Aspal Bermanfaat Bagi Kendaraan Kita

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Aspal bermanfaat bagi kendaraan kita saat berkendara. Hampir setiap hari kita melihat jalan beraspal di lingkungan kita. Walaupun sederhana, jalan aspal digunakan sebagai media perjalanan yang sangat penting oleh kita. Jalan aspal membuat permukaan tanah biasa menjadi rata dan kuat. Tahukah Anda, jika kendaraan bermesin melakukan perjalanan pada permukaan yang tidak rata, kendaraan tersebut akan mengeluarkan energi (bahan bakar) yang lebih besar dari pada kendaraan yang berjalan di jalan aspal.

Aspal Bermanfaat Bagi Kendaraan Kita

banner smart detox plus

Jalan aspal merupakan percampuran antara sedimen bernama Aspal (Asphalt) yang digabungkan dengan bahan-bahan seperti pasir, kerikil, bebatuan dan lainnya. Aspal terdiri dari bahan hidrokarbon yang bersifat melekat seperti material semen pembangunan yang digabungkan berbagai bahan sehingga menjadi benda yang kokoh.

Aspal adalah bahan alami yang ditemukan di alam. Berdasarkan konsistensinya dapat diklasifikasikan menjadi aspal padata dan aspal cair. Berbeda dengan aspal padat, aspal cair sering berasal dari minyak bumi saat pengeboran minyak di lautan maupun daratan. Dalam pengerjaan jalan aspal, dibutuhkan pembakaran sebesar 212 derajat Fahrenheit (100 derajat Celcius) untuk mencairkan aspal menjadi bahan secair minyak.

banner smart detox plus

Pada dasarnya, aspal yang telah padat seperti yang kita lihat di sekeliling kita bisa mencair jika dipanaskan dengan temperatur tertentu. Pada beberapa kasus yang terjadi saat musim kemarau panjang, jalan aspal yang tidak kokoh dapat mencair karena panas.

Di Indonesia terdapat sumber alam aspal terbesar yang berada di Sulawesi Tenggara, Kabupaten Buton, Aspal Buton (Asbuton) yang terkandung di daerah tersebut memiliki kandungan sejumlah hampir 750 juta ton. Hal ini membuat sumber aspal di Indonesia ini juga menjadi yang terbesar di dunia. Dan jika jumlah kandungan tersebut digunakan dengan baik di dalam negeri, maka sumber aspal ini diprediksi mampu bertahan hingga 300 tahun ke depan.

Kendaraan yang biasa digunakan untuk meratakan maupun memadatkan aspal atau tanah. Pada umumnya bantalan berat compactor (pemadat) yang terletak di bagian depan ini berkisar antara 6 – 12 ton.

Demikian informasi tentang aspal bermanfaat bagi kendaraan kita semoga bermanfaat.

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini
      klik rakmitragemilang.com

      Punya toko dan ingin tampil modern? Atau anda sedang bangun minimarket?

      bangunsaranamakmur.com

      Find Quality Products from Verified Suppliers. Get a Live Quote Now!

      software koperasi

      software koperasi