Beberapa Ikan yang Fantastis

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Beberapa Ikan yang Fantastis – Sebagian besar ikan akan mati jika dipindahkan dari air. Namun, ikan Paru-paru dari Afrika, Australia, dan Amerika Selatan sering menghabiskan banyak waktunya di luar air. Tubuhnya dapat beradaptasi dan bernapas di udara, dan selama musim kemarau panjang ikan paru-paru menggali lubang di lumpur. Lumpur dari tubuhnya membentuk kepompong sampai air kembali memenuhi sungai.

ikan yang fantastis

Ikan biru adalah ikan yang suka berkelompok yang ukurannya bisa mencapai 7 km (4 mil), predator ganas ini mendapat sebutan “piranha laut”.

Piranha perut merah adalah satu dari dua belas lebih spesies ikan piranha yang ditemukan di Amerika Selatan bagian utara. Sekumpulan makhluk ganas ini dapat merobek mangsanya dalam hitungan detik.

Dari semua makhluk laut, makhluk yang paling mengagumkan tentu saja ikan pari. Ada banyak cerita yang mengatakan bahwa ikan ini telah memangsa manusia, tetapi pada kenyataannya ikan ini tidak terlalu berbahaya dan hanya memakan plankton (organisme kecil yang mengapung di laut).

Ikan pari sering melompat keluar dari air dengan ketinggian hingga 4 m (13 kaki) untuk membersihkan tubuhnya dari parasit kecil. Saat ikan ini kembali ke air, bunyi benturan tubuhnya dengan air dapat terdengar sampai bermil-mil jauhnya.

Ikan matahari terkadang disebut ikan kepala, karena ikan ini tampak tidak memiliki tubuh. Ikan ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang 2m (6,5 kaki) dan tulang belakangnya hanya berukuran 2cm (0,78 inci).

Coelacanth adalah satu-satunya spesies dari kelompok ikan prasejarah yang masih dapat bertahan. Para ilmuwan menduga jenis ini berasal dari Crossopterygii, vertebrata pertama yang berkembang.

Seperti namanya, pari listrik dapat menghasilkan sengatan listrik yang kuat. Otot-otot bahunya mampu menghasilkan listrik hingga 200 volt, yang dapat merobohkan seseorang jika tidak sengaja menginjak ikan ini.

Ikan kucing Afrika hidup di alam yang kacau balau, ikan ini menghabiskan hidupnya dengan posisi terbalik! Tidak ada ikan yang memiliki sifat seperti ikan ini, kecuali ikan itu mati atau sakit. Untuk tujuan penyamaran, sebagian besar ikan berwarna gelap di bagian atas dan warna terang di bagian bawah tubuhnya. Karena ikan ini memang biasanya hidup dalam posisi terbalik, ikan kucing Afrika mengganti warna punggungnya dengan warna perak dan tubuhnya berwarna gelap. Nama latin ikan ini adalah “batensoda” yang berarti “perut gelap”.

Ikan kucing listrik, ditemukan di sungai di Afrika, dapat tumbuh hingga panjangnya mencapai satu meter dan mampu menghasilkan sengatan listrik. Masyarakat Mesir kuno percaya ikan kucing listrik ini memiliki kekuatan gaib dan gambar ikan ini ditemukan berada di dinding makam.

banner smart detox plus

Ikan kucing mendapatkan namanya dari sungut panjang menyerupai kumis di sekeliling mulutnya. Sungut ini sangat peka dan menyebabkan ikan dapat hidup di air yang dalam atau menjadi ikan nokturnal karena ikan ini dapat merasakan keadaan sekitarnya dalam gelap.

banner smart detox plus

Saat berada dalam bahaya, ikan buntal menggembungkan tubuhnya dengan air atau udara hingga tiga kali ukuran tubuh ormalnya! Strategi mempertahankan diri ini dapat membuat takut predator atau ikan tersebut ukurannya terlihat lebih besar untuk dimangsa. Namun, ikan buntal dikonsumsi yaitu oleh  manusia.

Ikan buntal menjadi hidangan yang lezat di Jepang, dan disebut dengan “fugu”, Hati ikan buntal mengandung racun yang sangat berbahaya, sehingga para koki di Jepang harus mendatangkan pemasak fugu khusus untuk mengajarkan bagaimana mengolah makanan ini dengan tepat. Meskipun demikian, banyak orang di Jepang masih mengalami kematian karena racun ikan fugu. Ikan ini juga disebut dengan ikan bengkak atau ikan gembung, ikan buntal sering ditemukan dekat batu karang di perairan tropis.

Ikan landak, seperti ikan buntal, dapat menggembungkan tubuhnya saat sedang terancam dan tubuhnya dipenuhi dengan duri. Pertahanan keduanya berupa gigi yang tajam. Saat ditelan oleh ikan berukuran lebih besar, ikan landak ini akan menggigit daging ikan yang menelannya!

Demikian info iptek tentang beberapa Ikan yang Fantastis semoga bermanfaat.

sumber: 500 Fakta yang Fantastis

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini
      kemeja kerja

      kemeja kerja

      cara main baccarat

      cara main baccarat