Bisnis Bibit Pisang Tetap Eksis

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Bisnis bibit pisang tetap eksis – Jenis pohon pisang yang banyak ditanam di masyarakat cukup beragam, misalnya kepok, raja, Ambon, mas dan tanduk. Buah pisang yang sudah masak ketika dikonsumsi langsung maupun diolah menjadi aneka makanan mempunyai banyak gizi serta cita rasa khas.

banner smart detox plus

Bisnis Bibit Pisang Tetap Eksis

Wajar saja jika bisnis bibit pohon pisang sampai buahnya tetap eksis sampai saat ini. Banyak penanaman bibit pohon pisang dilakukan menjelang atau awal musim hujan terutama di tempat-tempat yang minim air. Sedangkan di lokasi dengan air yang cukup, bibit pisang dapat ditanam sepanjang tahun. Jarak tanam antara satu pohon dengan pohon lainnya kisaran dua kali dua meter. Idealnya lagi sebelum bibit ditanam sudah menyediakan sudah menyediakan lubang tanam, misalnya 40 x 40 x 40 cm untuk jenis tanah gembur dan 50 x 50 x 50 cm untuk tanah berat.

Pemupukan rutin sebaiknya menggunakan pupuk organik, seperti pupuk kandang yang sudah difermentasi. Selain itu bisa juga menggunakan pupuk cair organik buatan pabrik dengan cara dikocorkan maupun disemprotkan pada tanaman setelah dicampur air. Pemberian pupuk secara rutin akan mendukung rasa buah dan maksimalnya ukuran maupun jumlah buah pisang dalam satu tandan.

Bibit pisang yang disediakan untuk konsumen, sudah berumur kisaran dua bulan. Dalam waktu rata-rata enam bulan sudah bisa montong (keluar bunga pisang) dan sekitar umur sembilan bulan bisa dipanen buahnya. Untuk membuat bibit pisang raja berkualitas, bibit diambil dari indukan yang sedang berbuah. Indukan dan anakan (tunas-tunasnya) dibongkar dari tanah, tanaman indukan dibuang. Sedangkan anakan-anakannya diambil dari bonggol-bonggolnya dan batangnya dipotong. Setiap bibit pohon pisang rata-rata dijual Rp 35 ribu.

Pohon pisang termasuk jenis tanaman buah yang tidak mengenal musim berbuahnya. Dengan kata lain setiap musim bisa berbuah secara bergantian. Untuk saat ini memperanyak bibit pisang masih menggunakan cara tradisional. Diharapkan suatu saat dapat memperbanyak bibit pohon pisang dengan cara lebih modern misalnya dengan teknik kultur jaringan. Dengan teknik kultur jaringan cukup menggunakan bagian mata yang ada di bonggol pisang, setelah melalui sejumlah tahapan akan didapatkan bibit pohon pisang kualitas bagus dalam jumlah banyak dan seragam.

Pohon pisang pun ada peluang terserang penyakit antara lain disebabkan bakteri dan virus. Bagian yang diserang dapat bagian dalam batang serta daun-daunnya. Ada lagi hama biasa menyerang bagian akar tanaman, batang maupun daun pisang. Ketika serangan hama dan penyakit sudah berat serta dikhawatirkan menular tidak jarang tanaman dibongkar sampai dibakar. Namun dengan perawatan yang baik seperti rutin memberi pupuk, pembersihan gulma dan dalam satu rumpun tidak terlalu banyak pohon, diharapkan pertumbuhannya bisa baik dan berbuah maksimal.

banner smart detox plus

Demikian info peluang bisnis tentang bisnis bibit pisang tetap eksis semoga bermanfaat.

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini