Biaya Tambahan dalam Pengurusan Paspor Secara Elektronik

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Biaya tambahan dalam pengurusan paspor secara elektronik – Dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan publik berbasis teknologi. Pada medio 2014 Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) melakukan inovasi di bidang pelayanan publik dengan menerapkan Payment Gateway dalam Program Sistem Pelayanan Paspor Terpadu (SPPT) Online yaitu pengurusan paspor yang dilakukan secara elektronik.

Biaya Tambahan dalam Pengurusan Paspor Secara Elektronik

banner smart detox plus

Salah satu tujuan dari program tersebut di atas adalah untuk menghapuskan pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh oknum pegawai imigrasi. Dasar hukum yang digunakan sebagai landasan dalam penerapan program tersebut adalah Pasal 3 huruf (b) Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 8 Tahun 2014 tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor yang menyatakan bahwa Permohonan Paspor biasa dapat diajukan secara elektronik dengan melampirkan dokumen kelengkapan persyaratan.

Berdasarkan Pasal 2 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 1997 tentang Penerimaan Bukan Pajak (PNBP), biaya yang diperoleh dari hasil pengurusan paspor tersebut termasuk dalam kelompok PNBP dikarenakan merupakan penerimaan dari kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah yang dalam hal ini adalah Kemenkumham RI. Di samping, dasar pengenaan tarif atas jenis PNBP ditetapkan dengan memperhatikan dampak pengenaan terhadap masyarakat dan kegiatan usahanya, hanya penyelenggaraan kegiatan Pemerintah sehubungan dengan jenis PNBP yang bersangkutan dan aspek keadilan dalam pengenaan beban kepada masyarakat.

banner smart detox plus

Dalam pelaksanaan Program tersebut, Kemenkumham melalui Direktorat Jenderal Imigrasi mengenakan biaya tambahan terhadap pengurusan paspor secara elektronik sebesar Rp 5.000 (lima ribu rupiah). Biaya tambahan tersebut merupakan biaya administrasi perbankan, di luar biaya pengurusan paspor yang telah ditentukan oleh Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Sifat dari pengurusan paspor tersebut adalah opsional artinya apabila Pemohon keberatan dengan pengenaan biaya tambahan, pemohon dapat mengajukan permohonan paspor secara manual. Sehingga Pemohon diberikan hak untuk memilih secara bebas sesuai dengan kehendak masing-masing.

Pasca diundangkannya Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan, Badan dan/atau Pejabat Pemerintahan dalam menggunakan wewenangnya wajib berdasarkan pada asas-asas umum pemerintahan yang baik (the principles of Good Government) dan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai suatu perwujudkan peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dalam menjalankan fungsi pengaturan, pelayanan, pembangunan, pemberdayaan dan perlindungan terhadap warga masyarakat. Peraturan perundang-undangan yang dimaksud meliputi peraturan perundang-undangan yang menjadi dasar kewenangan dan Peraturan perundang-undangan dalam menetapkan dan/atau melakukan Keputusan dan/atau Tindakan Administrasi Pemerintah.

Berdasarkan uraian tersebut di atas, mencermati biaya tambahan yang dibebankan oleh Pemohon dalam pengurusan paspor elektronik sebesar Rp 5.000 (lima ribu rupiah) yang dikaji melalui Undang-Undang Administrasi Pemerintahan diperoleh suatu kesimpulan yang menyatakan bahwa apabila tidak terdapat dasar hukum yang mengatur tentang pengenaan biaya tambahan sebesar Rp 5.000 (lima ribu rupiah) dalam pengurusan paspor secara elektronik maka secara hukum tidak sah, tetapi apabila sebaliknya maka pengenaan biaya tambahan tersebut secara hukum sah.

Demikian info tentang biaya tambahan dalam pengurusan paspor secara elektronik semoga bermanfaat.

sumber : B. Hengky Widhi A, Pengajar Hukum Administrasi Negara Fakultas Hukum UAJY

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini
      jasa seo

      Jasa SEO Otomatis mulai10rb/keyword Buat Situs anda ditemukan di top-10

      paket cctv infinity

      Sedia Beragam Paket Produk CCTV.Produk Lengkap dgn Teknologi Baru!