OSB Group
Produk OSB (Omar Smart Brain) Group

Fakta Fantastik

Alam Fantastis Fantastis Lainnya Hewan Fantastis Legenda Fantastis

Fakta Unik

Fakta Hewan Fakta Makanan Fakta Manusia Fakta Negara Fakta Tumbuhan

Paling di Dunia

Alam Paling Bangunan Paling Hewan Paling Seni Budaya Paling Tumbuhan Paling

Tokoh

Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat
Hewan Peliharaan Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya
cara memproteksi keuangan akibat risiko
Cara Memproteksi Keuangan Akibat Risiko yang Tidak bisa Dihindarkan
membersihkan aneka macam noda
Membersihkan Aneka Macam Noda secara Praktis
alasan tidak mempersiapkan dana masa depan
Alasan Tidak Mempersiapkan Dana Masa Depan
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Minat Khusus Wisata Religi Wisata Sejarah Wisata Seni Budaya
upaya menjaga usaha batik jetis
Upaya Menjaga Usaha Batik Jetis Sidoarjo
keunggulan wisata pulau merah
Keunggulan Wisata Pulau Merah di Banyuwangi
Berlibur ke Museum Angkut Malang
Berlibur ke Museum Angkut Malang Menjelajah Dunia Versi Mini