Cara Mengurus Izin Obat Herbal dari BPOM

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Cara Mengurus Izin Obat Herbal dari BPOM – Secara garis besar, sebelum mengajukan izin edar obat herbal, harus mempunyai izin usaha obat tradisional terlebih dahulu. Jika belum mempunyai maka yang bersangkutan bisa mengurusnya terlebih dahulu.

Cara Mengurus Izin Obat Herbal dari BPOM

Obat tradisional terdiri atas beberapa jenis yaitu UMOT (Usaha Mikro Obat Tradisional), UKOT (Usaha Kecil Obat Tradisional) dan IOT (Industri Obat Tradisional). UMOT adalah usaha obat tradisional yang hanya boleh membuat obat-obatan luar seperti param, tapel, pilis, cairan obat luar, ranjangan dan lain-lain.

Sementara UKOT terbagi menjadi dua yaitu UKOT 1 dimana usahanya membuat kapsul dan cairan obat dalam (COD). UKOT 2 yaitu membuat obat tradisional berupa serbuk, pil, tapel, pilis, ranjangan, krim, balsem, salep, cairan obat luar (COL) dan param.

UMOT bisa mengajukan izin ke dinas Kabupaten / Kota dimana pemohon membuat ramuan obat tradisional tersebut. Sedangkan untuk UKOT 1, 2 dan IOT, pengajuan izinnya harus ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Setelah itu, pemohon bisa melakukan proses pendaftaran izin edar melalui situs www.pom.go.id. Setelah disetujui dan melalui beberapa tahapan, yang bersangkutan akan memperoleh izin edar dengan keterangan BPOM RI TR diikuti nomor izin edar.

banner smart detox plus

Untuk hal tersebut, pemohon harus datang sendiri ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk berkonsultasi terkait pendaftaran izin edar obat tradisional. Selain itu, pihak BPOM menghimbau untuk mengurus perizinan tersebut tanpa melalui calo. Karena jika menggunakan jasa calo justru akan mempersulit pemohon sendiri.

Pihak BPOM juga membuka kanal layanan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk dapat mengetahui atau berkonsultasi terkait izin edar obat tradisional. Untuk yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dapat datang langsung ke Kantor Balai Besar POM DI Yogyakarta, Jl. Tompeyan, Tegalrejo, telpon (0274) 552250, email: bpom_yogyakarta@pom.go.id, bbpomjg@yahoo.co.id.

Sedangkan untuk biaya pengurusan izin obat herbal ini sudah tertera dalam rincian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Demikian info tentang Cara Mengurus Izin Obat Herbal dari BPOM semoga bermanfaat.

banner smart detox plus

sumber:

Wulandari, Pejabat Fungsional Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen Balai Besar POM DI Yogyakarta

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini