Cara Meningkatkan Profit Tanpa Menaikkan Penjualan

Cara Meningkatkan Profit Tanpa Menaikkan Penjualan merupakan impian banyak pebisnis baik pemula maupun yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis. Memang secara teori untuk meningkatkan profit maka penjualan juga harus ditingkatkan. Ini merupakan suatu hukum dimana semakin tinggi penjualan maka semakin tinggi pula profitnya.

Cara Meningkatkan Profit tanpa Menaikkan Penjualan

Tetapi ada beberapa kasus yang tidak sesuai dengan teori di atas. Misalnya ada sebuah perusahaan distribusi di china menciptakan inovasi robot untuk melakukan sortir 200 ribu barang setiap harinya sehingga bisa menekan biaya human dan error dengan sangat signifikan yang pada akhirnya keuntungan perusahaan meningkatkan karena cost menjadi lebih rendah dan kecepatakan delivery menjadi lebih baik.

Ada lagi di sebuah cafe yang sangat inspiratif, bagaimana 1 lantai dilayani oleh hanya 1 orang dengan jumlah kursi hampir 80 kursi tanpa mengurangi kualitas dan kecepatan layanan di tempat tersebut. Ini jadi sebuah insight penting untuk kita di mana dengan sistem ini cafe tersebut tentu menghemat biaya karyawan dalam jumlah cukup signifikan. Ini merupakan bagian dari strategi yang ujungnya Profit Naik tanpa harus Meningkatkan Penjualan.

Berikut beberapa hal yang bisa diimplemtasikan sehingga profit bisa naik tanpa harus penjualan meningkat terus

1. Tekan Operasional Cost

Caranya bisa macam-macam, coba pelajari struktur biaya operasional selama ini dari situ bahas detail biaya mana saja yang bisa ditekan tanpa mengurangi kualitas yang didapat oleh konsumen tentunya.

Misal

  • Struktur cost karyawan diturunkan dengan cara mengganti sistem customer order (CO) yang biasanya di catat sekarang konsumen tulis sendiri, bayar sendiri kemudian baru makanan di antar, sistem ini cukup efektif menekan jumlah karyawan.
  • Biaya listrik yang tinggi diturunkan, contoh punya 2 lantai maka lantai 2 ditutup dulu sampai lantai 1 penuh dan dibuat SOP kalau AC hanya bisa dihidupkan jika sudah ada konsumen.

Tapi perlu diingat, semua hal yang dilakukan betul-betul harus dikaji, jangan hanya fokus di profit saja tetapi juga pastikan kualitas layanan tetap sama dan bahkan meningkat.

2. Working on COGS

COGS atau HPP, merupakan point yang punya impact langsung terhadap profit perusahaan, jadi sebagai pengusaha harus selalu memantau dan melakukan inovasi-inovasi terkait produk sehingga COGS bisa ditekan tanpa harus menurunkan kualitas produk.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menekan COGS misalnya dengan melakukan riset ulang terhadap bahan baku produk yang digunakan atau perbaikan teknik dalam pengelolaan bahan bakunya agar lebih efisien. Atau cara lain misalnya dengan menegosiasi harga bahan baku ke supplier atau berkerjasama dengan perusahaan lain untuk volume pembelian agar dapat harga lebih murah karena belinya banyak.

Pointnnya adalah bagaimana caranya HPP lebih murah sehingga margin profit akan lebih baik tentunya dan hal ini dilakukan berkala karena kecenderungan harga bahan baku bisa naik secara berkala bahkan kadang bahan baku segar seperti cabai naiknya bikin jantung copot.

3. Naikin Harga

Banyak pengusaha yang demi menaikan profit perusahaan maka harga dinaikan. Jika Anda berbinis di market yang sangat price senstitive kebijakan ini biasanya sangat riskan untuk dilakukan karena impactnya bisa sebaliknya, harga naik maka sales makin turun dan profit turun.

Jika ingin menaikan harga dengan segalan keharusannya karena tidak mungkin lagi dipertahankan maka lakukanlah dengan strategi bertahap atau smart dalam pemilihan produk yang bisa dinaikan atau bisa jika komposisi kenaikan secara persentase di spreading ke beberapa produk dengan margin tinggi tapi kenaikan sepertinya tidak terlalu terasa karena dibuat rata dan kecil-kecil.

