6 Langkah Mudah Memulai Bisnis Sendiri

Seminar Marketing Online

6 Langkah Mudah Memulai Bisnis Sendiri – Banyak mungkin di antara Anda yang bertanya-tanya tentang bagaimana memulai bisnis. Mungkin selama ini anda berpikir keras serta mencari jawabannya melalui buku-buku, artikel yang tersebar di internet dan mungkin juga seminar, namun Anda masih belum juga memulai bisnis Anda, atau jikapun sudah Anda mulai, nampaknya Anda berpikir, “masihkah ada yang kurang dari bisnis saya?”

6 langkah mudah memulai bisnis sendiri

Langkah mudah dalam Memulai Bisnis Sendiri

Sebenarnya kunci untuk memulai bisnis Anda sendiri adalah dengan memulainya saja. Ya, mulai saja bisnis Anda sekarang juga! Berikut ada beberapa hal sebelum Anda memulai bisnis.

1. Temukan Ide Bisnis

Ide bisnis bisa ditemukan melalui hoby atau minat, mencari solusi atas sebuah permasalahan dan ATM (amati, tiru, modifikasi).

2. Membuat Perencanaan Bisnis

Mereka yang tidak memiliki rencana dalam hidupnya, sesungguhnya telah merencanakan sebuah kegagalan. Jangan pernah sepelekan perencanaan, maka dalam bisnis perlu adanya perencanaan, bukan untuk menunda membuka bisnis, namun untuk mengukur segalanya agar bisnis Anda terarah.

Perencanaan bisnis meliputi :

  • mau bisnis apa Anda,
  • siapa target marketnya,
  • bagaimana pemodalannya,
  • bagaimana pemasarannya,
  • bagaimana cara distribusinya,
  • dengan apa Anda memulainya,
  • dengan siapa.

Secara garis besar ilmu yang penting Anda kuasai dalam bisnis adalah ilmu marketing dan ilmu pengelolaan keuangan.

3. Amati pangsa pasarnya

Pangsa pasar bisa Anda cek melalui google trends. Anda dapat melihat trend apa yang sedang berkembang di Indonesia saat ini dan memanfaatkannya untuk bisnis Anda. Misalnya, search tertinggi di google dalam bidang fashion adalah warna-warna cerah yang mungkin berhubungan dengan karakter drama Korea yang sedang hot. Maka Anda bisa pikirkan untuk menambah varian warna cerah dalam koleksi Anda. Tentu jika Anda menjadi pengusaha di bidang pakaian.

Cara lain Anda dapat mengamati barang apa yang paling laku di Marketplace seperti lazada, tokopedia, bukalapak, shopee. Caranya adalah dengan melihat berapa banyak penjualannya atau yang menambahkan ke dalam daftar favorit. Sesuaikan dengan bisnis Anda. Misalkan yang sedang tren saat ini adalah drone, Anda bisa membuat kaos bertuliskan “komunitas drone indonesia”.

4. Membangun brand

Baik Anda menjadi produsen ataupun menjadi reseller, Anda perlu membangun sebuah brand yang kuat agar produk yang Anda jual bisa laku di pasaran. Membangun brand adalah memasukkan ‘ide’ atau ‘gagasan’ Anda ke dalam pikiran orang lain mengenai produk Anda. Ingin dikenal sebagai siapa diri Anda ataupun produk Anda di sana.

Brand adalah apa yang orang lain lihat terhadap Anda atau merek produk Anda. Apa yang orang lain kenal terhadapnya. Atau image yang melekat pada produk maupun diri Anda. Sehingga untuk menuju ke sana, ada elemen kunci untuk itu, yaitu nama, logo/gambar, dan tagline. Sesuatu yang dengan mudah orang ingat begitu melihatnya.

5. Promosikan Bisnis Anda

Setelah melakukan itu semua, ingatlah untuk mempromosikannya. Tanpa adanya promosi, darimana orang akan tahu produk Anda bisa menyelesaikan masalah mereka? Promosi bisa Anda lakukan baik dengan cara gratisan melalui akun pribadi Anda di media sosial sebagai salah satu cara termurah dan juga termudah untuk berpromosi, gunakan teknik soft selling atau bahkan teknik covert selling sehingga Anda tidak terlalu kelihatan menjual. Atau Anda bisa menggunakan cara berbayar yang paling murah yaitu dengan FB Ads.

6. Semangat dan Mental dalam Bisnis

Semangat itu perlu dalam sebuah bisnis, namun di luar itu mental yang terasah dan teruji juga dibutuhkan agar sebuah bisnis bisa berjalan dengan stabil. Karena Anda sedang marathon bukan sprint. Maka milikilah selalu mental pembelajar yang senantiasa bangkit lagi setiap kali kegagalan menghampiri Anda dan ini adalah sikap yang biasanya paling menghantui pengusaha pemula, yaitu takut gagal.

smart detox

Bukan seberapa banyak Anda gagal, namun seberapa banyak Anda mencoba, kemudian gagal dan bangkit lagi setiap kali Anda gagal tersebutlah yang nantinya akan mengantarkan Anda kepada kesuksesan sejati. Tanpa ribuan kali gagal, mungkin saat ini Anda tidak akan menikmati terangnya dunia dengan cahaya lampu.

smart detox

Demikian info tentang 6 Langkah Mudah Memulai Bisnis Sendiri semoga bermanfaat.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Info SB1M Materi di SB1M Training SB1M
Webinar Komunitas Internet Marketing dan Bisnis Online SB1M
Webinar Komunitas Internet Marketing dan Bisnis Online SB1M
Sekolah Belajar Bisnis Online SB1M di Jakarta Pusat
Sekolah Belajar Bisnis Online SB1M di Jakarta Pusat
jurus personal branding di facebook
Jurus Personal Branding di Facebook
membuka bisnis laris jalur reseller
Membuka Bisnis Laris Jalur Reseller
cara cerdas memulai bisnis menjadi produsen
Cara Cerdas Membuka Bisnis Menjadi Produsen
Berani dan Optimis dalam Berbisnis
Berani dan Optimis dalam Berbisnis
Berani Optimis Jempol Orang Lain
Berani Optimis Jempol Orang Lain
tokoh ilmuwan hebat dari yunani kuno
Tokoh Ilmuwan Hebat dari Yunani Kuno
Momen indah abdurrahman bin auf bersama Rasulullah
Momen indah abdurrahman bin auf bersama Rasulullah
Karakter dan Keutamaan Abdurrahman Bin Auf dalam Islam
Karakter dan Kemuliaan Abdurrahman Bin Auf dalam Islam
sepenggal kisah perjalanan sahabat abdurrahman bin auf
Sepenggal Kisah Perjalanan Sahabat Abdurrahman bin Auf
Buku Oke Theme OSB Tools Sosmed Tools Website Website
Tembus 10 juta per bulan dari facebook
Tembus 10 Juta Per Bulan Dari Facebook Itu Tidak Sulit
Rahasia Membuat Promosi Yang Menjual dan Mudah Dilakukan
Rahasia Membuat Promosi Yang Menjual dan Mudah Dilakukan
kunci reseller jago jualan yang menghasilkan
Kunci Reseller Jago Jualan yang Menghasilkan