Aplikasi Bantu Pasien Diabetes Mengatur Menu Makanan

Di postingan ini kami akan jelaskan terkait dengan Aplikasi Bantu Pasien Diabetes Mengatur Menu Makanan. Kemajuan teknologi informasi memudahkan siapa pun termasuk orang yang sedang sakit sekalipun, bisa mengatur sendiri menu makanan melalui aplikasi sitem mobile web. Dengan mengatur menu makanan sendiri sesuai rekomendasi dokter yang merawat, seorang pasien bisa mengatur pola atau menu makanan, untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan penyakit demi kesembuhannya.

Aplikasi Bantu Pasien Diabetes Mengatur Menu Makanan

Latri Wulansuci* mencoba menawarkan suatu sistem berbasis mobile web yang memberikan rekomendasi pilihan menu makanan sesuai dengan jumlah asupan kalori per waktu makan. Aplikasi bantu pasien diabetes ini lebih ditargetkan untuk pasien rawat jalan penderita diabetes mellitus tipe 2 yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas.

Diharapkan dengan penerapan sistem ini, asupan makanan yang dikonsumsi pasien dapat lebih terkontrol. Penerapan sistem juga ditujukan untuk mencegah hiperglikemia (kadar gula darah berlebih) dan hipoglikemia (kadar darah rendah) akibat pola makan yang tidak baik.

Perlunya Pengetahuan tentang Diabetes

Menurut Latri, pola makan menjadi salah satu faktor yang paling mempengaruhi kondisi penderita diabetes. Konsumsi kalori harian bagi penderita diabetes harus sangat diperhatikan untuk mencegah terjadinya penumpukan gula lemak akibat kelebihan asupan kalori dalam tubuh. Penumpukan lemak dalam tubuh dapat menyebabkan obesitas, yang mana pada penderita diabetes dapat berujung pada kompilasi berbagai macam penyakit.

Kurangnya pengetahuan dan edukasi menyebabkan pengaturan pola makan pada pasien penderita diabetes mellitus, terutama pasien rawat jalan, menjadi lebih sulit dilakukan. Dengan kondisi tersebut, Latri mencoba menawarkan suatu sistem berbasis mobile web yang memberikan rekomendasi pilihan menu makanan sesuai dengan jumlah asupan kalori per waktu makan.

Sistem ini ditargetkan untuk digunakan oleh pasien rawat jalan penderita diabetes mellitus tipe 2 atau pendamping yang memiliki akses untuk menggunakan sistem. Sangat disarankan bahwa penggunaan sistem dilakukan oleh pasien sendiri. Dengan begitu, data yang diinputkan akan lebih akurat dan pasien mendapatkan pengetahuan secara langsung oleh sistem serta mencegah kesalahan komunikasi yang mungkin terjadi antara pasien dan pendamping.

Penerapan sistem ini, dilakukan selama informasi yang disediakan memenuhi standar pengetahuan terbaru. Yaitu mengenai menu untuk pasien diabetes mellitus tipe 2 dengan obesitas. Sangat memungkinkan bahwa di masa mendatang akan dilakukan update baik mengenai fitur dan informasi yang disediakan oleh sistem. Disarankan agar pasien menggunakan sistem sampai mencapai berat badan ideal.

Menurut Izzati, penerapan sistem dilakukan di Indonesia dengan pengetahuan mengenai menu makanan yang didapatkan dari berbagai sumber lokal dan internasional. Sistem ini juga sudah diujikan di instalasi Gizi, RSU Islam Harapan Anda, Tegal. Dan beberapa masukan dari nutritionist sedang dilengkapi untuk kesiapan penerapannya.

Cara Pemakaian Aplikasi Bantu Pasien Diabetes

Sistem yang dibuat adalah aplikasi berbasis mobile, sehingga dalam penerapannya dilakukan melalui web browser dari perangkat yang tersambung dengan internet. Cara penggunaan sistem dilakukan melalui langkah-langkah berikut, yakni

  • pasien membuka aplikasi melalui web browser,
  • melakukan login,
  • memasukkan berat badan dan tinggi badan terakhir untuk dianalisis oleh sistem,
  • lalu sistem menghitung asupan kalori harian dan jumlah kalori per waktu makan berdasarkan berat badan dan tinggi badan pasien,
  • kemudian pasien memberikan perintah kepada sistem untuk menampilkan rekomendasi menu makanan per waktu makan. Rekomendasi ini dengan menggunakan fitur Diary dan sistem menampilkan rekomendasi menu makanan sesuai dengan asupan kalori pasien.

