Berniaga Namun Tidak Lalai Mengingat Allah

Seminar Marketing Online

Berniaga Namun Tidak Lalai Mengingat Allah – Di antara karakter dan etika pengusaha muslim yang sangat indah dan membedakannya dari pengusaha non muslim ialah senantiasa ingat Allah SWT. Dengan demikian seorang pengusaha muslim senantiasa menjalankan kewajiban ibadah kepada Allah tanpa terganggu oleh berbagai aktifitas perniagaan.

smart detox

Berniaga Namun Tidak Lalai Mengingat Allah

“Laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak pula oleh jual-beli dari mengingat Allah dan dari mendirikan shalat dan menunaikan zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang padanya hati dan penglihatan bergoncang”. (An Nur : 23)

Sebagai seorang pengusaha muslim, Anda senantiasa sadar bahwa Allah SWT mengetahui setiap perbuatan dan ucapan Anda. Dan Anda pun percaya bahwa setiap ucapan dan perbuatan Anda pastilah mendapat balasannya yang setimpal.

Kesadaran ini menjadikan pengusaha muslim waspada dan tidak menghalalkan segala macam cara dalam mencari keuntungan niaga. “Jangan pernah engkau merasa rizkimu telat datang, karena sesungguhnya tiada seorangpun hamba yang mati, hingga telah datang kepadanya rizqi terakhir yang ditentukan untuknya. Maka bertakwalah engkau kepada Allah dan tempuhlah jalan yang baik dalam mencari rizqi. Tempuhlah yang halal dan tinggalkan yang haram”. (HR. Ibnu Majah)

Pengusaha muslim berlaku santun dalam menjalankan perniagaan, karena mereka beriman bahwa harta kekayan dunia bukanlah standar keberhasilan, baik di dunia atau akhirat. Harta kekayaan hanyalah titipan dan bahkan ujian, apakah mereka bersyukur atau sebaliknya kufur.

smart detox

“Dan ketahuilah bahwa harta benda dan anak keturunanmu hanyalah cobaan, dan sesungguhnya Allah, di sisinya terdapat pahala yang agung”. (Al Anfal : 38)

Seorang pengusaha muslim percaya bahwa keberhasilan hidup tidaklah diukur dari banyak atau sedikitnya kekayaannya? Terlalu rendah dan hina bila kesuksesan hidup diukur dengan materi. “Andai dunia berserta isinya seberat sayap lalat, niscaya Allah tidak pernah memberi kesempatan kepada orang kafir untuk meneguk walau hanya seteguk air minum”. (HR. At Tirmizy)

Keuntungan dunia, bisa saja melimpah, namun percayalah bahwa itu tidak abadi. Bisa jadi sekarang Anda untung besar, namun esok hari Anda harus berserah diri pada suratan takdir. Bisa saja Anda jatuh pailit atau bisnis Anda redup. Fakta ini tentu menggugah kesadaran Anda sebagai pengusaha muslim untuk berpikir dan mencari perniagaan yang tidak mungkin rugi. Itulah perniagaan akhirat, perniagaan dengan Allah SWT:

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. (QS. Fathir : 32)

Sahabat Shuhaib Ar Rumi adalah saudagar kaya raya. Tatkala beliau hendak berhijrah dari kota Makkah ke Madinah, beliau di hadang oleh beberapa pemuda Quraisy. Akhirnya ia menebus dirinya dengan imbalan seluruh harta kekayaannya diserahkan kepada orang-orang Quraisy.

Setiba di Madinah, Shuhaib Ar Rumi menemui Nabi SAW dan beliau bersabda kepadanya: “Benar-benar untung perniagaanmu, Benar-benar untung perniagaanmu”. Dan selanjutnya turunlah ayat berikut, sebagai salah satu pujian atas sikap beliau: “Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya karena mencari keridhaan Allah; dan Allah Maha Penyantun kepada hamba-hamba-Nya”. (QS. Al Baqarah : 313)

Demikian info Berniaga Namun Tidak Lalai Mengingat Allah semoga bermanfaat.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Oke Theme Tools Sosmed Tools Website Website
insightzilla tools untuk para facebook marketer
InsightZilla Tools untuk Para Facebook Marketer
Plugin WP Affiliasi untuk Membuat Website Program Reseller dan Affilliate
Plugin WP Affiliasi untuk Membuat Website Program Reseller dan Affilliate
lapax theme solusi bagi website toko online
Lapax Theme Solusi Bagi Website Toko Online