Ajari Anak Untuk Bijak Saat Berbelanja

Seminar Marketing Online

Ajari anak untuk bijak saat berbelanja – Perlihatkan pada anak cara menilai iklan yang ditayangkan di televisi, radio dan Koran. Apakah suatu produk memang sebagus iklannya, harganya benar murah, atau adakah pilihan produk lain yang lebih murah dan lebih baik? Ingatkan anak agar tidak terjebak iklan yang sangat menarik.

smart detox

Ajari Anak Untuk Bijak Saat Berbelanja

Ingatkan anak soal bahaya meminjam uang yang dikenakan bunga. Jika Anda mengajarkan bunga pada pinjaman kecil, ia akan cepat belajar, betapa mahalnya meminjam uang dari pihak lain dan harus mengembalikannya (termasuk bunganya) dalam waktu yang ditentukan.

Ketika menggunakan kartu kredit di restoran, ambil momen ini untuk mengajarkan pada anak soal cara kerja kartu kredit. Jelaskan juga, bagaimana memerikas biaya, menghitung tip dan menjaga kartu kredit dari penipuan.

Berhati-hatilah bila Anda memberikan kartu kredit pada anak, meskipun ia sudah mahasiswa. Kartu kredit selalu menggoda pemegangnya untuk berbelanja. Penelitian menunjukkan, sebagian besar mahasiswa tidak menggunakan kartu kreditnya untuk keperluan darurat, melainkan untuk hal-hal sekunder. Di akhir semester, ia baru menyadari hutang kartu kreditnya menumpuk sehingga terpaksa harus bekerja agar bisa menutupi pembayaran kartu kreditnya.

Jangan lupa, tetapkan jadwal rapat rutin keluarga untuk membahas masalah keuangan. Bagi anak yang masih kecil, rapat ini mungkin terdengar seperti akan mendapatkan bunga dari uang tabungannya. Topik lain yang perlu dibicarakan adalah soal perbedaan antara uang tunai, cek dan kartu kredit, cara bijak berbelanja serta cara menghindari penggunaan kredit dan perkembangan investasi. Bagi anak remaja, perlu dibicarakan juga soal situs perekonomian negara, cara berhemat dan alternatif berbelanja. Semua informasi ini akan sangat berguna bagi anak, seiring pertambahan tanggung jawanya sebagai manusia dewasa.

Demikian info tentang ajari anak untuk bijak saat berbelanja semoga berbelanja.

smart detox

Sumber: Tribun

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

      situs berikut

      Dpt 450K Saat Anda Kluarkan150K IDR Mulai Beriklan Dgn Google Hari Ini!

      instanticket.com tidak mahal

      Pesan Sekarang & Hemat Hingga 90%.List Lengkap Promo Tiket 2015 !