Aplikasi ini dibuat untuk membantu penderita diabetes yang jumlahnya semakin meningkat. Bahkan diabetes mellitus masih berada dalam peringkat sepuluh besar penyakit yang banyak terjadi di Indonesia.

Data International Diabetes Federation (lDF) mencatat bahwa pada tahun 2017, penderita diabetes di Indonesia berjumlah lebih dari 10 juta orang. Dan diprediksi akan terus meningkat dan mencapai angka 16 juta juta orang pada tahun 2045. Angka ini membuat Indonesia masuk dalam salah satu negara dengan jumlah penderita diabetes yang tergolong tinggi.

Sekian informasi seputar Aplikasi Bantu Pasien Diabetes Mengatur Menu Makanan, semoga post ini mencerahkan kalian. Tolong artikel ini diviralkan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

*Latri Wulansuci seorang Mahasiswa Magister Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia (UII)

** Izzati Muhimmah Ph.D Dosen Magister Teknik Informatika yang menjadi pendamping dan pembimbing Latri

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan jutaan rupiah per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Info SB1M Internet Marketing Training SB1M
Belajar Internet Marketing SB1M
Belajar Internet Marketing SB1M bagi Pemula
Sekolah Marketing Online SB1M
Sekolah Marketing Online SB1M untuk Umum
Kursus Internet Bisnis SB1M
Kursus Internet Bisnis SB1M Online Untuk Pemula
Bisnis Investasi Peluang Bisnis
kiat memisahkan urusan bisnis
Kiat Memisahkan Urusan Bisnis dan Keluarga
No Preview
Perbedaan Suku Bunga jadi Alasan Pemilihan Produk Investasi
investasi simpanan mata uang
Investasi Simpanan Mata Uang di Bank
Atlit Hebat Ilmuwan Hebat Ilmuwan Muslim Penemu Hebat Pengusaha Indonesia
atlit basket hebat di dunia
Atlit Basket Hebat di Dunia
Penemu Hebat dari Jerman
Penemu Hebat dari Jerman yang Perlu Kita Tahu
Tokoh Ilmuwan Hebat India
Tokoh Ilmuwan Hebat India Zaman Dahulu
Synergy Worldwide
Synergy Worldwide Solusi Kesehatan dan Bisnis
Education dan Jasa
Education dan Jasa
Buku Bisnis Ednovate
Buku Bisnis Karya Hermas Puspito dan Tim
Produk OSB Group
Produk OSB (Omar Smart Brain) Group
Fakta Fantastik Paling di Dunia Unik dan Menarik
No Preview
Sapi Hewan yang Selalu Mengunyah Makanannya
fakta penguin
Fakta Penguin Empat Bulan Tanpa Makan
Fakta Unik Mata Kucing
Fakta Unik Mata Kucing yang dapat Bersinar
Hobi dan Koleksi Ide Kreatif Pakaian Personal Branding Seputar Rumah Tips Keuangan Tips Lainnya Tips Sehat dan Cantik
Jangan Gugup Saat Nego Gaji
Jangan Gugup Saat Nego Gaji
Miliki Harta Produktif Sebanyak Mungkin
Miliki Harta Produktif Sebanyak Mungkin bila Ingin Bebas Finansial
Fungsi Garam untuk Makanan
Fungsi Garam untuk Makanan selain Sebagai Perasa
Desa Wisata Wisata Alam Wisata Kuliner Wisata Religi Wisata Seni Budaya
Jejak Diplomasi Sarekat Islam
Jejak Diplomasi Sarekat Islam di Semarang
Museum Kesenian Layang-Layang Jakarta
Museum Kesenian Layang-Layang Jakarta yang Artistik
Harta Karun Kuliner Jakarta yang Mulai Terlupaka
Harta Karun Kuliner Jakarta yang Mulai Terlupakan