Cara Mendapatkan Sertifikat Laik Fungsi

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Cara mendapatkan sertifikat laik fungsi untuk mendirikan bangunan baru lumayan mudah. Penerapan kebijakan bangunan harus disertai sertifikat laik fungsi (SLF) didasarkan pada perda No. 2 Tahun 2012 tentang bangunan gedung yang mulai diberlakukan pada 12 Januari 2013. Aturan tersebut diterapkan untuk gedung baru namun jika pemilik atau pengelola gedung ingin mendapatkan SLF bisa mengurus atas inisiatif sendiri.

banner smart detox plus

Cara Mendapatkan Sertifikat Laik Fungsi

Sertifkat Laik Fungsi (SLF) adalah sertifikat yang diterbitkan oleh pemerintah daerah (pemda) terhadap gedung / bangunanyang telah selesai dibangun dan telah memenuhi persyaratan kelaiakan fungsi gedung / bangunan berdasarkan hasil dari pemeriksaan dari pihak terkait sebagai syarat dapat dimanfaatkannya gedung /bangunan tersebut.

Pada dasarnya sertifikat SLF ini sebagai bukti sebuah bangunan tersebut layak baik dari sisi fungsi keamanan dan keselamatan. Sertifikat SLF tersebut diurus serangkaian dengan persyaratan mendirikan bangunan di Kota Yogya (untuk kota lain mungkin ada yang sama, ada juga tidak tergantung Dinas Perizinan Kota setempat masing-masing). Jadi ketika mengurus IMB sekaligus ada proses mendapatkan SLF.

SLF akan dimiliki oleh pemilik bangunan setelah melalui serangkaian pengecekan kelayakan bangunan. Beberapa hal yang harus diperhatikan pada bangunan meliputi ventilasi, sanitasi, saluran air hujan instalasi listrik, pencahayaan serta kekuatan bangunan menghadapi bencana (gempa, kebakaran).

Khusus untuk bangunan maksimal dua lantai dengan bentang mencapai enam meter, proses pemeriksaan kelayakan bangunan ini akan dilaksanakan oleh pemkot Yogyakarta dengan melibatkan Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah dan Dinas Bangunan Gedung dan Aset Daerah, sedangkan untuk spesifikasi di luar itu dilakukan oleh pemrakarsa bangunan dengan melibatkan pihak ketiga.

Masa berlaku sertifikat SLF bergantung dari jenis bangunannya. Pada bangunan rumah tinggal, masa berlaku SLF tidak terbatas. Namun, pada rumah gedung bertingkat dua lantai dengan bentang enam meter, SLF berlaku 20 tahun dan bisa diperpanjang. Sedangkan untuk bangunan bertingkat lebih dari dua lantai, masa berlakunya hanya lima tahun. Untuk pembuatan SLF ini masyarakat tidak dipungut biaya.

Demikian info tentang cara mendapatkan sertifikat laik fungsi semoga bermanfaat.

banner smart detox plus

sumber : Dinas Perizinan Kota Yogyakarta

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini
      jasa seorang ayah

      Dpt 450K Saat Anda Kluarkan150K IDR Mulai Beriklan Dgn Google Hari Ini!

      paket digital marketing

      paket digital marketing

      toko laptop

      Jual Komputer Bekas Lengkap & Murah Mulai 700rban, Garansi Cek Disini !