Byte adalah Satuan Unit Ukuran dalam Komputasi Digital

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Byte adalah satuan unit ukuran dalam komputasi digital, telekomunikasi dan informasi. Byte dalam bahasa indonesia disebut bita. Istilah Byte diciptakan oleh Warner Buchhoiz di tahun 1956 pada fase perkembangan awal komputer IBM. Saat itu byte bukanlah istilah unit ukuran digital, melainkan sebuah kode komputer. Byte berjumlah delapan bit (angka) yang digunakan untuk mengkodekan pemrograman satu karakter teks pada komputer. Kode byte ialah ‘00000000’ yang terdiri dari 8 angka, jadi seandainya kita menekan huruf ‘X’ pada keyboard, kode yang ditangkap komputer ialah ‘10010001’. Barulah kemudian pada layar komputer akan muncul huruf ‘X’ yang kita tekan tersebut.

Byte adalah Satuan Unit Ukuran dalam Komputasi Digital

Pada awal perkembangannya sistem komputer, kode bit hanya sebatas 4 angka, kemudian berkembang menjadi 8 angka. Salah satu penyebab berkembangnya kode bit ialah banyak bertambahnya karakter pada keyboard saat itu.

Selain sebagai kode komputer, byte juga digunakan pada sistem telekomunikasi telepon yang kita gunakan saat ini. Mulai dari sinyal, pulsa sampai suara otomatis operator. Kode penggunaan delapan kode bit juga sebagai unit dasar perkembangan internet. Untuk saat ini byte merupakan satuan ukuran unit digital yaitu Kilo, Mega, Giga dan seterusnya. Nama-nama tersebut merupakan awalan yang menunjukkan jumlah ukuran suatu unit, yang disebut ‘Binary prefix” (awalan biner). Awalan biner ini digunakan dalam penggandaan suatu ukuran, tidak hanya komputer namun juga dalam bidang fisika, elektronik dan lainnya. Seperti yang kita tahu ukuran dengan satuan kilo, mega, giga ini terus berlanjut ke satuan berikutnya dengan penggandaan ukuran seribu kali lipat. Sebagaimana ditampilkan pada tabel di bawah:

banner smart detox plus
Byte (B)
1 Kilobyte (Kb)
1 Megabyte (Mb)
1 Gigabyte (Gb)
1 Terabyte (Tb)
1 Petabyte (Pb)
1 Exabyte (Eb)
1 Zettabyte (Zb)
1 Yottabyte (Yb)
1.000 B
1.000 Kb
1.000 Mb
1.000 Gb
1.000 Tb
1.000.000 Tb
1.000.000.000 Tb
1.000.000.000.000 Tb

SSD (Solid-state-drive), Perangkat penyimpanan data masa depan
Fungsinya sama seperti Hard disk komputer, namun kapasitas SSD lebih besar dan ringan. SSD dilengkapi baterai internal dan yang memungkinkan mampu hidup jika komputer mati. Jika kelak teknologi SSD ini digabungkan dengan teknologi Memristor (Memory Transistor) hal ini memungkinkan tercapainya pembuatan sebuah komputer yang dapat dihidup-matikan layaknya sebuah televisi, sehingga istilah start-up, shut down, hang, blue screen dan sejenisnya hanya menjadi catatan sejarah.

banner smart detox plus

Demikian sekilas info tentang byte adalah satuan unit ukuran dalam komputasi digital, semoga bisa bermanfaat.

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini
      jualpagarbrc.co.id

      Sedia Ribuan Pagar Brc Kwalitas No1 Dapatkan Harga Terbaik dari Kami!

      rak minimarket

      rak minimarket

      www.olsera.com

      Loncat ke Modern software (post