Asam Folat Merupakan Salah Satu Bentuk Vitamin B

Header 728 x 90 (2)
seminar marketing online

Makanan menjadi sumber utama penunjang kehidupan kita, begitu pula dengan vitamin. Vitamin merupakan senyawa yang diperlukan untuk kesehatan hanya diperoleh dari makanan atau sejenisnya. Asam Folat merupakan salah satu bentuk vitamin B yang bermanfaat untuk perkembangan dan pembuatan sel baru pada tubuh kita.

 Asam Folat Merupakan Salah Satu Bentuk Vitamin B

Asam Folat adalah vitamin yang larut dalam air. Banyak sumber Asam Folat yang bisa diperoleh. Semangkuk sereal yang memiliki 100 persen nilai harian yang cukup untuk Asam Folat kita. Namun, memang tidak berlaku untuk semua sereal yang memiliki jumlah ini. Periksa pada sisi kotaknya dan temukan label / tanda yang berbunyi 100 persen Asam Folat.

Asam Folat juga merupakan vitamin yang sangat penting untuk wanita yang akan atau sedang hamil. Salah satu hal paling penting yang dapat dilakukan untuk membantu mencegah cacat lahir pada bayi adalah tercukupinya asupan Asam Folat setiap hari. Terutama sebelum pembuahan atau selama masa kehamilan. Untuk memiliki bayi yang sehat berarti perlu dipastikan bahwa sang ibu sehat juga.

Kekurangan Asam Folat pada ibu hamil akan mengakibatkan berbagai dampak pada sang bayi. seperti Spina Bifida dan Anencephaly. Pengertian Spina Bifida yaitu kecacatan pada sumsum tulang dan tulang belakang pada bayi lahir. Sedangkan Anencephaly yaitu kecacatan parah pada orak dan tengkorak bayi. Biasanya semua potensi cacat ini terjadi pada 28 hari pertama kehamilan. Itulah mengapa begitu pentingnya bagi wanita hamil untuk memperoleh Asam Folat yang berfungsi menciptakan sel-sel baru pada bayi.

banner smart detox plus

Tidak hanya itu, Asam Folat juga berperan penting dalam pengembangan DNA. Asam Folat berperan besar dalam pertumbuhan dan pembangunan sel, serta pembentukan jaringan pada tubuh kita. Sayur dan buah merupakan anugerah dari alam yang sangat kaya vitamin dan nutriis penting. Walaupun kita bisa menciptakan suplemen / vitamin dalam bentuk kapsul, namun semua itu juga berasal dari alam. Inilah kenapa kita harus memberikan kontribusi timbal balik yang baik dengan lingkungan alam kita.

Makanan yang mengandung Asam Folat diantaranya:

banner smart detox plus
  • Bayam mengandung 190 mikrogram / 100 gram
  • Asparagus mengandung 97 mikrogram / 100 gram
  • Brokoli mengandung 70 mikrogram / 100 gram
  • Melon mengandung 30 mikrogram / 100 gram
  • Alpukat mengandung 65 mikrogram / 100 gram
  • Kubis / kol mengandung 97 mikrogram / 100 gram
  • Tauge mengandung 60 mikrogram / 100 gram
  • dll

Institute of Medicine Report Food and Nutrition Board (1998) menganjurkan perempuan usia produktif memerlukan 400 mikrogram Asam Folat setiap hari. Sementara, untuk mencegah kekambuhan NTDs dianjurkan dosis lebih besar yaitu 4.000 mikrogram per hari.

Tetapi walaupun tinggi akan Asam Folat, wanita yang sedang hamil sebaiknya membatasi konsumsi asparagus secara berlebihan. Dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter berapa sajian yang diperbolehkan.

Jasa Pembuatan Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Ingin belajar internet marketing gratis segera hubungi 0857-8656-3128 atauKlik Disini
      uptopromo.co.id

      Dpt 450K Saat Anda Kluarkan150K IDRMulai Beriklan Dgn Google Hari Ini!

      biro jasa CV Medan

      Biro Jasa Penguruan PT, CV, Yayasan Cepat-Handal-Rp.2Jt- Ph:0822135 777