Cara Memperkenalkan Keberagaman pada Anak

Pembahasan kita sekarang yakni cara memperkenalkan keberagaman pada anak. “Ayah, Imlek apa, sih? Bunda, mengapa di Bali mayat dibakar?” mungkin masih banyak pertanyaan yang keluar dari anak-anak terkait dengan keberagaman masyarakat di sekitar kita.

cara memperkenalkan keberagaman

Cara Memperkenalkan Keberagaman pada Anak

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang beragam, maksudnya adalah masyarakat yang terdiri dari beraneka ragam etnis dan budaya. Seperti etnis Tionghoa, Arab, India dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus bersyukur dengan keanekaragaman tersebut.

Sebagai orang tua, sejatinya Ayah Bunda bisa mulai memperkenalkan berbagai macam etnis dan budaya yang ada di Indonesia, sehingga anak-anak dapat mengenal keberagaman (pluralisme) tersebut. Hal ini dapat menumbuhkan cinta tanah air. Selain itu pengetahuan anak-anak semakin luas.

Hal ini dapat dimulai pada lingkungan keluarga yang menghargai perbedaan, sehingga hal ini akan terbawa sampai keluar rumah. Bahwa perbedaan itu merupakan suatu hal wajar. Bahkan anak mempunyai sikap saling menghormati dengan orang yang berbeda dengan dirinya. Ada banyak cara untuk mengenalkan keberagaman pada anak, antara lain:

1. Melibatkan Anak dalam Kegiatan di Masyarakat

Ayah Bunda sudah mengetahui, bahwa di lingkungan masyarakat tempat tinggl kita terdiri dari orang-orang yang berbeda suku bangsa, ras, agama, budaya, etnis, bahasa dah lain-lain. Hal ini menarik bila warga yang beraneka ragam dapat melakukan kcgiatan secara bersama-sama, seperti kerja bakti membersihkan lingkungan, memperingati hari besar nasional dan kegiatan lainnya. Biasanya kegiatan ini hanya diikuti oleh orang dewasa saja.

Alangkah baiknya anak-anak juga dilibatkan sesuai dengan usianya. Dengan melibatkan anak-anak dalam kegiatan di masyarakat, anak akan melihat dan mempelajari bahwa di lingkungan tempat tinggalnya terdapat orang yang beraneka ragam etnis, suku bangsa, budaya, agama. Sehingga wawasan dan pemahaman anak tentang keberagaman semakin luas.

2. Membiasakan Sikap Saling Menghormati

Dengan melibatkan anak-anak untuk ikut serta dalam kegiatan yang ada di lingkungan masyarakat, anak akan menemui masyarakat yang beraneka ragam budaya dan etnis. Dengan demikian anak-anak akan terbiasa untuk menghormati orang lain yang berbeda dengan dirinya. Melalui kegiatan bersama ini akan menumbuh kembangkan sikap saling menghormati satu sama lain.

3. Mengenalkan Keberagaman lewat Cerita Nusantara

Masih ingat dengan kisah-kisah legenda dari daerah? Seperti kisah Malin Kundang dari Minangkabau, asal usul Danau Toba dari Sumatera Utara, kisah Tangkuban Perahu dari Jawa Barat, atau kisah pahlawan dari berbagai daerah.

Dengan mengetahui kisah-kisah dari berbagai daerah yang sarat makna, akan meningkatkan rasa cinta tanah air sekaligus menambah wawasan pemahaman anak-anak tentang masing-masing daerah. Anak-anak tidak hanya mengenal kebudayaan asalnya saja, melainkan juga mengetahui kebudyaan dari berbagai daerah.

Anak-anak zaman sekarang sudah mulai tidak mengenal kisah-kisah dari daerah. Hal ini karena orang tua dan guru kurang mengenalkan cerita dari daerah kepada anak-anak. Mendongeng sudah menjadi aktivitas yang mahal dan langka. Anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya dengan gawai. Ayah Bunda perkenalkanlah keanekaragaman budaya Indonesia melalui cerita nusantara.

Ayah Bunda, mengenalkan keberagaman kepada anak-anak akan menumbuhkembangkan sikap saling menghormati perbedaan di masyarakat. Sikap saling menghormati ini akan terus tumbuh dan berkembang sampai dewasa. Dengan demikian Ayah Bunda telah berperan aktif menciptakan benih persatuan dan kesatuan untuk masa depan bangsa Indonesia.

Indonesia memang negara yang kaya akan budaya, etnis, suku bangsa dan agama. Keberagaman inilah yang membuat Indonesia berwarna laksana pelangi dilangit yang indah.

Demikian info berkaitan dengan cara memperkenalkan keberagaman pada anak, kami harap postingan kali ini berguna untuk sahabat semua. Tolong artikel ini dishare supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan jutaan rupiah per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Info SB1M Internet Marketing Training SB1M
Belajar Internet Marketing SB1M
Belajar Internet Marketing SB1M bagi Pemula
Sekolah Marketing Online SB1M
Sekolah Marketing Online SB1M untuk Umum
Kursus Internet Bisnis SB1M
Kursus Internet Bisnis SB1M Online Untuk Pemula
Bisnis Investasi Peluang Bisnis
Sarana Investasi Perbankan
Sarana Investasi Perbankan dalam Bentuk Deposito dan Reksadana
kiat memisahkan urusan bisnis
Kiat Memisahkan Urusan Bisnis dan Keluarga
No Preview
Perbedaan Suku Bunga jadi Alasan Pemilihan Produk Investasi
Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat Pengusaha Indonesia
atlit basket hebat di dunia
Atlit Basket Hebat di Dunia
Penemu Hebat dari Jerman
Penemu Hebat dari Jerman yang Perlu Kita Tahu
Tokoh Ilmuwan Hebat India
Tokoh Ilmuwan Hebat India Zaman Dahulu
Synergy Worldwide
Synergy Worldwide Solusi Kesehatan dan Bisnis
Education dan Jasa
Education dan Jasa
Buku Bisnis Ednovate
Buku Bisnis Karya Hermas Puspito dan Tim
Produk OSB Group
Produk OSB (Omar Smart Brain) Group
Fakta Fantastik Paling di Dunia Unik dan Menarik
No Preview
Sapi Hewan yang Selalu Mengunyah Makanannya
fakta penguin
Fakta Penguin Empat Bulan Tanpa Makan
Fakta Unik Mata Kucing
Fakta Unik Mata Kucing yang dapat Bersinar
Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya Tips Sehat dan Cantik
Jangan Gugup Saat Nego Gaji
Jangan Gugup Saat Nego Gaji
Miliki Harta Produktif Sebanyak Mungkin
Miliki Harta Produktif Sebanyak Mungkin bila Ingin Bebas Finansial
Fungsi Garam untuk Makanan
Fungsi Garam untuk Makanan selain Sebagai Perasa
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Religi Wisata Seni Budaya
Jejak Diplomasi Sarekat Islam
Jejak Diplomasi Sarekat Islam di Semarang
Museum Kesenian Layang-Layang Jakarta
Museum Kesenian Layang-Layang Jakarta yang Artistik
Harta Karun Kuliner Jakarta yang Mulai Terlupaka
Harta Karun Kuliner Jakarta yang Mulai Terlupakan