4. Another Revenue

Ini merupakan cara yang cukup bagus untuk ditempuh, tapi perlu dikaji terlebih dahulu apakah strategi pada modal atau rendah modal, high risk or low risk. Misal buka cabang baru, otomatis kalau berjalan maka profit perusahaan bisa besar tapi disisi lain resikonya juga jadi cukup besar kalau misalnya gagal. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk another revenue seperti mengeluarkan makanan dalam kemasan siap saji sehingga konsumen bisa membeli untuk bawa pulang atau bahkan bisa dijadikan produk retail.

5. SOP Sales

Di Mc Donald, pramusaji sering menawarkan produk lain misal kentang. Dan hal ini dapat menyumbang puluhan juta dollar tambahan penjualan dan jadi studi case yang sangat menarik sejak lama. Karyawan di SOP untuk mengatakan atau menawarkan produk lain selain yang ingin dibeli. Jadi, buat SOP yang terkait dengan peningkatan penjualan secara langsung, buat ukurannya, kontrol implementasinya, buat reward dan funishment kemudian ukur secara berkala.

Demikian info tentang Cara Meningkatkan Profit Tanpa Menaikkan Penjualan semoga bermanfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan jutaan rupiah per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Incoming search terms:

  • menaikan profit
  • KIAT MENAIKAN PENJUALAN PENGIRIMAN BARANG
  • menaikkan profit perusahaan yang baru buka

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Info SB1M Internet Marketing Training SB1M
Belajar Internet Marketing SB1M
Belajar Internet Marketing SB1M bagi Pemula
Sekolah Marketing Online SB1M
Sekolah Marketing Online SB1M untuk Umum
Kursus Internet Bisnis SB1M
Kursus Internet Bisnis SB1M Online Untuk Pemula
Bisnis Investasi Peluang Bisnis
No Preview
Perbedaan Suku Bunga jadi Alasan Pemilihan Produk Investasi
investasi simpanan mata uang
Investasi Simpanan Mata Uang di Bank
Menabung di bank sebagai sarana investasi
Menabung di Bank sebagai Sarana Investasi
Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat Pengusaha Indonesia
atlit basket hebat di dunia
Atlit Basket Hebat di Dunia
Penemu Hebat dari Jerman
Penemu Hebat dari Jerman yang Perlu Kita Tahu
Tokoh Ilmuwan Hebat India
Tokoh Ilmuwan Hebat India Zaman Dahulu
Synergy Worldwide
Synergy Worldwide Solusi Kesehatan dan Bisnis
Education dan Jasa
Education dan Jasa
Buku Bisnis Ednovate
Buku Bisnis Karya Hermas Puspito dan Tim
Produk OSB Group
Produk OSB (Omar Smart Brain) Group
Fakta Fantastik Paling di Dunia Unik dan Menarik
No Preview
Sapi Hewan yang Selalu Mengunyah Makanannya
fakta penguin
Fakta Penguin Empat Bulan Tanpa Makan
Fakta Unik Mata Kucing
Fakta Unik Mata Kucing yang dapat Bersinar
Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya Tips Sehat dan Cantik
Jangan Gugup Saat Nego Gaji
Jangan Gugup Saat Nego Gaji
Miliki Harta Produktif Sebanyak Mungkin
Miliki Harta Produktif Sebanyak Mungkin bila Ingin Bebas Finansial
Fungsi Garam untuk Makanan
Fungsi Garam untuk Makanan selain Sebagai Perasa
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Religi Wisata Seni Budaya
Museum Kesenian Layang-Layang Jakarta
Museum Kesenian Layang-Layang Jakarta yang Artistik
Harta Karun Kuliner Jakarta yang Mulai Terlupaka
Harta Karun Kuliner Jakarta yang Mulai Terlupakan
destinasi wisata alam Jakarta cocok untuk bersantai
Destinasi Wisata Alam Jakarta Cocok untuk Bersantai