Bea Kiriman Barang Pindahan dari Luar Negeri ke Indonesia

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Untuk bea kiriman barang pindahan dari luar negeri ke Indonesia mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan No. 28/PMK.04/2008 Tentang Pembebasan Bea Masuk atas Impor Barang Pindahan. Dalam peraturan ini yang dimaksud dengan barang pindahan adalah barang-barang keperluan rumah tangga milik orang yang semula berdomisili di luar negeri, kemudian dibawa pindah ke dalam negeri.

bea kiriman barang pindahan dari luar negeri ke indonesia

banner smart detox plus

Atas impor barang pindahan, diberikan pembebasan bea masuk, kecuali barang pindahan yang dikategorikan sebagai barang dagangan atau kendaraan bermotor. Pembebasan bea masuk atas barang pindahan diberikan kepada :

banner smart detox plus
  1. PNS, Anggota TNI atau Polri dengan kriteria : a) menjalankan tugas ke luar negeri paling singkat 1 (satu) tahun, dengan atau tanpa keluarga, yang dibuktikan dengan surat keputusan penempatan ke luar negeri dan surat keputusan penarikan kembali ke Indonesia dari instansi yang bersangkutan; b) menjalankan tugas belajar di luar negeri paling singkat 1 (satu) tahun, dengan atau tanpa keluarga, yang dibuktikan dengan surat keterangan belajar di luar negeri dari instansi yang bersangkutan.
  2. Pelajar, mahasiswa atau orang yang belajar di luar negeri paling singkat 1 (satu) tahun yang dibuktikan dengan surat keterangan telah selesai belajar.
  3. Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ditempatkan pada perwakilan Indonesia di luar negeri paling singkat 1 (satu) tahun secara terus menerus, berdasarkan perjanjian kerja dengan Kementerian Luar Negeri yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Perwakilan Republik Indonesia tempat bekerja dan surat perjanjian kerja dengan Kementerian Luar Negeri.
  4. Warga Negara Indonesia (WNI) yang karena pekerjaannya pindah dan berdiam di luar negeri paling singkat 1 (satu) tahun secara terus menerus, yang dibuktikan dengan surat keterangan pindah dan rincian barang yang telah ditandasahkan oleh Perwakilan Republik Indonesia di negara yang bersangkutan.
  5. Warga Negara Asing (WNA) yang karena pekerjaannya pindah ke dalam daerah pabean Indonesia bersama keluarganya setelah mendapatkan : a) izin menetap sementara dari Direktorat Jenderal Imigrasi yang dibuktikan dengan Kartu Izin Menetap Sementara (KIMS) paling singkat 1 (satu) tahun; dan b) izin kerja sementara dari departemen yang membidangi tenaga kerja yang dibuktikan dengan Kartu Izin Kerja Tenaga Asing Sementara (KITAS) paling singkat 1 (satu) tahun.

Barang pindahan yang diimpor dan diberikan fasilitas pembebasan bea masuk, harus tiba bersama-sama dengan pemilik yang bersangkutan atau paling lama 3 (tiga) bulan sesudah atau sebelum pemilik barang yang bersangkutan tiba di Indonesia.

Pemilik barang pindahan menyampaikan dokumen Pemberitahuan Impor Barang Khusus (PIBK) ke Kantor Pabean tempat pemasukan barang pindahan, dengan melampirkan :

  • daftar rincian jumlah, jenis, dan perkiraan nilai pabean atas barang yang dimintakan pembebaan bea masuk yang telah ditandasahkan
  • surat keterangan dan/atau dokumen terkait sebagaimana dimaksudkan dalam pasal 3
  • fotokopi paspor

Demikian penjelasan tentang bea kiriman barang pindahan dari luar negeri ke Indonesia semoga bermanfaat.

sumber : Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai DI Yogyakarta

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini
      www.jokkulitmobil.co.id

      Produk InteriorMobil Lengkap Disini